in

Berniat Puasa Gadget? Cek Manfaatnya Disini

Teruntuk kamu yang saat ini sedang merasa kesulitan untuk menahan rasa pengen pegang hape terus seharian, kamu perlu baca dulu artikel tentang kecanduan gadget disini. Atau kamu sudah merasa bahwa  kecanduan gadgetmu ini sangat berlebihan dan mengganggu, kamu bisa cek beberapa tips mengatasi kecanduan gadget versi ngampus disini ya gengs!

Masih berhubungan dengan gadget, seperti yang sudah dibahas di artikel-artikel sebelumnya bahwa mahasiswa masa kini cenderung sangat sulit untuk tidak merasa kecanduan untuk membuka smartphone atau gadget mereka meski dalam waktu yang sebentar, katakan lah satu jam saja, pernah ngga sih merasakan rasa bosan dalam ber-sosmed? Memang asik sih, main gadget, tapi pernah ngga sih kalian merasa bosan atau sudah berada di titik jenuh dan jadi malas untuk sekedar update status? Kamu bisa mensiasatinya dengan mencoba “puasa” gadget selama ya… minimal sau minggu lah.

Dalam kurun satu minggu kamu ngga pegang gadget, kamu akan mendapatkan banyak sekali manfaat seperti:

1. Memperbaiki komunikasi di dunia nyata-mu

Bersosialisasi merupakan hal yang gampang-gampang susah karena ya… dua orang yang berbeda tidak akan memiliki satu pemikiran yang sama persis kan? Dengan mulai puasa gadget, kamu bisa melatih atau memperbaiki gaya berkomunikasimu. Jika di sosmed kita mungkin kadang mengabaikan kaidah sopan-santun dalam berbahasa seperti yang selama ini dianjurkan di kampus, kamu bisa nih mulai mengubahnya di dunia nyata. Jika biasanya kamu akan asik sendiri ngobrol dengan teman via messenger atau WhatsApp, dengan tanpa adanya komunikasi yang kamu lakukan via gadget, mau tidak mau mengharuskan kamu untuk bersosialisasi secara langsung. Bertemu teman dan ngobrol banyak perlu untuk kamu lakukan lho gengs!

2. Menggunakan waktu untuk aktivitas yang lebih berfaedah

ARTIKEL MENARIK LAINNYA  Hal Yang Perlu Dipertimbangkan Untuk Maba Perantauan

Berbicara mengenai faedah, atau manfaat, kamu yang selama ini menghabiskan terlalu banyak waktu dengan gadget-mu mungkin akan jadi malas membereskan kamar atau menunda kegiatan-kegiatan basic-mu lainnya. Dengan membatasi dirimu untuk sementara tidak menggunakan gadget atau puasa gadget, kamu bisa nih mulai melakukan aktivitasmu yang tertunda yang tentunya akan lebih berfaedah daripada ber-swa foto. Ngga usah takut mati gaya, ada banyak lho kegiatan yang bisa kamu lakukan tanpa gadget atau smartphonemu gengs!

3. Kamu akan ebih mencintai dirimu dengan tidak membandingkan dirimu dengan orang lain di sosial media sana

Dengan puasa gadget, kamu tidak akan memiliki alasan untuk membuka gadget dan stalking akun sosmed para mantan. *etdah haha. Mau tidak mau kamu akan terbebas dari standar-sosial-media yang menampilkan sederet kebahagiaan sebagai cerminan nyata atau hanya kebahagiaan semu alias pencitraan. Kebutuhan untuk diakui juga kadang membuatmu merasa ingin seperti yang lain dan secara tidak sadar membandingkan dirimu dengan orang lain. Yang perlu kamu ingat gengs, segala yang kamu lihat di sosial media temanmu, merupakan main stage mereka, tempat terbaik mereka, kondisi terbaik mereka, yang tidak bisa kamu samakan dengan keadaan “backstage”-mu yans sudah pasti akan jauh berbeda.

4. Memiliki cukup waktu untuk dihabiskan dengan orang tersayang

Dengan tidak ada nya gadget atau dalam hal ini smartphone, kamu bisa memanfaatkan waktu yang ada untuk keluarga. Sekedar ngobrol santai sambil minum teh dan menikmati sore yang indah, atau rumpi cantik tentang isu yang sedang hangat dibicarakan, sampai berbicara mengenai artis yang lagi masuk di akun gosip ternama, bisa kamu coba lakukan guna mengisi kekosonganmu tanpa gadget atau smartphone. Menghabiskan waktu untuk orang tersayang juga bisa memperbaiki hubunganmu dengan keluarga ya gengs!

5. Tidur lebih nyenyak dan say goodbye to insomnia

ARTIKEL MENARIK LAINNYA  Skincare Wajib untuk Mahasiswa

Kamu yang biasanya main game online di smartphone sampai malam atau bahkan pagi hari (karena sinyal di jam-jam ini pasti kenceng), sampai merelakan waktu tidur enak-mu yang pada akhirnya akan membuatmu terkena insomnia, bisa dong coba puasa gadget. Dengan tidak adanya gadget, mau tidak mau kamu akan mencoba untuk tidur lebih cepat. Dengan tidur yang lebih awal, tubuhmu akan memperoleh cukup waktu untuk istirahat dan kembali fresh di pagi harinya.

6. Mengembangkan hobi 

Pernah ngga sih berpikir jika kamu sebenarnya memiliki bakat di bidang tertentu, atau suka atau punya hobi di bidang tertentu tetapi malas untuk mengembangkannya karena udah asik sama gadget atau smartphone. Dengan puasa gadget, kamu tidak akan lagi punya alasan untuk tidak mencari aktivitas lain macam mengembangkan hobi masak-mu atau coba mainkan alat musik andalanmu. Kamu akan memiliki cukup waktu untuk menekuni hobi yang kamu sukai. Siapa tau kan, dari hobi jadi money. 

Puasa gadget atau tidak menggunakan gadget selama kurun waktu tertentu memang tidak akan mudah di awal gengs! Tapi buat kamu yang merasa ingin menyudahi perbudakan (buset perbudakan…) yang dilakukan gadget terhadapmu, kamu bisa kok coba untuk melakukannya. Karena dengan adanya gadget, sebenarnya, secara tidak sadar semakin sering kita menggunakannya, akan timbul kecenderungan lupa waktu dan kebiasaan tersebut nantinya akan sulit untuk dihilangkan. Jadi, sebelum terlambat, kamu bisa nih cek beberapa tips untuk mengatasi kecanduan gadget, atau kamu yang merasa belum yakin apakah kamu termasuk orang yang kecanduan gadget, ngampus pernah bahas ciri-cirinya disini.

Teruntuk kamu yang jadi termotivasi untuk puasa gadget, jangan lupa mantapkan diri dan jangan tergoda yaa! Haha. Semoga artikel diatas dapat membantu. (nwrdhni)

ARTIKEL MENARIK LAINNYA  Tips Biar Liburanmu Sedikit Berfaedah

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

5 Alasan Kenapa Cewek Cantik dan Pintar Justru Susah Dapar Pacar

Tips Mendaki Gunung Untuk Pemula