in

12 Tips Hemat a la Anak Kost

1. Buat daftar pengeluaran untuk sebulan

Hal penting yang harus kalian lakukan di awal bulan adalah… list barang apa aja yang kalian butuhkan untuk sebulan kedepan plus perkiraan harga, supaya kalian bisa mengukur berapa kira-kira pengeluaran bulan ini. Jangan lupa bikin skala prioritas yaa, buat list dari yang terpenting sampai kebutuhan tersier macam piknik. Oh iya jangan lupa, beli barang yang paling kalian butuhkan saja, hemat beb…

2Masak nasi sendiri.

Masak-masak sendiri, makan-makan sendiri, hidup pun sendiri~ Yap! Jurus kedua biar akhir bulan mu ngga merana adalah, masak nasi sendiri. Dengan masak nasi sendiri, kalian sudah berhemat Rp.3000 sekali makan. Jika sehari kalian makan 3 kali, hitung saja 3 kali 3000 rupiah, itu yang sudah kalian “tabung” untuk membeli kebutuhan lainnya. Selain berhemat, kamu juga bisa menentukan sesuai dengan porsi makanmu yaa!

3. Cari tempat makan ekonomis

Jika kamu belum punya magic com atau alat penanak nasi, kamu bisa cari tempat makan dengan harga mahasiswa ya. Cobalah untuk mencari rumah makan murah di sekitar kostanmu. Kamu juga bisa tanya ke seniormu tempat-tempat makan harga ekonomis di sekitar kampus. Intinya, pilih tempat makan yang murah dan emang untuk mahasiswa. Inget-inget akhir bulan ya, jangan sampai kamu harus makan mi instan di akhir bulan.

4. Kurangi beli air mineral kemasan, bawa tumbler biar lebih hemat

Minum merupakan kebutuhan dasar yang memang harus terpenuhi setiap harinya. Pada umumnya manusia akan minum sekitar 2-3 botol per harinya. Jika setiap hari kita harus  membeli satu botol air mineral 600ml seharga 3000 rupiah, kalikan saja berapa pengeluaran untuk minum seharinya, 3000 x 3 = 9000, kalikan sebulan 9000 x 30 = 180.000. Wah… sayang ya! Kamu bisa menghemat pengeluaran untuk minum dengan membawa minum sendiri dari rumah/kost.

ARTIKEL MENARIK LAINNYA  Tips PDKT a la Kakak Angkatan ini Ampuh, lho! Berani Coba?

5. Puasa

Selain berhemat, menambah pahala juga kan. Banyak keuntungan yang kita dapat saat puasa, selain dapat menahan lapar dan dahaga, kita juga bisa menghemat uang, menurunkan berat badan dan menahan diri dari beli-beli yang nggak penting.

6. The Power of Duit Receh

Uang receh emang kadang disepelein dan ditaruh di sembarang tempat, pokoknya ngga berharga lah, apalagi di awal bulan. Tapi, begitu kamu sadar kalau uang kamu menipis, baru deh kamu cari-cari uang receh untuk menyambung hidup. Lah…daripada kamu susah di akhir bulan, kumpulkan uang receh kembalian yang biasa kamu dapatkan, taruh di celengan atau, di botol, atau dimana saja yang gampang terlihat. Jadi begitu kamu dapet uang receh, bisa otomatis langsung masuk kesitu, dan begitu kamu butuh uang karena uang bulananmu menipis, uang recehmu sudah terkumpul. Lumayan kan… Mulai sekarang, simpan uang recehmu ya gaes!

7. Beli Paketan Internet? Cari Wifi Gratisan Aja

Kebutuhan untuk ber-internet bisa dibilang termasuk salah satu kebutuhan pokok mahasiswa. Setiap bulan-nya pasti ada budget khusus untuk membeli paketan internet. Dalam rangka berhemat, sah-sah aja nih jika kamu cari wifi gratis. Lebih bagus lagi jika kosanmu sudah menyediakan wifi gratis. Kalau di kampus dan di kost sudah tersedia wifi, buat apa beli paketan internet? Jika terpaksa kosanmu belum memiliki fasilitas wifi, kamu bisa nih cari wifi gratisan di kampus, atau di kosan temen yang ada fasilitas wifinya. Lumayan kaan, sambil nugas sambil rumpi cantik.

8. Sediakan oatmeal agar kamu lebih cepat kenyang.

Di awal bulan, sebelum uangmu habis terpakai, bisa nih beli makanan yang bisa membuatmu kenyang lebih lama, seperti oatmeal misalnya. Selain lebih sehat daripada kamu makan mie instant, oatmeal juga bisa sebagai menu pengganti nasi. Yap! Sama kenyangnya dan lebih tahan lama lho. Selain sehat dan mengenyangkan, oatmeal juga rendah lemak lho! Cocok nih buat kamu yang pengen diet.

ARTIKEL MENARIK LAINNYA  MABA WAJIB BACA: Kost atau Asrama?

9Mau tetep ngemil? Biskuit gandum aja

Walaupun sudah makan, terkadang mulut kita masih belum “puas” dan rasanya masih pengen ngunyah. Naaah… buat kamu yang pengen berhemat, daripada jajan sembarangan di luar yang ujungnya menghabiskan uangmu tanpa sadar, belilah biskuit gandum yang mengenyangkan. Selain enak karena rasanya beragam, mengenyangkan, harganya juga terjangkau lho!

10Sediakan lauk darurat

Telur bisa jadi andalan disaat lapar tengah malam yaa. Karena kandungan proteinnya, telur bisa membuat kita kenyang lebih lama lho. Mie instant juga bisa sih, kamu gunakan sebagai makanan darurat, tapi ingat, kandungan mie instant kurang baik buat kesehatan, dan lama dicerna oleh tubuh. Jadi, jangan banyak-banyak mengkonsumsi mie instant yaa!

11. Buah Pisang

Buat kamu yang mungkin kurang suka telur, kamu bisa coba buah yang satu ini. Yap! Pisang. Pisang sangat baik untuk tubuh karena selain rasanya yang enak, pisang juga mengandung kalium yang berguna untuk tubuhmu. Jadi bisa jadi makanan pengganti nasi yaa.

12. Nebengers

Tips untuk berhemat lainnya adalah dengan cara nebeng. Yap ne-beng. Ngga usah gengsi untuk nebeng temen kalo kalian emang pengen berhemat. Biar adil, kamu bisa ganti-gantian beliin bensin, atau lebih bagus lagi kalau kosanmu dekat dengan kampus dan ditempuh dengan jalan kaki. Udah hemat, sehat euy!

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

What do you think?

2 points
Upvote Downvote

Total votes: 2

Upvotes: 2

Upvotes percentage: 100.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Comments

comments

Tak Perlu Menunggu Lulus, ini Pekerjaan yang Bisa Kamu Coba

Tempat Nongkrong UI

9 Tempat Nongkrong Asik Anak UI