in

Beberapa Tips Menjawab Soal Essay

Hai gengs liburan sebentar lagi usai nih. Kamu tentu sudah siap dong dengan perkuliahan semester depan, lengkap dengan sederet tugas dan penilaiannya? Sekedar info, buat kamu mahasiswa baru, penilaian di perkuliahan sedikit berbeda yaa dengan di SMA dulu. Jika di SMA dulu mungkin kamu akan lebih banyak mendapat soal model multiple choice alias pilihan ganda yang tinggal pilih a, b, c atau d, di perkuliahan kebanyakan soal diberikan dalam bentuk essay. Untuk kamu yang sudah sering mengerjakan soal dengan model essay macam ini di SMA mungkin kamu tidak akan mengalami kesulitan. Tapi buat kamu yang masih mengalami kesulitan dalam mengerjakan soal essay, nih ngampus kasih beberapa tips dalam mengerjakan soal essay. Check it out… 

1. Gunakan bahasamu sendiri

Jika kamu merasa kesulitan dalam menjelaskan dengan “bahasa buku” yang sudah kamu hafalkan, kamu bisa nih mencoba menjelaskannya dengan bahasamu sendiri. Jelaskan menurut pemahamanmu jika kamu merasa kesulitan untuk menjelaskan hal tersebut sama persis dengan referensi. Hal ini mungkin akan lebih efektif ketimbang menggunakan bahasa buku yang kesannya kaku abis. Terkecuali, dalam hal pengertian atau pendapat ahli, kamu memang mau tidak mau harus menghafalnya ya gengs. Kamu bisa menerapkan tips ini di tipe soal yang menanyakan pendapatmu mengenai suatu hal. Dengan menggunakan bahasa atau kata-kata sendiri, kamu bisa menunjukkan bahwa jawaban yang kamu tuliskan ini memang hasil dari pemikiranmu dan sudah pasti original.

2. Perhatikan kerapihan tulisan tanganmu

Sebelum membaca penjelasan poin ini pun kamu mungkin sudah paham bahwa essay yang dimaksud disini bukan essay macam di SMA yang mungkin hanya membutuhkan satu atau dua paragraph untuk mengisi jawabannya. Yap! Essay di perkuliahan biasanya satu lembar kertas folio bahkan lebih. Oleh karena itu, penting buatmu untuk berlatih menulis yang rapih. Bayangkan jika dosenmu harus membaca selembar tulisan indahmu yang sulit dibaca itu. Salah-salah menimbulkan mis-persepsi dan malah mengurangi nilaimu lagi. Duuh… ngga mau kan?

ARTIKEL MENARIK LAINNYA  Tips Memilih Kost-an

3. Tulis dengan sistematis

Selain kerapihan, sistematika penulisanmu juga harus kamu perhatikan nih gengs! Atur jarak atau spasi yang pas agar essay-mu enak dibaca. Selain itu beri poin-poin sebelum memberikan penjelasan juga bisa dicoba nih gengs. Tidak usah berbelit dan menjelaskan dari ujung ke ujung, kamu bisa kok meringkasnya dan menggaris bawahi poin penting yang ingin kamu sampaikan.

4. Perhatikan waktu

Kamu mungkin punya segudang ide atau banyak pendapat yang ingin kamu tuliskan. Tetapi ingat gengs, kamu juga harus memperhatikan alokasi waktu yang diberikan. Jangan terpaku dan menggebu-gebu di soal pertama dan kemudian hilang ide atau kehabisan waktu di soal-soal berikutnya. Karena setiap soal bernilai dan sama pentingnya, usahakan untuk menargetkan waktu untuk masing-masing soal ya gengs! Misal kamu diberikan 5 soal essay yang harus kamu kerjakan dalam waktu 60 menit, paling tidak satu soal harus kamu kerjakan di waktu maksimal 12 menit.

5. Jangan pernah mengosongkan jawaban

Jangan karena kamu tidak tahu jawaban apa yang akan kamu tulis lalu kamu kosongkan saja nomor itu. Jangan ya gengs! Yang perlu diingat adalah setiap nomor di soal essay pasti bernilai lebih dan sebaiknya jangan dikosongkan. Kamu mungkin tidak yakin dengan jawabanmu, tapi tulis saja. Barangkali jawabanmu benar, atau kalaupun salah, kamu bisa mendapat nilai “upah tulis” yang biasanya diberikan dosen.

6. Mulai dari yang termudah

Mulai lah dari yang menurutmu termudah untuk efisiensi waktu dan meningkatkan kepercayaan dirimu. Tapi ingat, jangan terlena dengan soal yang mudah ini. Mahasiswa biasanya akan terlena dan lupa waktu menuliskan sedetail mungkin jawaban soal yang mudah yang sebenarnya belum tentu diperlukan. Ingat, tulis secara sistematis dan tidak bertele-tele ya gengs!

7. Bingung di tengah jalan? 

ARTIKEL MENARIK LAINNYA  MAHASISWA, SUDAHKAH JELAJAHI WISATA JOGJA BERIKUT INI?

Pasti kamu pernah merasakan mendadak lupa jawaban, nge-blank atau bingung mau menuliskan apa di essay kamu kan? Ngga usah panik gengs, lingkari nomor soal tersebut (jika diperbolehkan), lalu lompati dulu. Kerjakan soal yang menurutmu lebih mudah dulu. Seperti poin 6  diatas, kamu bisa menghemat waktu dan terbukti cukup efektif. Setelah semua soal mudah terlewati, baru kembali lagi ke soal yang stuck  tadi.

8. Tanamkan hal ini dalam ingatanmu

Yang perlu diingat adalah tipe soal essay itu biasanya berkisar mengenai tiga hal yakni; definisi sesuatu, definisi sesuatu menurut tokoh tertentu, dan pendapatmu mengenai suatu masalah, Jadi, yang perlu kamu pelajari ya tentang hal itu. Jika tidak yakin dengan ingatanmu, kamu bisa dong latian soal dengan cara membuat pertanyaan sendiri lalu dijawab sendiri pada waktu belajar.

Nah itu tadi beberapa tips yang bisa kamu coba dalam mengerjakan soal essay gengs! Tapi semua tips diatas mungkin tidak akan berhasil jika kamu ngga belajar ya gengs! (nwrdhni)

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Alasan Kenapa Kamu Perlu Sesekali Duduk di Depan Saat Kuliah

Mahasiswa, Pastikan Kamu Sudah Memiliki Keahlian Ini