in

7 Menu Makanan Seharga Kurang dari Sepuluh Ribu

Teruntuk kamu, anak kos rantau yang sedang galau akhir bulan, atau untukmu yang sedang ingin berhemat, mie instant biasanya jadi andalan. Dipilih karena selain harganya yang murah dan konon rasanya enak, mie instant juga dipilih karena cara membuatnya yang simple dan cepat. Sebagai anak kost, memasak kadang menjadi pilihan tepat ketika ingin berhemat. Yang paling sering adalah masak nasi. Tapi jika kamu bosan dengan makanan yang itu-itu saja tetapi kamu tetap ingin berhemat, kamu bisa memasak masakan sederhana di kos lho gengs! Selain lebih hemat karena bisa dimakan berkali-kali, ini bisa jadi alternatif jika kamu tidak ingin membeli sayur di warung. Memasak memang bisa jadi trik antisipasi tanggal tua yang bisa kamu pilih. Tapi gengs, jangan pilih resep yang membutuhkan banyak bumbu atau bahan yaa! Salah-salah bukannya hemat malah pengeluaran meningkat. Duh… Buat kamu yang pengen coba masak dengan bumbu dan cara yang singkat kamu bisa nih coba beberapa resep yang ngampus siapkan. P.s bahan yang dibutuhkan bisa dibeli dengan uang sepuluh ribu nih gengs!

1. Omelete

Sederhana, kamu hanya memerlukan telur, dan  mie instant. Untuk yang tidak suka omelet mie, kamu bisa menggantinya dengan sayur yaa! Dengan uang sepuluh ribu kamu bisa membeli dua butir telur dan sebungkus mie instant yang nantinya akan jadi sewajan omelet yang bisa kamu makan beberapa kali. Nyam.

2. Nasi Goreng

Mudah dan murah. Kamu hanya memerlukan nasi, telur (opsional) dan bumbu nasi goreng instant. Kamu bisa menghemat biaya makan nih gengs!

3. Sosis Gulung Mie

http://www.masakankoki.com/wp-content/uploads/2015/02/Resep-Sosis-Gulung-Mie-dan-Cara-membuat.jpg

Kalau kamu masih menyimpan cadangan mie instant di kost-an, tapi bosan dengan mie yang biasa-biasa aja, kamu bisa nih gengs sedikit modifikasi dengan sosis.

ARTIKEL MENARIK LAINNYA  Percakapan Receh Antara Anak Kos dan Bapak Kos Ini Bikin Ngakak!

4. Pancake 

Dengan tepung serbaguna seharga tiga ribu lima ratus rupiah, susu sachet seribu lima ratus rupiah, dan telur seharga dua ribu rupiah kamu bisa nih bikin pancake! Masukkan lima sendok tepung, satu butir telur dan setengah gelas susu (sampai adonan kira-kira tidak terlalu padat menggumpal). Panaskan teflon, panggang deh!

5. Telur rebus

Simple, mengenyangkan dan hemat. Yang kamu perlukan hanya telur. Kandungan protein yang tinggi bisa membuat perutmu kenyang lebih lama nih gengs! Cocok buat yang pengen hemat sekaligus diet. Cihuy!

6. Sup Sayuran

Bermodalkan lima ribu rupiah kamu sudah bisa mendapatkan sebungkus sayuran lengkap untuk sop yang akan kamu masak. Buat yang ngga pengen ribet, kamu bisa membeli bumbu instant kuah bakso untuk sop-mu nih! Selain rasanya jadi lebih enak, praktis, murah pula!

7. Roti Bakar

Jangan bayangkan membuat roti bakar dengan toaster ya gengs! Haha. Anak kost sejati pasti punya banyak ide dan kreatif. Kamu bisa lho membuat roti bakar dengan alat seadanya. Yap! Kamu bisa nih gengs memanfaatkan setrikaan yang ada di kosan. Caranya? Bungkus roti dengan kertas, lalu tempelkan setrikaan di atasnya. Iron-man euy! Haha.

8. Steak Tempe

https://jadiberita.com/wp-content/uploads/2014/03/MG_2290-700×430.jpg

Buat kamu pecinta tempe, resep satu ini murah dan mudah lho! Yang perlu kamu lakukan adalah kukus atau rebus tempe, siapkan merica, dan penyedap rasa. Tiriskan tempe dan haluskan sambil campur rata bumbu-bumbu. Bentuk sesuai selera lalu goreng!

9. Ayam Geprek

https://lh3.googleusercontent.com/wlA5NdIFl9D7vt81UocLJF9B6VQV8CnVRR2WbFb3T1c=w600-h399-no

Yang kamu butuhkan hanyalah ayam kentucky fried chicken yang biasa dijual eceran seharga 7 ribu rupiah, sisa 3 ribu rupiah bisa kamu belikan bawang putih dan cabai. Haluskan bawang putih dan cabai, tambahkan sedikit garam. Geprek atau campurkan ayam yang kamu beli tadi dengan sambal yang sudah kamu buat. Ntaps!

10. Tempe Penyet

ARTIKEL MENARIK LAINNYA  12 Tips Hemat a la Anak Kost
http://www.indoresep.web.id/wp-content/uploads/2014/01/sambal-tempe-penyet_zps86rch3u2.jpg

Sama hal-nya dengan ayam geprek, kamu pecinta tempe bisa membuat tempe penyet. Kamu membutuhkan tiga ribu rupiah untuk membeli sepotong tempe, dan seribu limaratus rupiah untuk bumbu tempe goreng instant. Potong tempe sesuai selera, belah tengahnya, celupkan ke bumbu instant, goreng! Sebagai variasi, kamu bisa buat sambel dan penyet tempenya di sambel ya gengs! Nyam

Itu tadi beberapa resep sederhana yang menggugah selera yang bisa kamu coba saat bosan dengan menu akhir bulan yang itu-itu saja. Tapi hati-hati ya gengs, tujuanmu berhemat bisa lenyap jika kamu salah memilih resep makanan. Pastikan kamu memilih makanan yang tidak membutuhkan banyak bumbu saat dimasak, atau mungkin tidak perlu bumbu sama sekali. Supaya perut kenyang, kantong aman. Selamat mencoba!(nwrdhni)

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Tips Bangun Pagi Buat Kamu Mahasiswa Telatan

Tips Memanfaatkan Nasi Sisa Buat Akhir Bulan yang Bahagia