in

5 Jurusan ini Sepi Peminat tapi Prospek Karir Menjanjikan

Pengumuman kelulusan sudah di terlewati, pertanyaan selanjutnya pasti seputar mau kuliah dimana? jurusan apa? Daaaan… sebagian besar pasti akan menjawab ingin masuk jurusan favorit macam kedokteran, ekonomi, hubungan internasional, komunikasi, atau teknik. Padahal, jurusan-jurusan dibawah ini juga menjanjikan karir yang bagus, lho!  Meskipun masih jarang diketahui dan jarang diminati, beberapa jurusan dibawah ini justru digaji tinggi. Penasaran? Scroll down yaa

1. Kehutanan

http://kehutanan.umm.ac.id/files/image/IMG_0737.JPG

Saat membaca kata kehutanan pasti bayangan hidup di hutan atau jadi penjaga hutan sempat terlintas di pikiran kalian, kan? Eiits… jangan salah. Presiden Joko Widodo juga merupakan lulusan Fakultas Kehutanan UGM, lho! Di jurusan ini kamu akan belajar tentang cara pengelolaan hutan, sumber daya alam yang ada dan segala hal yang ada di hutan. Lulusan jurusan kehutanan bukan berarti setelah lulus jadi penjaga hutan yaa!

2. Astronomi

http://lifestyle.liputan6.com/read/2280035/borobudur-jadi-lokasi-olimpiade-astronomi-internasional

Jurusan yang jarang terdengar karena memang baru ada di satu kampus di Indonesia ini juga menjanjikan karir yang cemerlang. Yup! Untuk Indonesia, jurusan ini baru tersedia di kampus ITB, dan merupakan satu satunya jurusan astronomi di Asia Tenggara, wow! Keren yaa. Banyak yang tidak tertarik mengambil jurusan ini akibat anggapan astronomi itu sulit karena di dalamnya mencakup fisika, matematika dan ilmu astronomi. Dengan mengambil jurusan ini kamu akan banyak belajar mengenai hal-hal yang berhubungan dengan luar angkasa seperti bintang, planet, komet, atau galaksi.  Jenjang karir setelah lulus dari jurusan ini juga keren lho! Bayangkan, nantinya kamu bisa bekerja di lembaga-lembaga yang menjanjikan seperti observatorium, LAPAN, BMKG, bahkan NASA! Ada yang dulu bercita-cita menjadi astronot? Lulusan ini bisa lho jadi astronot! Dengan gaji yang fantastis juga tentunya

ARTIKEL MENARIK LAINNYA  Bingung Membagi Waktu Antara Kuliah dan Organisasi? Ini Tipsnya

3. Ilmu PerpustakaanBanyak yang menyepelekan jurusan ini karena mendengar kata perpustakaan pasti yang telintas dipikiran adalah menjadi penjaga perpustakaan. Padahal? Noo… Di jurusan ini kamu tidak hanya belajar tentang cara pengorganisasian sumber informasi seperti buku, tetapi juga tentang cara pengumpulan, pengawetan, dan juga penyebarluasan sumber informasi di perpustakaan. Banyak yang tidak tertarik dengan jurusan ini karena beranggapan bahwa mereka hanya akan mempelajari tentang buku dan berakhir menjadi pustakawan padahal jenjang karir setelah lulus dari jurusan ini cukup luas, mulai dari pustakawan, sekretaris, programmer, sampai document controller!. Jika kamu tertarik mengambil jurusan ini, UI, UGM, UNS, UNDIP dan UNAIR membuka jurusan ilmu perpustakaan.

4. Teknologi pangan  Di jurusan kuliah ini kita bisa mempelajari banyak hal tentang pemanfaatan hasil panen dan pangan. Tidak hanya tentang pemrosesan, tetapi kamu juga akan belajar tentang proses sortasi, pengawetan, pengemasan, penyimpanan serta distribusi makanan dengan menjaga dan memastikan hasil akhir aman untuk dikonsumsi dan tetap bergizi. Cocok nih buat yang punya passion di bidang kuliner. Jenjang karir untuk lulusan dari jurusan ini juga beragam lho, kamu bisa mendaftar menjadi Quality Control/pengendali mutu, konsultan pangan dan gizi, bisa juga di lembaga-lembaga pemerintah seperti Departemen pertaninan, Balitbang, BPOM, LIPI, dan lembaga lainnya. Tertarik untuk masuk jurusan ini? Beberapa universitas di dalam negeri sudah membuka jurusan teknologi pangan, diantaranya; IPB, UGM, Universitas Bina Nusantara, Universitas Pasundan, dan masih banyak lagi. 

5. Oseanografi

 

Sejalan dengan fakta bahwa negara kita merupakan negara maritim yang dikelilingi samudera, jurusan ini menjadi jurusan primadona sekarang ini. Meskipun tergolong jurusan baru, jurusan oseanografi juga menjanjikan jenjang karir yang cemerlang, lho! Jurusan ini mempelajari tentang banyak hal yang berhubungan dengan fenomena laut seperti gelombang, sektor perikanan, bencana, bahkan mitigasi bencana. Seru banget kan? Jenjang karirnya pun menjanjikan karena Indonesia saat ini sedang berusaha untuk menguatkan sektor maritimnya. Selain ahli kelautan, dunia riset juga dapat di coba oleh lulusan jurusan ini seperti di LIPI, BNPB, BMKG, Oceanographic Surveyor, dan Metocean Engineer. 

ARTIKEL MENARIK LAINNYA  Hey Fresh Graduate, Tolak Tawaran Kerja Seperti Ini

Jurusan yang terkenal atau favorit juga belum tentu menjamin jenjang karir kamu, lho! karena pasti saingannya juga banyak. Kalau jurusan-jurusan diatas ini, karena masih jarang diketahui, jenjang karir juga lebih menjanjikan. Nah… gimana, masih galau pilih jurusan?(nwrdhni)

 

What do you think?

1 point
Upvote Downvote

Total votes: 1

Upvotes: 1

Upvotes percentage: 100.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Comments

comments

Tips Lancar Bimbingan Skripsi

Tips Lancar Bimbingan Skripsi

Lulus Tepat Waktu atau Lulus di Waktu yang Tepat?