in

Beberapa Alasan Mahasiswa Drop Out

Sobat ngampus, berhasil lulus dari universitas favorit yang udah kamu perjuangkan sejak awal pastilah menjadi sebuah kebanggaan tersendiri. Karena berhasil lulus berarti membuktikan bahwa kamu berhasil melalui berbagai rintangan yang ada semasa kuliah. Hal ini menjadi istimewa karena tak sedikit juga mahasiswa yang tidak sampai melewati masa belajar di kampus dan mengalami drop out (DO). Kamu pasti nggak asing kan dengan istilah DO alias Drop Out? Drop Out merupakan istilah untuk menyebut kondisi atau situasi yang membuat seseorang keluar dari kampus sebelum masa studinya berakhir. Tidak sepenuhnya mahasiswa yang di-DO itu buruk, ada banyak faktor mengapa mahasiswa mengalami kegagalan atau memilih untuk berhenti di tengah perjalanan menempuh pendidikannya. Mengambil keputusan untuk tidak melanjutkan kuliah akhirnya Drop Out bukan masalah yang sepele lho gengs! Mahasiswa yang memutuskan untuk DO biasanya punya beragam alasan lho gengs! Yap! banyak alasan para mahasiswa memilih DO, dari alasan yang logis, sampai yang mmm… scroll down yaa!

1. Biaya kuliah yang mahal

Untuk mahasiswa mandiri yang terbiasa menanggung beban biaya perkuliahan sendiri, mungkin pernah merasakan kesulitan karena biaya kuliah yang memang terbilang cukup mahal. Untuk memenuhi hal tersebut, kerja sambilan jadi solusinya. Tapi terkadang kerja sambilan dan kesibukan kuliah tidak bisa dihindari sehingga pada akhirnya mereka memilih untuk keluar dan bekerja saja. Biaya kuliah memang tidak bisa dibilang murah. Apalagi untuk kalangan masyarakat Indonesia yang kebanyakan dari golongan menengah kebawah. Alasan inilah yang membuat beberapa mahasiswa memutuskan berhenti kuliah.

2. Diterima kerja dengan jenjang karir yang lebih menjanjikan

Terkadang, adanya kesempatan untuk berkarir membuat-mu, mahasiswa yang lelah kuliah mencoba peruntungan untuk mendaftar. Memang ada pekerjaan yang masih bersyaratkan ijazah SMA jadi apa salahnya kan dicoba. Beberapa dari mahasiswa yang beruntung tersebut diterima dan akhirnya lebih memilih untuk bekerja. Jadi, mau tidak mau kuliah dikorbankan. Beberapa yang masih sayang meninggalkan bangku kuliah lebih memilih untuk mengambil cuti dengan harapan nantinya bisa melanjutkan kuliah lagi, dengan konsekuensi membayar uang semesternya. Tapi bagi mereka yang lebih memilih karir karena jenjang karirnya menjanjikan mungkin akan melepaskan kuliah dan bekerja. Memang hidup itu pilihan ya gengs

ARTIKEL MENARIK LAINNYA  Alasan Kenapa Kamu Perlu Sesekali Duduk di Depan Saat Kuliah

3. Merasa kuliah itu bukan passion-nya

Merasa salah jurusan, atau perasaan tidak sanggup, tertekan dalam menghadapi mata kuliah yang sulit, sampai rendahnya minat akademik memicu stress pada mahasiswa hingga akhirnya tak sanggup lagi untuk melanjutkan kuliah. Memang sayang ya, tapi begitu faktanya di lapangan.

4. Terlalu bersenang-senang sampai mengorbankan kuliah

Hal ini semacam sindrom yang dialami mahasiswa di semester-semester awal, karena terlalu asyik mencoba berbagai hal baru setelah jadi mahasiswa, para mahasiswa ini terlalu banyak menghabiskan waktu untuk memenuhi gaya hidup, bermain-main dan melupakan kuliah. Akibatnya, jumlah absensi melebihi batas yang ditentukan oleh universitas. Duuh gawat gengs!

5. Diterima kuliah di kampus lain

Merasa salah jurusan atau yang penting kuliah dulu membuatmu mencoba mendaftar di kampus lain atau kampus idamanmu di tahun selanjutnya. Kamu yang diterima di kampus favoritmu tentu akan lebih memilih kampus baru-mu kan? Alasan macam ini juga biasanya mendasari mahasiswa untuk memilih DO.

6. Menikah

Karena sudah lelah kuliah, beberapa mahasiswa ini memilih untuk menikah sajah. Yap! Demi keamanan bersama, atau mungkin akan lebih baik jika dinikahkan sekalian, beberapa mahasiswa ini memilih untuk melepaskan kuliah dan berumahtangga.

7. Hamil

Dari beberapa alasan diatas, yang satu ini terbilang yang paling sedih ya. Karena keasikan pacaran, sampai lupa kuliah. Pulang rantau dapat anak nih! Duuh…

Itu tadi beberapa alasan yang mungkin mendasari seseorang untuk drop out alias DO dari kampus. Apapun alasannya, semua merupakan pilihan hidup masing-masing ya gengs! Jadi kita tidak berhak untuk men-judge mereka yang memilih untuk drop out dari kampus.

(nwrdhni)

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

ARTIKEL MENARIK LAINNYA  Tipe - Tipe Anak Kost Jaman Now, Kamu yang Mana?

What do you think?

-1 points
Upvote Downvote

Total votes: 1

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 1

Downvotes percentage: 100.000000%

Destinasi Liburan Murah Buat Mahasiswa

Mahasiswa, ini Pengaruh Begadang Untuk Kesehatanmu