in

5 Tips Agar Tetap Semangat Belajar Meski Dikejar Tugas Kuliah

Memiliki motivasi yang terus ada dan berapi-api, memang bukan perkara gampang. Butuh latihan yang intens dan benar, agar diri kita mampu mengendalikan emosi sesaat untuk fokus ke hal-hal yang memang efektif dilakukan. Termasuk menjaga semangat belajar ketika kuliah.

Belajar memang menjadi tugas utama seorang mahasiswa. Namun alih-alih belajar, mereka kebanyakan menyibukkan diri dengan bermain dan bersosialisasi secara berlebihan, ingat, berlebihan. Karena bagaimanapun juga, main keluar dan bersosialisasi sangat dibutuhkan, asal dalam batas yang wajar.

Lalu, bagaimana tips agar kita tetap seimbang menjaga semangat bermain keluar kost dan belajar / mengerjakan tugas kuliah?

1. Istirahat sejenak setelah pulang kuliah

Santai saja dulu, istirahatkan pikiran dan badan dulu. Karena nantinya, belajar maupun mengerjakan tugas kuliah, butuh tenaga dan pikiran yang ekstra dan fokus yang tinggi. Istirahat tentu sangat dibutuhkan untuk mengembalikan energi. Tunda dulu memikirkan mana yang akan dikerjakan. Istirahat dulu saja.

Barulah, setelah badan dan pikiran sudah tidak secapek ketika pulang kuliah, kamu bisa menyiapkan segala sesuatunya. Misalkan mengecek kembali to-do-list yang kamu buat tadi pagi. Apakah semua sudah terlaksana, atau masih ada yang belum dijamah juga. Pastikan semua terkondisi dengan baik dan tertata.

2. Tuntaskan semua pekerjaan kost

Ketika kamu memutuskan untuk tinggal di indekos sewaktu kuliah, maka konsekuensinya ialah kamu juga harus mengerjakan pekerjaan rumah yang tidak kalah pentingnya. Misalkan merapikan tempat tidur dan meja belajar, menyapu lantai, mencuci piring kalau ada, hingga membereskan baju yang akan dipakai.

Tuntaskan dulu semua pekerjaan kost itu, sebelum kamu memulai belajar atau mengerjakan tugas kuliah. Supaya nantinya kamu tetap bisa fokus dan tidak terganggu dengan pikiran-pikiran kalau masih ada pekerjaan kost yang memberatkan. Plus, suasana hati jadi lebih lega ketika pekerjaan rumah terlaksana.

ARTIKEL MENARIK LAINNYA  Tips Mengatasi Homesick

3. Punyai kebiasaan “mulai saja dulu”

Kebiasaan untuk memulai sesuatu yang dirasa-rasa berat dan butuh waktu, tentu bukan kebiasaan yang bisa dilakukan oleh sembarang orang. Butuh tenaga dan dorongan kuat untuk memiliki kebiasaan tersebut. Hal ini berkebalikan dengan kebiasaan menunda yang juga harus dihilangkan. Sama-sama sulitnya.

Namun kamu butuh usaha untuk membuat semuanya menjadi lebih baik. Demi impian dan tujuan yang telah menunggu kamu di ujung sana, bukan? Memiliki kebiasaan untuk “mulai saja dulu” tentu akan bermanfaat sekali untuk menghindari kebiasaan menunda-nunda pekerjaan.

4. Rapikan meja belajarmu

Meja belajar ibarat tempat kerja bagi profesional yang bekerja di perusahaan. Meja belajar yang tertata rapi, banyak quotes menginspirasi, terpapar impian yang dulu pernah kamu tulis pas awal masuk kuliah, bingkai foto orangtua yang menantikan kesuksesanmu di rumah; tentu akan membuatmu semangat lagi.

Karenanya, sebisa mungkin agar kamu membuat meja belajarmu tertata rapi. Pikiran juga akan tenang dan kalem jika meja belajar tidak berantakan. Semuanya akan berjalan lancar jika kamu telah menyiapkannya dari awal. Ibarat fasilitas yang harus dimaksimalkan, meja belajar pun butuh perhatian darimu.

5. Beri hadiah ketika seluruh tugas telah selesai

Pemberian hadiah ketika kita berhasil meraih tujuan ialah hal yang normal dan dianjurkan. Sebab, kita akan memiliki motivasi yang stagnan alias tetap dari awal sampai garis finish nanti. Namun akan lebih baik lagi jika kita memiliki motivasi dari dalam diri. Untuk mengawalinya, memberikan hadiah pada diri ialah sah-sah saja.

Ketika kamu berhasil menguasai sebuah materi baru dari dosen, atau berhasil menyelesaikan tugas sebelum waktunya; kamu berhak memberi diri kamu hadiah. Misalkan, membeli makanan kesukaan yang mahal. Atau, main-main bersama teman di PS-an. Semua ini akan memberimu motivasi yang tiada henti.

ARTIKEL MENARIK LAINNYA  Tips Mengatur Budget Skincare untuk Mahasiswa

Bukan tidak mungkin apabila kamu memiliki kebiasan di atas, proses belajar akan jadi maksimal dan berjalan cepat. Kamu jadi lebih banyak tau dan lebih siap untuk menghadapi fase hidup yang baru. Semoga berhasil!

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Comments

comments

Buat Cowok Senior, Ini 5 Tips Agar Adik Tingkat Naksir Sama Kamu

5 Alasan Kenapa Susah Sekali Untuk Menyelesaikan Apa yang Sudah