in

Beberapa Hal Yang Patut Kamu Coba Ketika Bertemu Dosen Killer

Dosen kamu killer, dan kamu bingung mesti gimana? Jangan sampai hal ini matahin semangat kamu buat ngikutin mata kuliah sang dosen. Salah-salah bisa berpengaruh lo ke prestasi akademikmu nanti. Gak mau kan nilai kamu jeblok hanya karena dosen killer bikin kamu gagal fokus. Tenang, gak perlu khawatir. Semua pasti ada solusinya. Kalau sebelumnya kamu sudah sempet membaca tentang Beberapa Tipe Dosen Yang Pasti Ada di Kampusmu artikel kali ini akan mengupas lebih dalam tentang hal-hal yang bisa kamu coba untuk menghadapi dosen killer. Yuk kita kupas satu-satu..

Positive Thinking                                                                                          Source

Untuk menghadapi dosen killer, hal pertama yang harus kalian lakukan adalah positive thinking. Ubahlah mindset kamu terhadap dosen killer. Yakinlah bahwa dosen juga manusia. Segalak-galaknya dosen pasti juga punya sisi baik lo. Dari pada buru-buru negative thinking sama dosen killer, mending coba mulai renungkan, seseorang gak akan marah-marah tanpa sebab kan ya..

Smile

Kalian tentunya gak perlu canggung lagi untuk bersikap ramah ketika udah positive thiking pada dosen yang bersangkutan. Sesekali sapalah dosen. Pancarkanlah aura positif melalui senyuman. Dijamin sang dosen pun akan memberikan respon positif pula. Tapi inget ya gengs, jangan terus senyum-senyum sendiri selama perkuliahan, ntar justru kamu disangka gak sopan sama dosen.

Santun dan Jangan Menggurui

Kesantunan ini penting banget kita aplikasikan ketika berhubungan dengan orang lain, apalagi sama dosen. Berusahalah bersikap santun. Bagaimana pun juga dosen adalah orang tua kita di kampus layaknya guru yang merupakan orang tua kita di sekolah kan. Melalui sikap santun, dijamin dosen juga akan mengahargai kamu kok. Bila memang ada hal yang ingin kamu tanyakan pada dosen, pilihlah kata-kata yang tidak menggurui sang dosen. Bagaimanapun juga dosen lebih berpengalaman dan patut kita hormati kan gengs..

ARTIKEL MENARIK LAINNYA  Mahasiswa, Bawa Serta Selalu Barang-barang Ini

Kenali dan Pahami Karakter Dosen

Tak perlu takut degan dosen killer. Selama kamu bisa mengenali dan memahami karakter sang dosen, segalanya bisa jadi lebih mudah. Mulailah mempelajari sikap dan kebiasaan yang sering dilakukan sang dosen.Untuk mencari tahu kebiasaan dosen, kalian bisa tanya-tanya kakak tingkat. Tanyakan tentang hal-hal yang sebaiknya dilakukan maupun yang patut dihindari semasa perkuliahan dengan sang dosen.

Nasihat, pesan dan kesan dari kakak tingkat, boleh kalian terapkan. Tapi jangan sampai malah justru membuat kalian bingung dengan beragamnya informasi dari kakak tingkat. Tetaplah konsisten untuk merespon baik dosen. Dengan itu, kita pun akan lebih mudah menyesuaikan diri dengan keinginan beliau. Alhasil, kalian bisa meminimalisir konflik maupun kesalahpahaman dengan dosen.

Patuhi Komitmen

Biasanya setiap dosen punya komitmen sendiri dalam kelasnya. Itu sebabnya lain dosen, bisa jadi lain juga aturannya. Tak perlu khawatir, pada awal perkuliahan dosen biasanya akan menyampaikan gambaran perkuliahan selama satu semester, beserta komitmen atau kesepakatan selama menjalani perkuliahan bersama sang dosen. Komitmen ini bisa berupa mahasiswa harus datang tepat waktu, mengumpulkan tugas tepat waktu, tidak makan selama kegiatan perkuliahan, aktif selama perkuliahan, dsb. Sebisa mungkin catat yang gengs, supaya ngga kelupaan. Yang terpenting patuhi komitmen jika memang tidak ingin membuat masalah dengan sang dosen.

Jadilah Pendengar yang Baik

Siapa sih yang gak seneng ketika apa yang kita bicarakan direspon positif oleh orang lain. Eits, tunggu dulu, ini bukan berarti kalian harus selalu setuju dengan pendapat orang lain lo. Setidaknya tunjukkan dulu sikap santun sebagai pendengar yang baik. Nah, hal yang sama berlaku juga kepada dosen.

Jangan memotong penjelasan dosen ya gengs. Coba dulu dengarkan dengan seksama dan pahami apa yang ingin disampaikan oleh sang dosen. Selanjutnya, kalian bisa menanggapi setelah dosen memberi kesempatan untuk menanggapi. Tapi pastikan kalian menyampaikan tanggapan kalian dengan santun ya. Pilihlah kata-kata yang tidak terkesan menggurui agar tidak menyulut emosi sang dosen.

ARTIKEL MENARIK LAINNYA  Waspada! Ciri – ciri ini Menunjukkan Kamu Kecanduan Gadget

Stay Calm 

Selain semua tips di atas, pastikan untuk tetap tenang selama perkuliahan berlangsung. Santai aja gak perlu tegang. Eits, tapi santainya kalian bukan berarti gampangin dosen loh ya. Tetap tenang supaya kalian bisa fokus mengikuti kegiatan perkuliahan bersama sang dosen. Jika emang kalian tetep ngerasa tegang selama perkuliahan, ingatlah bahwa dosen juga manusia yang punya rasa belas kasihan. Yakinlah selama kita bersikap baik, tentu sang dosen juga akan menyambut kita dengan baik.

Itu dia beberapa tips untuk menghadapi dosen killer. Yang terpenting jangan sampai predikat killer justru bikin kalian semakin illfeel sama dosen yang bersangkutan. Ubahlah mindset tentang dosen killer. Kontrol dan kuasai diri untuk mengadapi sang dosen. Semoga kalian bisa tetep fokus selama perkuliahan ya.. Selamat mencoba..

(riyana)

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Seminar Strategi Penerapan Manajemen Resiko dan SMK3

Mahasiswa, Tahu Ngga Apa Bedanya TOEFL, IELTS, dan TOEIC?