in

Aktif berorganisasi? Why not? Ini dia manfaatnya

Banyak orang menganggap mahasiswa kura-kura alias kuliah rapat – kuliah rapat itu kurang kerjaan. Sudah terlalu banyak tugas yang diberikan dosen, kenapa harus capek-capek menambah aktifitas lain seperti berorganisasi. Santai napa? Hidup kok dibikin susah?

Eits, jangan salah.. jangan terlena untuk santai-santai mulu gengs. Teman-temanmu sedang sibuk mempersiapkan dan meningkatkan kualitas diri untuk masa depan yang lebih cerah.. masa kalian mau santai-santai aja.. Ntar giliran temen kalian sukses kaliannya susah. Ups.. jangan sampai ya..  Kalau kalian masih bingung keahlian apa saja yang seharusnya kamu miliki sebagai mahasiswa kalian bisa klik link ini. Nah salah satu cara yang mudah untuk mengembangkan keahlianmu adalah dengan berorganisasi lo gengs. Nggak percaya? Berikut Ngampus akan berbagi beberapa alasan mengapa kalian sebaiknya aktif berorganisasi. Yuk, langsung kita cek satu-satu..

  • Bukan menambah beban, tapi melatih tanggung jawab

Dengan aktif berorganisasi, mau nggak mau kalian akan mempunyai tanggung jawab yang lebih. Tanggung jawab untuk menyelesaikan suatu misi dalam organisasi misalnya termasuk tanggung jawab akademik. Pintar-pintarlah untuk membagi waktu belajar, berorganisasi, waktu untuk keluarga, serta hal lainnya. Dengan ini kalian pun akan belajar menghargai waktu untuk melakukan kegiatan-kegiatan positif yang bermanfaat.

  • Melatih teamwork 

Namanya juga berorgansisasi gengs.. untuk menyelesaikan sebuah misi biasanya kalian akan lebih sering bekerjasama dalam tim. Bukankah pekerjaan akan terasa lebih ringan bila diselesaikan bersama-sama? Jangan kebalik, kalau kerja bareng malah bikin susah. Jangan sampai kamu di-nyinyir-in di belakang kaya gitu ya gengs.. Yah.. nantinya kalian akan belajar bagaimana seharusnya bekerja dalam tim. Bukan hanya mengandalkan anggota lain, kita juga wajib ikut berkontribusi. Kontribusi kalian ini nantinya akan sangat berpengaruh terhadap hasil kerja tim lo gengs..

  • Belajar memecahkan masalah

Tak jarang akan ada berbagai macam masalah yang harus kalian hadapi dalam berorganisasi, baik masalah internal maupun masalah eksternal. Masalah internal misalnya ketidakcocokan antar anggota, kurang kompak, atau kurang saling memahami satu sama lain. Sementara, masalah eksternal meliputi masalah keuangan sampai masalah birokrasi untuk menyelenggarakan acara misalnya.

ARTIKEL MENARIK LAINNYA  Tidak Lulus SBMPTN? Coba 5 Alternatif ini

Sebenarnya bila kalian bisa mengambil manfaatnya, kalian akan menyadari bahwa setiap masalah sebenarnya sangat berpotensi untuk meningkatkan kedewasaan dan kualitas diri kalian dalam memecahkan masalah. Tentunya, ceritanya akan berbeda ketika kalian memilih untuk tidak ikut berorganisasi. Kalian mungkin tidak perlu bermasalah dengan banyak orang, tapi bukankah dengan ini kalian belajar dewasa dalam menyikapi berbagai macam karakter orang? Kalian bahkan akan menyadari pentingnya mengatur keuangan karena tahu bagaimana susahnya menyelesaikan masalah keuangan seperti yang pernah kalian alami dalam organisasi sebelumnya.

Jangan keburu lemes apalagi males deh gengs. Anggaplah masalah sebagai tantangan yang harus kalian selesaikan. Seperti layaknya bermain games, bukankah setiap tantangan akan membuat kalian naik satu level?

  • Menemukan keluarga baru

Pernah dengar ungkapan Tak kenal maka tak sayang? Ungkapan ini cocok untuk menggambarkan bagaimana kalian akan menemukan keluarga baru dalam organisasi. Bekerjasama dengan orang lain akan membuatmu berteman dengan banyak orang dan mengenal berbagai karakternya. Kalian yang terbiasa bekerjasama, menyelesaikan tanggung jawab maupun mencari solusi untuk berbagai masalah bersama-sama akan menyadari; bahwa waktu yang telah membiasakan kalian untuk bersama telah membuat kalian saling menyayangi satu sama lain. Tak jarang kalian pun dapat menemukan sahabat sejati, bahkan sampai sang belahan hati sekali pun. Yakin nggak pengen nih gengs…?

