in

5 Keuntungan Gap Year Alias Jeda Setahun Sebelum Kuliah

Mengambil jeda waktu untuk “istirahat” sebelum lanjut kuliah, bukanlah hal yang sia-sia. Jeda waktu ini bisa diisi dengan beragam aktivitas seru dan bermanfaat. Orang-orang akademisi biasa menyebutnya dengan istilah “gap year”. Secara umum, gap year memang dirasa perlu untuk menambah pengalaman sebelum benar-benar terjun ke perguruan tinggi.

Hal ini juga bakal menjadi ajang pembenahan diri bagi calon mahasiswa baru. Pembenahan sebelum benar-benar mengambil tanggung jawab baru sebagai seorang mahasiswa. Mengingat beban ketika kita mengambil keputusan untuk kuliah tentu tidaklah ringan. Biaya yang dikeluarkan tentu harus sepadan dengan tanggung jawab dan kesiapan.

Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk mengambil jeda waktu alias “gap year” sebelum kuliah. Beberapa keuntungan ini akan kamu dapatkan.

#1 Belajar mengenal karakter diri sendiri

Banyak lho dari kita yang bahkan tidak tahu soal apa yang jadi potensi terbesar dalam hidup kita. Buktinya, tercatat dalam sebuah riset dari Youthmanual, masih ada 90% mahasiswa yang merasa salah jurusan. Wah, tentu ini bisa menjadi kerugian buat mahasiswa.

Bagaimana tidak, menjalani hari-hari kuliah yang harusnya menyenangkan dan seru, justru menjadi membosankan dan tidak ditunggu-tunggu. Tentu proses belajar akan terhambat dan tidak maksimal. Hal ini bisa berimbas pada kemampuan teori dan praktek ketika kuliah yang tidak maksimal pula.

#2 Menambah pengalaman tentang dunia

Gap year akan membantu seseorang menerima ide-ide baru lewat menyimak kebudayaan dari daerah lain. Hal ini sangat penting untuk melatih jiwa kritis yang selama ini mungkin masih enggan diutarakan. Memahami kebudayaan baru juga akan menambah sudut pandang lho.

ARTIKEL MENARIK LAINNYA  Tips Mengembalikan Semangat Kuliah Setelah Liburan

Dengan begitu, kita akan terlatih untuk memahami apa yang menjadi kebiasaan orang lain. Belum tentu apa yang kamu anggap benar itu juga dianggap benar oleh orang lain, bukan? Nah dengan memahami ini, kamu akan jadi lebih terbuka dan perspektif kamu jadi lebih luas.

#3 Melatih hidup mandiri tanpa bergantung orang lain

Sebagaimana orang-orang pahami, menjadi dewasa tentu bukan sesuatu yang mudah. Hidup mandiri tanpa bantuan orangtua dari segi finansial, menjadi langkah pertama untuk bisa dikatakan dewasa. Gap year membantu kita untuk melatih hidup mandiri dan tidak bergantung pada orang lain.

Selama gap year, kita bisa mengisinya dengan hal-hal yang bermanfaat. Misalkan berbisnis atau magang di perusahaan. Dengan begitu, kita akan dapat penghasilan tambahan dan tentu tidak akan merepotkan orangtua. Ini juga dapat menambah pengalaman kerja, bukan?

#4 Memahami jurusan dan kampus yang ingin dituju

Selama jeda waktu sebelum kuliah, tentu banyak hal yang kita jalani. Mulai dari traveling, mengenal budaya baru, teman baru, mencoba berbisnis atau melamar pekerjaan. Hal-hal seru tadi akan mengajarkan kita tentang bagaimana mengenali diri sendiri.

Apabila sudah kenal betul pada karakter dan pembawaan, termasuk kepribadian kita, maka akan mudah sekali untuk menentukan apa minat dan potensi terbesar kita. Dengan begitu, kita tidak akan kesulitan menentukan jurusan dan kampus yang cocok.

#5 Belajar menyiapkan tes SBMPTN

Waktu satu tahun ialah waktu yang paling ideal untuk belajar dari nol dalam mempersiapkan tes SBMPTN. Mengingat tes ini bukan sembarang tes. Ada ratusan ribu pesaing dan tipe soal yang sangat membutuhkan pemahaman calon mahasiswa di bidang ilmu dasar.

Belajar hingga ke akar-akarnya tentu akan menjadi strategi paling memungkinkan daripada harus menghafal cara cepat. Sebab, tes SBMPTN juga bukan hanya digunakan untuk menyeleksi. Tetapi juga untuk membenahi logika dan daya berpikir kritis calon mahasiswa.

Itulah tadi beberapa hal yang dianggap menguntungkan apabila seorang calon mahasiswa terlebih dahulu mengambil gap year sebelum kuliah. Semoga bisa menambah wawasan dan opini pembaca.

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Mau Begadang Nonton Piala Dunia tapi Takut Kuliah Keteteran?

Seminar Nasional Kewirausahaan “From Habit to Profit”