in

Bagaimana Cara Meraih Sukses Di Kampus?

Siapa sih yang nggak mau jadi mahasiswa sukses di kampus baik bidang akademiknya maupun non akademik? Memang benar sukses menjadi mahasiswa, belum tentu sukses juga dalam kehidupannya. Namun bilamana kita menjadi mahasiswa yang sukses nantinya hal tersebut dapat membuat bekal dan jalan yang mulus untuk meraih kesuksesan itu sendiri. Kesuksesan bukan suatu yang instan. Dan kita membutuhkan metamorfosis yang sempurna. Kalian tau kan kupu – kupu? Hewan yang memiliki sayap yang indah ini harus mengalami proses panjang untuk menjadi sesuatu yang indah. Awalnya dia hanyalah sebuah telur yang sangat kecil. Kemudian menjadi ulat yang menjijikkan, bagaimana dia diolok – olok manusia karena kejelekan tubuhnya. Setelah itu dia berpuasa di dalam selimut kecil menjadi kepongpong. Dan pada akhirnya menjadi kupu – kupu yang indah. Begitulah kita dalam meraih kesuksesan perlu adanya proses. Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan dalam meraih kesuksesan.

1. Tujuan 

https://www.madrasahistiqlal.sch.id/tujuan/
https://www.madrasahistiqlal.sch.id/tujuan/

Menetapkan tujuan adalah hal yang paling utama. Karena mahasiswa terbaik adalah yang tau tujuan dari kuliahnya dan tau apa yang mereka butuhkan dalam pencapaian tujuannya. Kalian akan terjeblos dalam lubang kegagalan bilamana tidak tahu apa yang kalian lakukan dan mengapa kalian melakukannya. Memiliki tujuan akan memberi kalian arah atas apa yang kalian alami. Dan yang tahu lebih baik mengenai diri kalian adalah kalian sendiri.

2. Anggaplah sekolah adalah sebuah pekerjaan

https://ultimatesammy.wordpress.com/2014/07/31/ciri-ciri-sifat-tekun/
https://ultimatesammy.wordpress.com/2014/07/31/ciri-ciri-sifat-tekun/

Benar adanya kalau sekolah adalah tempat kita menimba ilmu, tapi kalo kamu menganggap sekolah seperti bekerja, kamu akan merasakan tekanan seperti kerja dimana kamu harus menyelesaikannya dengan cepat dan tepat. Jika mind set kalian seperti itu maka kalian akan menjadikan belajar dan sekolah adalah sebuah keharusan yang kudu terpenuhi.

ARTIKEL MENARIK LAINNYA  12 Tips Hemat a la Anak Kost

3. Bergaul dengan orang yang pintar

https://www.vebma.com/motivasi/dunia-ini-panggung-sandiwara-siapapun-kamu-apapun-peranmu-dan-bagaimana-hidupmu-sudah-ada-sutradara-yang-mengaturnya-kamu-hanya-dituntut-untuk-menjadi-orang-baik/12195
https://www.vebma.com/motivasi/dunia-ini-panggung-sandiwara-siapapun-kamu-apapun-peranmu-dan-bagaimana-hidupmu-sudah-ada-sutradara-yang-mengaturnya-kamu-hanya-dituntut-untuk-menjadi-orang-baik/12195

Biasanya seseorang akan belajar lebih bersemangat bila teman bergaulnya adalah orang – orang yang sudah hobi dengan belajar. Ketimbang main dengan mahasiswa yang kerjaannya nongkrong atau bahkan mereka tidak tahu mengenai tujuan mereka kuliah. Kamu tau? Orang yang bergaul dengan penjual minyak wangi akan berbau wangi. Seperti itulah kalian jika bergaul dengan orang – orang yang rajin.

4. Belajar dengan rasa bersemangat

https://sumbercenel.com/kata-kata-semangat/
https://sumbercenel.com/kata-kata-semangat/

Semangat akan menimbulkan gairah dalam belajar, fikiranpun menjadi terbuka. Sehingga sangat mudah dalam menangkap materi yang diberikan dosen. Semangat!

5. Memanfaatkan dosen

https://www.idntimes.com/life/education/indah-shaliha/8-tipe-dosen-pembimbing-skripsi-yang-bikin-mahasiswa-sering-pasrah-c1c2
https://www.idntimes.com/life/education/indah-shaliha/8-tipe-dosen-pembimbing-skripsi-yang-bikin-mahasiswa-sering-pasrah-c1c2

Kalian bisa mengunjungi dosen di luar jam kuliah, untuk berdiskusi bareng mengenai materi yang telah disampaikan. Proses belajar yang lebih daripada mahasiswa umumnya akan menimbulkan lebih juga pada materi yang didapat. Sehingga berefek pada hasil ujian kalian nanti. Dan mahasiswa sukses akan tahu betul bagaimana cara memperoleh ilmu dari dosen.

