in

Bingung Membagi Waktu Antara Kuliah dan Organisasi? Ini Tipsnya

Saat mulai memasuki dunia perguruan tinggi, salah satu suguhan yang diberikan pada masa orientasi adalah perkenalan organisasi apa saja yang ada di kampus. Mulai dari himpunan mahasiswa di tiap jurusan, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), hingga berbagai macam Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang unik dan belum pernah kita temui semasa sekolah. Organisasi kampus memang memiliki beragam manfaat bagi mahasiswa yang mengikutinya. Kita bisa mendapatkan berbagai pengalaman yang tidak didapatkan dari perkuliahan di kelas seperti pengalaman rapat, mengadakan program kerja, mencari sponsor dan sebagainya. Banyak suka dan duka yang dialami oleh para aktivis kampus ini. Mulai dari banyak kenalan di dalam maupun di luar kampus, bertukar pikiran dengan para senior, pulang rapat hampir tiap malam, hingga selalu dikejar target. Mengikuti organisasi kampus ini bisa dikatakan sangat seru apabila kita menikmatinya. Saking antusiasnya, terkadang kita tidak dapat membagi waktu antara organisasi dengan kuliah. Selain dengan menjadi mahasiswa yang seimbang, bagaimana cara membagi waktu antara kuliah dan organisasi yang tepat sehingga tidak ada salah satu pihak yang dikorbankan? Berikut ini tipsnya.

1. Pilih Organisasi yang Bagus

Banyak sekali tawaran organisasi bagi para mahasiswa baru. Seringkali kita terlena dan menerima  dengan segudang tawaran organisasi. Hal ini tentu tidak baik karena akan mengganggu perkuliahan kita. Lebih baik kita memilih organisasi yang sangat sesuai dengan diri kita. Mulai dari kesesuaian waktu, hingga kesesuaian dengan passion kita. Memilih untuk tidak berorganisasi juga dinilai tidak tepat. Karena lewat organisasi , kita dapat melatih skill dan berbagai kemampuan non akademik.

2. Ukur Kemampuan Diri

Setiap orang memiliki kemampuan yang berbeda-beda. Jika kita merasa tidak sanggup untuk mengemban banyak pekerjaan dalam organisasi, maka tolaklah dengan halus. Karena, sesuatu yang dipaksakan tidak akan membuahkan hasil yang maksimal.

ARTIKEL MENARIK LAINNYA  Millennial, Pekerjaan ini Mungkin Cocok Untukmu

3. Tentukan Skala Prioritas

Menyusun rencana dan menentukan skala prioritas adalah langkah yang harus diambil sebelum mulai berorganisasi. Dengan menentukan skala prioritas kita dapat memutuskan mana hal-hal yang lebih penting daripada yang lain. Misalnya ketika kita dihadapkan dengan dua tanggung jawab yang datang bersamaan antara tugas dan organisasi, kita harus bisa menentukan mana yang lebih penting dan lebih utama. Setelah itu baru kita kerjakan pekerjaan yang lain. Organisasi memang penting namun kita tetap harus fokus dengan kuliah kita agar mencapai tujuan yang kita impikan selama ini.

4. Buat To – Do – List Supaya Teratur

Apabila kita selalu bingung mana hal yang harus dikerjakan terlebih dahulu, ada baiknya membuat memo untuk mengingatkan kita apa yang saja yang harus dikerjakan. Dengan begitu jadwal kita akan lebih teratur dan semua tugas dapat terselesaikan dengan baik satu persatu, baik itu tugas kuliah maupun tugas di organisasi.

5. Pintar-Pintar Membagi Waktu

Kemampuan membagi waktu sangat dibutuhkan di dunia kampus. Di saat kita mengikuti organisasi baik di dalam maupun di luar kampus, kita akan dihadapkan dengan pilihan mengerjakan tugas kuliah atau pergi mengikuti rapat organisasi di kampus. Kita mungkin dapat memilih keduanya jika kita dapat memanfaatkan waktu luang untuk mengerjakan tugas kuliah. Jadi, saat rapat berlangsung, kita tidak perlu pusing memikirkan tugas kuliah yang belum dikerjakan. Intinya gunakan waktu yang ada sebaik mungkin.

6. Disiplin

Disiplin adalah kunci utama keberhasilan. Termasuk pada persoalan membagi waktu yang tepat antara kuliah dan organisasi. Disiplinlah pada tujuan kita sehingga antara kuliah dan organisasi dapat berjalan dengan seimbang.

7. Jangan Lupa Istirahat

ARTIKEL MENARIK LAINNYA  Tips Lancar Bimbingan Skripsi

Saat kita lelah akan tugas yang menumpuk baik dari perkuliahan maupun organisasi, maka beristirahatlah. Kita bisa istirahat sejenak dengan jalan-jalan, pergi bersama teman, atau hanya menikmati me time di rumah atau kos. Jangan lupa istirahat yang cukup karena jika istirahat kita cukup, kita akan lebih bertenaga dalam menghadapi tugas-tugas dan terhindar dari sakit.

Itu tadi tujuh tips yang bisa kamu coba untuk mengatur waktu antara kuliah dan organisasi. Jangan sampai kuliah keteteran karena organisasi atau tanggung jawab di organisasi tidak bisa diemban dengan baik karena mengerjakan tugas kuliah. Baik kuliah dan maupun organisasi sama-sama memiliki banyak manfaat untuk masa depan kita. Usahakan keduanya bisa berjalan beriringan dan seimbang tanpa mengorbankan salah satunya ya. (rizkiift)

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Waspada! Ini Bedanya Teman Tulus Dengan Teman ‘Tisu’

Bukan Ekstrovert Bukan Juga Introvert, Mungkin Kamu Termasuk Ini