in

10 Checklist Wajib Mahasiswa Baru

10 Checklist Wajib Mahasiswa Baru

Sekarang ini kalian yang berstatus calon mahasiswa baru pasti sedang super excited untuk mempersiapkan debut kalian di kampus. Menyandang status sebagai “anak kuliahan” setelah berhasil “menang” di sbmptn mungkin membuatmu senang. Eits… tapi jangan lupa, demi kelancaran minggu-minggu awal kamu di kampus, persiapkan segala sesuatunya terlebih dahulu yaa. Cari tahu sebanyak mungkin tentang dunia perkuliahan sebelum nantinya terjun kesana, karena percayalah, hal itu butuh waktu, lho. Apalagi untuk kalian yang ternyata diterima di kampus yang lokasinya berada di luar kota. Nah… selain harus mencari tahu tentang dunia perkuliahan, at least kalian harus cari tahu juga tentang kampus kalian, atau lokasi sekitar kampus kalian sebelum nantinya kalian mencari kost-an.

Minggu-minggu awal perkuliahan nanti bisa jadi masa yang cukup berat jika kamu belum mengerti kondisi, lokasi dan situasi di kampus kamu. At least, cari tahu gendung jurusanmu dulu yaa. Yap! nggak mau kaan, keliling-keliling kampus cari gedung? atau sok kenal tanya kaka angkatan tapi ternyata kamu disasarin. Drama – drama macam itu bisa saja kamu alami kalau kamu tidak tau hal apa saja yang harus kamu lakukan di minggu-minggu awal perkuliahan.

Untuk menghindari hal tersebut, rasanya kamu perlu membuat checklist kegiatan yang wajib kamu lakukan sebelum mulai masuk perkuliahan atau di minggu-minggu awal perkuliahan. Nggak mau kaan dibilang maba linglung karena tersesat dan tak tahu arah jalan pulang? Berikut checklist wajib kegiatan yang bisa kamu lakukan di minggu awal perkuliahanmu atau bahkan sebelum waktu perkuliahan. Scroll down yaa…

  1. Cari tahu letak kampusmu plus lokasi gedung-gedung perkuliahan yang nantinya akan kamu pakai. Biasanya setiap jurusan punya gedung masing-masing kecuali jika MKU (mata kuliah umum) kamu mungking bisa kuliah di gedung jurusan lain. Jika rumah dan kampusmu berada di satu kota kamu mungkin bisa langsung cari tahu dan cek lokasi, tapi jika kampusmu diluar kota, kamu bisa at least cari tahu lokasi lewat internet dulu sebelum nantinya langsung terjun ke lokasi. Yap! Poin pertama ini penting yaa.
  2. Cari tahu istilah-istilah yang dipakai dalam perkuliahan, macam sks (sistem kredit semester), prodi (program pendidikan), jurusan, makul (mata kuliah), dan masih banyak lagi
  3. Cari tau temen-temen sejurusan sama kamu. Biasanya yang nomor induk mahasiswanya (NIM) depannya sama ya. Kalau udah nemu langsung bikin grup di WhatsApp bisa lebih memudahkan kamu dalam berkomunikasi nantinya. Siapa tau bisa cari kost bareng barangkali (buat yg di luar kota)
  4. Untuk yang kampusnya berada di luar kota, cari tahu kost yang letaknya dekat dengan jurusanmu. Jika belum memungkinkan untuk langsung cek lokasi, kalian bisa gunakan aplikasi pencarian kos online yaa! Supaya kalian ada gambaran berapa kisaran harga sewa kos disana dan kira-kira fasilitas apa saja yang didapatkan, atau bagaimana akses menuju kesana. Sekali lagi, biar ngga ada drama nyasar di kota orang, pemirsa!
  5. Cari tau apa ada teman, tetangga, atau kerabat kamu yang tinggal di sekitar kampus atau yang sedang menyelesaikan studi di kampus yang sama. Lumayan kan, bisa jadi tour guide kamu di awal-awal perkuliahan.
  6. Jangan lupa untuk cari tahu siapa dosen wali kamu. Dosen wali ibarat walikelas di sma dulu, beliau akan jadi pembimbing akademik kamu, lho!
  7. Baca silabus mata kuliah, dan cari tahu kira-kira mata kuliah mana yang wajib kamu ambil di semester pertama. Ini penting, yaa!
  8. Buat list barang yang mungkin akan kamu butuhkan di perkuliahan, jangan lupa catat semua pengeluaran yaa, supaya kamu bisa mengukur berapa kira-kira budget yang akan kamu keluarkan
  9. Mulai kepo-in organisasi kemahasiswaan yang ada di kampus kamu. Biar bisa mulai pilih-pilih mana yang kira-kira worthy  buat diikuti. Tapi hati-hati yaa, biasanya kadang beredar organisasi yang ngga jelas, hindari! Salah-salah kamu di doktrin lagi. Hiiiiy…
  10. Selain organisasi kemahasiswaan, kamu bisa juga mulai kepo-in UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) apa saja yang ada di kampus kamu. Pilih yang sesuai passion kamu yaa. Saran: tidak usah ikut terlalu banyak kegiatan UKM karena nantinya kamu akan banyak kegiatan juga di kampus, dan jangan lupa tugas. Karena esensi kamu disana kan untuk kuliah, kegiatan lain hanya bonus, okay?
ARTIKEL MENARIK LAINNYA  Tips Anti Ribet Nonton di Bioskop Buat Mahasiswa

Nah itu tadi 10 checklist yang bisa kamu coba untuk mempersiapkan debut mu di awal perkuliahan nanti. Biar ngga ada drama, jangan sampai ada yang terlewat yaa! (nwrdhni)

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

What do you think?

2 points
Upvote Downvote

Total votes: 2

Upvotes: 2

Upvotes percentage: 100.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Design CV Ini Mungkin Bisa Menarik HRD Perusahaan Idamanmu

5 Alasan Kenapa Dosen Layak Dijadikan Calon Mantu Idaman

5 Alasan Kenapa Dosen Layak Dijadikan Calon Mantu Idaman