in

4 Cara Agar Kamu Betah Saat Baca Buku dan Tidak Gampang Ngantuk

Membaca buku bukan lagi keperluan, tetapi kebutuhan. Apalagi buat mahasiswa sepertimu. Butuh banyak wawasan, gagasan, teori yang mendalam. Semua itu bisa kamu dapatkan lewat membaca buku. Walaupun memang, banyak materi berbentuk video, tetapi buku tetap nomor satu.

Segala publikasi, jurnal, karya tulis, semua ditujukan agar kita mau membacanya, bukan sekadar menonton. Membaca buku memang membosankan, buat sebagian orang. Tetapi kalau lebih dipahami lagi, membaca buku justru menjadi ciri khas orang sukses sejak dulu.

Bahkan kalau diingat-ingat kembali, Bapak Proklamator Kemerdekaan Indonesia, Ir. Soekarno, ialah sosok yang gemar membaca buku. Lebih dari itu, beliau juga menerbitkan beberapa karya berbentuk buku. Tokoh kepahlawanan lain pun demikian, senang membaca buku.

Begitu pula dengan hampir seluruh pengusaha sukses di luar sana, senang membaca buku dan memiliki koleksi perpustakaan pribadi. Lalu, bagaimana denganmu? Tenang saja, kalau sekarang masih belum terbiasa. Berikut adalah sederet cara supaya kamu betah baca buku.

1. Mulai dengan buku yang topiknya bikin kamu penasaran

Bukan rahasia lagi kalau memang pada awalnya, kamu harus memulai dengan hal yang kamu suka. Ini akan mempermudah jalan kamu untuk membiasakan diri dengan hal yang baru. Terbiasa membaca buku tentu butuh waktu yang tidak sebentar.

Tetapi hal ini bisa diakali dengan membaca buku yang topiknya bikin kamu penasaran. Selayaknya menonton film, membaca buku yang membuat kita menduga-duga bagaimana kelanjutannya, sangatlah mengasyikkan. Nagih dan ingin membaca lagi.

2. Matikan HP supaya kamu fokus

Fokuslah ketika membaca buku. Kenapa? Seringkali yang dilakukan orang ialah membaca dengan banyak distraksi. HP ialah distraksi paling besar untuk kita sebagai generasi milenial. Segala hiburan dan aktivitas sosial lewat ponsel selalu bikin nagih dan membuat kita terlena.

ARTIKEL MENARIK LAINNYA  Kenapa IPK Turun? Berikut Alasannya, dan Kiat-Kiat Meningkatkan IPK

Kadang ketika mengerjakan sesuatu, sering tergoda untuk membuka layar ponsel. Padahal sama sekali tidak ada notifikasi. Apalagi kalau ada notifikasi, keinginan untuk membuka ponsel semakin menjadi-jadi. Karena itulah, cobalah untuk mematikan HP selama kamu membaca buku.

3. Manfaatkan waktu luang yang ada

Sebagai mahasiswa, bukan masuk kelas kuliah saja yang dilakukan tiap harinya. Mengerjakan tugas, bertemu dengan teman, menghadiri seminar, rapat koordinasi dalam organisasi atau kepanitiaan, dan hal lainnya; juga menjadi prioritas yang tidak bisa ditinggalkan.

Sebab itu, mahasiswa butuh manajemen waktu agar seluruh aktivitas dan tugas bisa diselesaikan dengan baik. Begitu pula dengan membaca buku. Kamu sebaiknya memberi jadwal tertentu agar bisa meluangkan waktu. Misalkan ada waktu khusus membaca buku sebanyak 5 halaman sebelum tidur.

4. Mulai baca saja

Ini yang paling sulit. Saat kita sudah membayangkan betapa membosankannya membaca, tentu otak kita akan ogah-ogahan untuk memulainya. Sama halnya ketika ingin memulai aktivitas lainnya. Kita merasa berat di awal, merasa kalau jika dilakukan maka akan sulit dan tidak sesuai harapan.

Triknya mudah saja. Yakni mulai baca saja dulu, tidak perlu kebanyakan nanya. Justru dengan memulainya, kamu akan merasa beban itu semakin berkurang. Beban untuk menjalankan sesuatu justru akan berganti dengan tidak mau menghentikan aktivitas tersebut.

Membaca buku pun begitu. Baca saja dulu. Nanti kamu akan merasa nyaman dengan sendirinya, setelah berjalan 5-10 menit pertama. Apalagi kalau topik bacaan yang kamu simak adalah topik yang membuat kamu penasaran.

Itulah sederet tips mudah agar kamu betah membaca buku. Gampang dan tidak ribet. Kamu coba saja dulu, nanti juga akan melihat hasilnya. Selamat membaca!

ARTIKEL MENARIK LAINNYA  Tips Memilih Kost-an

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Comments

comments

Teruntuk Anak Rantau Baru: Estimasi Biaya Hidup di Jakarta

Teruntuk Anak Rantau Baru: Estimasi Biaya Hidup di Semarang