in

10 Kebiasaan Mahasiswa Sukses

Kesuksesan memang relatif,  bergantung dengan berbagai rubrik penilaian masing-masing. Ada yang menganggap sukses adalah berhasil lulus dengan nilai straight A, ada yang menganggap sukses adalah ketika kamu sudah berhasil mencukupi kebutuhan hidupmu tanpa bergantung pada orangtua. Ada juga yang menganggap bahwa sukses adalah menjadi populer di kalangan adek angkatan. Beragam memang, tapi pernah ngga merasa hidupmu selalu kurang dan begini-begini aja? Atau merasa kalau prestasimu di kampus biasa-biasa aja? Mungkin kamu belum melakukan beberapa kebiasaan dibawah ini. Seperti yang dikutip dari Gandhi bahwa keyakinanmu akan membentuk pemikiranmu, pemikiranmu akan membentuk ucapanmu, ucapanmu akan membentuk tindakanmu, tindakanmu akan membentuk kebiasaanmu, berikut 10 kebiasaan mahasiswa sukses yang bisa kamu terapkan, siapa tau kecipratan suksesnya kaan … Check it out!

1. Tidur Lebih Larut dan Bangun lebih Awal 

Kalo kata bang Rhoma, “begadang jangan begadang, kalo tiada artinya~toreroret~” hahaha yaap! Bener juga lho gaes kata bang Rhoma. Kebiasaan yang bisa membawamu ke kesuksesan yang pertama adalah, tidur lebih larut dan bangun lebih awal. Ngga ngantuk? Pasti lah ngantuk di awal-awal, tapi lama-lama pasti terbiasa. Tidur larut disini bukan party-party sampe pagi atau begadang main game atau begadang nonton drakor yaa sobat ngampus, tidur larut disini bisa kamu manfaatkan untuk ngerjain tugas, atau kerja sambilan. Tapi ingeet… tetep usahain bangun pagi yaa! Karena sejatinya kita bisa kok bertahan dengan 5jam sehari tidur.

2. Membaca lebih banyak

Kamu akan mendapat banyak ilmu dari membaca, pernah dengar kata-kata itu? Yap! Memang, kita bisa memperoleh banyak ilmu dari membaca. Tidak hanya membaca buku yaa gaes! Ada banyak media yang bisa kita gunakan untuk mencari bahan bacaan kok. Dengan banyak membaca, kita akan banyak mengetahui, dengan banyak mengetahui kita punya modal yang lebih dari teman-teman yang lain. Bacalah buku-buku pengembangan diri yang nantinya bisa kamu aplikasikan dalam kehidupan. Buku-buku bisnis juga bisa mulai kamu coba baca ya sobat ngampus! Bangun pagi membuatmu punya banyak waktu untuk merencanakan hari sambil menikmati secangkir kopi dan membangun moodmu hari ini. Kamu juga tidak akan melewatkan  sarapan jika kamu bisa bangun lebih pagi. Dengan pagi yang lebih siap, kamu punya modal untuk menjalani serangkaian kegiatan perkuliahan hari itu. Membangun mood di pagi hari itu penting lho gaes!

ARTIKEL MENARIK LAINNYA  Hai Mahasiswa, Ini 6 Tanda Kalau Sikap Kamu Sudah Dewasa

3. Berlatih untuk berkata tidak

Jangan sungkan untuk menolak hal-hal yang menurutmu tidak bermanfaat dan tidak sesuai dengan pendapatmu. Jangan ragu dan merasa tidak enak yaa sobat ngampus. Terkadang rasa tidak enak ini akan membawamu ke situasi yang sebenarnya tidak kamu sukai, tapi mau tidak mau, kamu lakukan, karena kamu terlanjur meng-iya-kan.

4. Tapi meng-iya-kan segala kesempatan yang datang

Mumpung masih muda, manfaatkan waktumu dengan meng-iya-kan berbagai kesempatan yang datang. Mana tahu kan satu dari sekian banyak kesempatan yang kamu iya-kan merupakan jalan menuju suksesmu? Sebagai mahasiswa, jangan habiskan waktumu hanya untuk kuliah-kos-kuliah-kos saja, ada banyak kegiatan dan peluang yang bisa kamu coba untuk menambah wawasan serta pengalamanmu. Karena seperti kata orang bilang, orang pandai, akan kalah dengan orang yang berpengalaman.