  • Menumbuhkan jiwa kepemimpinan

Hei, pernahkah kalian mendengar ungkapan “Masing-masing dari kamu adalah pemimpin”? Kalau dipikir-pikir bagaimana mungkin ya? Bukankah ada kriteria-kriteria tertentu untuk menjadi seseorang pemimpin dan menjadi seorang pemimpin itu nggak mudah.. Eitss tunggu dulu.. Mengapa tidak? Bukankah setidaknya kalian adalah pemimpin yang bertanggungjawab atas diri kalian sendiri.

Naah.. naik satu tingkatan lagi, seorang pemimpin sudah semestinya adalah ia yang mampu memimpin dan bertanggung jawab, bukan hanya pada dirinya sendiri, tapi juga untuk orang lain gengs.

ARTIKEL MENARIK LAINNYA  Tak Perlu Menunggu Lulus, ini Pekerjaan yang Bisa Kamu Coba

Melalui berorganisasi, jiwa kepemimpinanmu akan diasah. Bisa jadi kalian akan mengemban amanah sebagai ketua panitia untuk event organisasi atau penanggungjawab kegiatan tahunan organisasi misalnya. Mau nggak mau kalian akan belajar menjadi seorang pemimpin.

  • Mengembangkan potensi, bakat, dan minat

Jangan keburu-buru berasumsi kalau kegiatan organisasi hanya meliputi OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah, HIMA (Himpunan Mahasiswa), ataupun BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa), dan sejenisnya. Lebih dari itu, kegiatan organisasi juga bisa meliputi organisasi-organisasi yang mendukung pengembangan potensi, bakat dan minat kalian lo gengs, seperti kegiatan ekstrakurikuler di sekolah maupun UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) di kampus bisa menjadi pertimbangan untuk memilih organisasi yang akan kalian ikuti. Naah, selain belajar berorganisasi, kalian juga dapat mengembangkan potensi sesuai bakat dan minat kalian gengs.

  • Berorganisasi membuatmu lebih percaya diri

Tidak heran bila mereka yang aktif dalam organisasi akan lebih percaya diri dalam pergaulan. Dalam organisasi, tidak jarang kamu akan dituntut untuk mengemukakan pendapat atau mengajukan usulan dalam rapat. Meski terkadang pendapatmu berbeda ataupun bahkan tidak terima, kamu akan belajar untuk tidak kecewa dan menerima hasil kesepakatan bersama. Bukankah setidaknya kamu telah mengemukakan pendapatmu kan?

  • Membagun CV

CV (Curriculum Vitae) ini nantinya akan sangat berguna untuk melamar pekerjaan yang kalian idam-idamkan, ataupun beasiswa yang sangat kalian harapkan. Bahkan saat ini CV pun bisa digunakan untuk melamar jodoh lo gengs.. hehe.

Dengan aktif berorganisasi, kalian dapat menambahkan pengalaman berorganiasi ke dalam CV kalian. Nantinya pengalaman ini dapat menjadi point plus yang membuat perusahaan, atau sponsor beasiswa lebih mempertimbangkanmu karena kamu dianggap memiliki kualitas lebih dari mereka yang tidak memiliki pengalaman berorganisasi sama sekali.

  • Membangun network

Selain mendapat banyak teman, pertemuan dengan banyak orang mungkin saja membuatmu menemukan partner kerja, ataupun rekan bisnis. Bila kalian tengah mengembangkan usaha, kalian pun bisa sambil mencoba memasarkan produk-produk kalian. Yak sekali dayung, dua tiga pulau terlampaui kan ya.. hihihi 

  • Menemukan Jati diri

Melalui organisasi, kalian akan belajar untuk menemukan diri kalian yang sesungguhnya. Dengan mengenal berbagai macam karakter orang, kalian akan belajar bagaimana cara menyikapinya. Setelah melalui berbagai proses panjang yang mendewasakan diri dalam berorganisasi, kalian pun akan terlahir sebagai pribadi baru dengan kualitas yang baru pula.  

Demikian tadi beberapa manfaat aktif dalam organisasi. Jadi gimana masih ragu untuk coba? Yakin gak nyesel? Masa muda gak datang dua kali lo..

ARTIKEL MENARIK LAINNYA  Kamu yang Punya Pacar Sekampus Pasti Pernah Merasakan Hal Ini

(riyana)

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Bukan Ekstrovert Bukan Juga Introvert, Mungkin Kamu Termasuk Ini

Tips Anti Ribet Nonton di Bioskop Buat Mahasiswa