in

6 BUKU ‘SAKTI’ YANG KONDANG SEBELUM GOOGLE ‘MENYERANG’

Buat kalian generasi Y alias anak 90an pasti familiar sekali dengan buku-buku pendamping buku paket dan Lembar Kerja Siswa (LKS) di sekolah. Buku ‘sakti’ ini sangat membantu untuk menambah ilmu karena banyak memuat informasi yang tidak bisa ditemukan di buku paket mata pelajaran sekolah. Buku-buku ini sangat legendaris dan laris manis terbukti dari toko kecil hingga toko besar tak luput menjual buku ‘sakti’ ini. Dulu rasanya seperti kurang update apabila tak memiliki salah satu dari buku ‘sakti’ ini. Namun, saat ini berbeda ceritanya. Buku ‘sakti’ ini mulai tak lagi kondang setelah Google ‘menyerang’. Karena kecanggihan teknologi dan akses internet, saat ini anak sekolah lebih memilih mencari berbagai informasi melalui telepon genggam atau laptop. Sumber informasi termudah yang bisa dijangkau melalui gadget adalah mesin pencari Google. Kira-kira kalian masih ingat tidak ya apa saja buku ‘sakti’ yang sempat kondang ini?

1. RPUL (Rangkuman Pengetahuan Umum Lengkap)

https://ecs7.tokopedia.net/img/cache/300/product-1/2017/1/9/1044503/1044503_8f1f4d4f-6559-4113-83c8-9e1393b7fd76.jpg

RPUL adalah singkatan dari Rangkuman Pengetahuan Umum Lengkap. Bisa dipastikan kalau isinya super lengkap, mulai dari berbagai data dan fakta Indonesia dan juga dunia. Penyajiannya juga ringkas dan materi yang ada dalam buku ini bahkan mencakup pelajaran hingga kelas 6 SD. Tak heran apabila buku yang menjadi sumber dari segala informasi. Mengapa tidak, dalam buku yang lumayan tebal ini, berisi tentang kumpulan pengetahuan umum tentang alam hingga sosial. Jadi jika ingin tahu tentang budaya, suku, letak geografis, kenampakan alam, lagu kebangsaan, mata uang, langsung saja dicari di buku legendaris ini.

2. RPAL (Rangkuman Pengetahuan Alam Lengkap)

https://cdn.gramedia.com/uploads/items/9786023942084_buku_pintar_rpal_utk_sd__w200_hauto.jpg

Kalau ingat RPUL, pasti kalian juga ingat RPAL. RPAL ini adalah singkatan dari Rangkuman Pengetahuan Alam Lengkap. Lewat buku ini, mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) bisa dikuasai dengan mudah. Disajikan dalam bentuk yang ringkas dan mudah dipahami membuat anak sekolah tertarik memilikinya. Ditambah lagi ada ilustrasi keren yang bisa memperjelas materi mata pelajaran IPA.

ARTIKEL MENARIK LAINNYA  Alasan Tahun Ajaran Baru Sekolah Dimulai Bulan Juli

3. Atlas

Tersedia dengan berbagai macam ukuran mulai dari sebesar buku tulis hingga ukuran yang lebih besar dari tas sekolah kala itu. Tapi berkat buku ini, anak sekolah bisa menjelajahi Indonesia bahkan dunia melalui peta. Tidak sampai disitu saja, Atlas juga menyediakan banyak informasi berupa beberapa gunung yang ada di dunia beserta tingginya, kedalaman laut, kota-kota besar, ibukota setiap provinsi dan negara, rumah adat, pakaian adat, tarian khas daerah, serta bendera-bendera setiap negara. Yang paling diingat adalah keseruan saat bermain tebak-tebakan bendera dan nama negaranya dengan teman-teman sekelas.

4. Kamus Bahasa Inggris

https://ecs7.tokopedia.net/img/cache/300/product-1/2016/9/30/12258368/12258368_b0596243-7983-49fb-9ac4-8c592c1f78d4.jpg

Dulu apabila ingin belajar Bahasa Inggris, biasanya harus membawa kamus ke sekolah. Apabila ingin mencari arti kata-kata tertentu yang tidak ada di buku pelajaran, maka digunakanlah kamus Bahasa Inggris. Beruntung sekali anak sekolah zaman now karena mereka bisa menerjemahkan kata dengan bantuan Google Translate. Jadi tidak perlu berat-berat membawa kamus ke sekolah lagi ya.

5. Sari Kata Bahasa Indonesia

http://2.bp.blogspot.com/-PzKZCTqdPAY/UvBFlK8-iWI/AAAAAAAAAOc/XVw5c4P5lP4/s300/41+%2528FILEminimizer%2529.jpg

Dulu waktu pelajaran Bahasa Indonesia, tak lupa untuk membawa satu buku ‘sakti’ ini. Kalau anak sekolah era milenial saat ini banyak mengutip quote dari para penulis novel terkenal seperti Tere Liye. Berbeda dengan anak sekolah era 90-an yang mencari peribahasa atau pantun dari buku legendaris yang satu ini. Tidak hanya sampai disitu. Buku ini juga berisikan kumpulan singkatan, kata serapan, kata mutiara, kata majemuk, yang sangat banyak membantu kita dalam pelajaran Bahasa Indonesia.

6. Pepak Basa Jawa

https://ecs7.tokopedia.net/img/cache/300/product-1/2015/11/27/244007/244007_bd642e5d-9de5-4e80-bf36-d4ba7d4ca0ef.jpg

Buat kalian yang sekolah dan tinggal di daerah Jawa, pasti sayang sekali dengan buku ‘sakti’ yang satu ini. Mempelajari Bahasa Jawa itu bisa dibilang gampang-gampang susah. Untungnya ada buku pepak yang bisa mempermudah mempelajari Bahasa Jawa. Mulai dari bahasa Jawa Ngoko dan Krama, tembang macapat, nama anak binatang, nama biji buah, hingga huruf Jawa ‘HANACARAKA’ bisa dipelajari dalam waktu yang singkat. Sayangnya saat ini tidak sedikit anak sekolah yang tidak bisa berbicara dengan Bahasa Jawa dalam kehidupan sehari-hari.

ARTIKEL MENARIK LAINNYA  MABA WAJIB BACA: Kamus Istilah dalam Perkuliahan

Itu tadi beberapa buku ‘sakti’ yang sangat kondang saat duduk di bangku Sekolah Dasar. Namun, saat ini eksistensinya tergeser oleh keberadaan Google yang lebih praktis dan menyediakan lebih banyak informasi daripada buku-buku ‘sakti’ di atas. Semoga bisa mejadi nostalgia mengenang masa sekolah dahulu.

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Hobi Travelling? Kuliah Saja Di Jurusan Ini

Youth Debate Competition IV