in

Alasan Tahun Ajaran Baru Sekolah Dimulai Bulan Juli

Libur sekolah telah usai dan kini saatnya tahun ajaran baru dimulai. Saat masa sekolah dahulu, tahun ajaran baru dimulai pada pertengahan tahun atau lebih tepatnya di bulan Juli. Hingga saat ini pun tahun ajaran baru tetap dimulai di Bulan Juli. Mungkin banyak dari kalian yang tidak tahu cikal bakal dan sejarah kenapa tahun ajaran baru dimulai pada bulan Juli. Kira-kira kenapa ya tahun ajaran baru sekolah dimulai bulan Juli dan bukan di awal tahun pada Bulan Januari?

Awalnya kalender pendidikan Indonesia menetapkan bulan Januari sebagai awal tahun ajaran baru dan bulan Desember sebagai akhir tahun ajaran. Namun, sejak tahun 1979 kebijakan tersebut berubah dengan merombak waktu tahun ajaran baru menjadi bulan Juli. Hal tersebut disahkan dalam UU No. 0211/U/1978 yang mengatur tentang pengunduran tahun ajaran baru, yaitu ajaran baru dimulai di bulan Juli dan diakhiri di bulan Juni.

https://foto.wartaekonomi.co.id/files/arsip_foto_2018_01_24/pendidikan_2018_01_24_090049_big.jpg

Perubahan tersebut terjadi saat Daoed Joesoef menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Beliau menjabat di zaman orde baru sejak tahun 1978 hingga 1983. Sebuah pemikiran baru tentu bisa memunculkan beragam reaksi. Begitu pula dengan kebijakan beliau yang mengubah waktu tahun ajaran baru saat itu. Salah satu yang menentang kebijakan Daoed Joesoef kala itu adalah Prof. Soenarjo yang menjabat sebagai Menteri Dalam Negeri saat itu. Menurut Soenarjo, tak selayaknya peserta didik dijadikan ‘kelinci percobaan’ akibat berubahnya sistem pendidikan. Ali Sadikin, Gubernur DKI Jakarta kala itu, juga memberi kritik senada. Ia menyatakan bahwa menteri tak bisa seenaknya merubah sistem pendidikan .

Menghadapi berbagai penolakan itu, Daoed Joesoef tetap bersikukuh dengan pendapatnya dan alasan di balik pengambilan kebijakan tersebut. Bahkan untuk merealisasikan pengunduran waktu tahun ajaran baru, beliau mengeluarkan kebijakan untuk menunda kelulusan peserta didik dan mengisinya dengan mempelajari materi tambahan. Bisa dibayangkan apabila saat itu kita seharusnya sudah lulus sekolah di bulan Desember tapi tiba-tiba harus menunggu atau menunda kelulusannya selama enam bulan ke depan? Lantas bagaimana dengan biaya sekolahnya? Daoed Joesoef juga membuat keputusan bahwa wali murid hanya perlu membayar 50 persen biaya SPP selama jeda waktu pengunduran tahun ajaran baru. Sebenarnya pengunduran tahun ajaran baru bukanlah tanpa alasan. Berikut ini alasan kenapa tahun ajaran baru diundur hingga bulan Juli.

ARTIKEL MENARIK LAINNYA  Sistem Pendidikan Indonesia Masih Ditujukan untuk Era Industri

1. Tahun ajaran baru yang jatuh pada bulan Januari menyulitkan proses perencanaan pendidikan

Menilik dari pengalaman di tahun-tahun sebelumnya, ternyata tahun ajaran baru yang dimulai pada bulan Januari kontras dengan akhir tutup buku anggaran. Oleh karena itu, kebijakan ini dibuat untuk menyesuaikan dana anggaran di awal tahun.

2. Mempertimbangkan penetapan tahun ajaran baru di luar negeri

Daoed Joesoef kala itu mempertimbangkan masa depan anak-anak Indonesia yang ingin melanjutkan studi ke luar negeri. Pasalnya, tahun ajaran baru di luar negeri rata-rata dimulai pada bulan Juni. Sehingga, kebijakan tahun ajaran baru ini diharapkan bisa memudahkan peserta didik Indonesia yang ingin melanjutkan sekolah ke luar negeri.

3. Libur panjang bulan Desember bertepatan dengan musim hujan

Selain dua hal di atas, salah satu yang jadi bahan pertimbangan Bapak Menteri adalah kondisi cuaca di Indonesia. Bulan Desember yang merupakan waktu libur panjang anak-anak bertepatan dengan musim penghujan. Agar anak-anak bisa menikmati waktu liburnya, Daoed Joesoef berinisiatif mengubah waktu tahun ajaran baru menjadi bulan Juli.

Itu tadi sejarah dan cikal bakal ditetapkannya tahun ajaran baru pada bulan Juli. Meskipun mendapat banyak penolakan, ternyata pengunduran tahun ajaran tersebut memiliki alasan yang logis dan berguna untuk peserta didik dan sistem pendidikan Indonesia. Kalau kalian bagaimana? Lebih suka tahun ajaran baru pada bulan Januari atau bulan Juli? (rizkiift)

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Tips Anti Ribet Nonton di Bioskop Buat Mahasiswa

Buat Cowok Senior, Ini 5 Tips Agar Adik Tingkat Naksir Sama Kamu