5. Jaga hubunganmu dengan Tuhan

Banyak orang yang beranggapan bahwa kesuksesan hadir jika kita mendedikasikan seluruh waktu kita untuk belajar dan bekerja. Eits… jangan salah yaa… semua itu tidak akan ada gunanya jika kita tidak berhubungan baik dengan Tuhan. Karena di semua ajaran agama pasti menganjurkan hal serupa kan? Kita harus menjaga hubungan baik kita dengan Tuhan, jika kita ingin mendapatkan kebaikan sebagai gantinya.

6. Bersedekah

Seperti yang dikutip dari buku The Secret, jika kita memberi uang, sesuai hukum tarik-menarik, semesta akan membuka dan mengalirkan sejumlah uang kepada kita dalam jumlah berlipat-lipat ganda. Jadi jangan pelit ya! Bersedekah disini tidak harus dalam bentuk meminjamkan uang ke teman atau memberi uang ke pengemis ya sobat ngampus, sekedar mentraktir temanmu yang belum mendapat jatah kiriman bulanan juga bisa termasuk sedekah yaa!

ARTIKEL MENARIK LAINNYA  Tips Biar Liburanmu Sedikit Berfaedah

7. Tentukan target harian yang akan kamu capai

Sebenarnya beda mahasiswa sukses dan belum sukses itu hanya berkisar soal waktu.  Semua orang punya modal waktu yang sama yakni waktu 24 jam. Siapa yang paling bisa membagi waktu, maka ia akan menjadi yang pertama yang akan sukses. Mahasiswa sukses biasanya merencanakan semua kegiatan untuk esok di malam hari. Selain agar lebih efektif, dan efisien, mereka  sehingga akan mencapai hasil maksimal setiap harinya. Mereka juga biasanya punya to do list  dan target harian yang akan dicapai. Tidak usah muluk-muluk, buat target harian macam “bangun pagi”, atau “sarapan pagi” sebagai awalan juga bisa kamu coba yaa! Kalau target hari itu terpenuhi, jangan lupa untuk membuat satu target ringan lainnya untuk keesokan hari. Percaya deeh, kamu akan menjadi lebih disiplin setelahnya.

8. Prioritaskan kesehatanmu

Satu hal penting yang mahasiswa sering abaikan di masa muda. Yaap menjaga kesehatan. Padatnya aktifitas kampus seringkali dijadikan alasan untuk skip makan. Atau pemikiran seperti “yang penting kenyang” tanpa memperhatikan keseimbangan makanan juga berbahaya lho buat kesehatanmu. Para orang sukses memahami hal ini, mereka bisa memprioritaskan kesehatan dengan memiliki pola hidup sehat seperti makan makanan yang bergizi, cukup istirahat, dan rutin berolah raga. Karena apa jadinya semua target dan cita-citamu kalau kamu tidak punya kemampuan untuk mencapainya karena terkendala masalah kesehatan? Jadi ingat yaa, kesehatanmu itu penting!

9.  Tidak terusik dengan apa yang orang lain lakukan terhadapmu

Mungkin banyak yang bilang bahwa kamu tidak peduli dengan apa tanggapan orang terhadapmu, tapi secara tidak langsung, kamu tetap akan mendapat pengaruh dari hal tersebut. Jauhkan dirimu dari segala bentuk negativitas macam omongan tetangga, saudara atau bahkan teman-teman di kampus yang menurutmu negatif. Dengan mengabaikan dan menjauhi segala bentuk negativitas, membuatmu jadi lebih mudah untuk berkembang tanpa ada batasan. Jadi, stay positive yaa…

ARTIKEL MENARIK LAINNYA  Tips Mengatasi Homesick

10. Berikan dirimu penghargaan atas pencapaian yang telah kamu lalui

Daan… yang terakhir adalah dengan tidak membiarkan tubuhmu terus ditempa kegiatan yang menguras tenaga dan pikiran. Boleh lah sekali dua kali pergi ke tempat-tempat favorit atau sekedar nongkrong di kafe untuk bersosialisasi, atau pergi liburan ke tempat wisata alam yang bisa merefresh pikiranmu lagi. Selalu berikan penghargaan atas apa yang sudah kamu lalui. Kalau kamu sering memberi hadiah ke orang-orang tersayang, kamu bisa dong beri hadiah untuk dirimu sendiri?

Nah sobat ngampus, itu tadi beberapa kebiasaan-kebiasaan yang dilakukan mahasiswa sukses yang mungkin bisa kamu coba aplikasikan. Selain itu, kesuksesan sebenarnya bukan seberapa mampu, tapi seberapa mau kita untuk mengambil kesempatan. Semangat!

(nwrdhni)

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Comments

comments

Bisnis Sampingan yang Cocok Buat Mahasiswa

Artis-Artis Berprestasi di Kampus

Artis – Artis Berprestasi Di Dunia Pendidikan