6.  Jangan mau menjadi mahasiswa rata – rata

https://cantik.tempo.co/read/801038/10-cara-elegan-untuk-mengambil-hati-dosen
https://cantik.tempo.co/read/801038/10-cara-elegan-untuk-mengambil-hati-dosen

Mahasiswa rata – rata adalah orang yang hanya kuliah saja seperti pada umumnya. Mengikuti proses pembelajaran yang penting hadir. Jika kalian menjadi orang rata – rata semuapun akan mengikutinya secara rata – rata, IPK yang pas pasan, prestasi juga nggak, dan lulus menjadi wisudawan yang biasa saja. Coba deh kalau kalian lebihkan seperti jam belajar yang lebih daripada yang lain, ikut organisasi juga lebih dari yang lain. Mungkin kalian akan menjadi mahasiswa yang lebih, lebih baik maksudnya dan menjadi nomor satu denga lulusan predikat coumlade.

7. Rajin kuliah

https://www.huffingtonpost.com/bill-spellman/why-public-liberal-arts-c_b_5365803.html
https://www.huffingtonpost.com/bill-spellman/why-public-liberal-arts-c_b_5365803.html

Kalian harus tahu prioritas utama seorang mahasiswa adalah kuliah, menjadi mahasiswa yang aktif di kelas. Kalau kalian tidak paham mengenai materi yang diajarkan dosen alangkah baiknya untuk bertanya agar lebih jelas. Jangan sok gengsi tidak bertanya karena takut dibilang bodoh.

ARTIKEL MENARIK LAINNYA  Tips Membuat Powerpointmu Dilirik Dosen

8. Manfaatkan fasilitas kampus 

https://www.polibatam.ac.id/fasilitas-taman-dan-gasebo-di-kampus-polibatam/
https://www.polibatam.ac.id/fasilitas-taman-dan-gasebo-di-kampus-polibatam/

Mungkin sesuatu yang sering kita abaikan bisa dimanfaatkan lebih. Seperti perpustakaan, tak jarang kalian yang acuh terhadap perpustakaan karena jenuh melihat buku buku yang begitu tebalnya. Bisa juga seperti jaringan wi-fi gratis, bisa nih kalian coba untuk menggali informasi. Atau taman kampus, ini dapat menunjang pikiran kamu agar lebih terbuka dengan suasana taman yang hijau dan asri.

9. Tulis target

http://www.azteccalendar.info/smash-book-calendar/smash-book-planner-a-cherry-on-top-smash-book-calendar/
http://www.azteccalendar.info/smash-book-calendar/smash-book-planner-a-cherry-on-top-smash-book-calendar/

Tuliskan beberapa target kalian di sebuah kertas dan tempelkan pada tempat yang biasa dilihat seperti meja belajar. Misalnya target IPK harus 4. Nggak masalah kok, bermimpilah yang tinggi karena Tuhan – mu Maha Tinggi. Bila kita bermimpi menjadi seorang presiden, tetapi mimpi itu gagal setidaknya masih ada gubernur. Namun menjadi gubernur pun gagal, tenang masih ada bupati atau walikota. Kemudian menjadi bupati juga gagal, ingat masih ada camat. Dan camatpun gagal, masih ada lurah atau kepala desa bukan? Kalau kemudian gagal kembali, RW bisa jadi. RW gagal lagi, ada RT kan dibawahnya. Tetapi bilamana kamu hanya bermimpi jadi RT, kalau gagal bagaimana?

10. Action 

http://greenmetric.ui.ac.id/from-policy-to-action/
http://greenmetric.ui.ac.id/from-policy-to-action/

Sebelumnya telah dijelaskan bahwa kita  harus mempunyai mimpi yang tinggi karena Tuhan Maha Tinggi. Tetapi mimpi saja dirasa kurang, kalian perlu yang namanya aksi nyata. Dan aksi tersebut adalah penunjang proses pencapaian target. Omong kosong saja tidak cukup.

11. Jaga kesehatan

http://berita.dreamers.id/article/48927/tidur-cukup-vs-diet-seimbang-mana-yang-lebih-penting-bagi-kesehatan
http://berita.dreamers.id/article/48927/tidur-cukup-vs-diet-seimbang-mana-yang-lebih-penting-bagi-kesehatan

Jangan lupa jaga kesehatan. Kuliah butuh tubuh dan jiwa yang sehat untuk menerima materi. Buat apa kalian bela – belain kuliah sedang sakit, dijamin materi mau masuk nggak jadi. Jaga kesehatan dengan yang simple saja seperti makan teratur, tidur yang cukup, dan olahraga rutin. Olahraganya nggak usah yang aneh aneh deh, cukup lari pagi di setiap weekend juga bisa.

ARTIKEL MENARIK LAINNYA  Tips Sukses Menjawab Pertanyaan Ajaib Pas Kumpul Keluarga

Jangan lupa untuk terapkan tipsnya, semoga kalian sukses. Tetap semangat!

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Konspirasi Masalah Akhir Bulan

Penyakit Saat Skripsi