in

Bisnis Sampingan yang Cocok Buat Mahasiswa

Sebagai mahasiswa multifungsi, selain menuntut ilmu, tidak ada salahnya kan kamu mencoba merangkai masa depan dengan mulai memikirkan bisnis apa yang kira-kira cocok untukmu. Karena modal yang kamu punya masih belum memungkinkan untuk membuat bisnis yang besar, kamu bisa kok mulai dengan mencoba bisnis kecil-kecilan. Masih belum terpikirkan bisnis apa saja yang mungkin  bisa kamu coba untuk awalan? Berikut ngampus pilihkan beberapa bisnis yang bisa kamu coba dengan modal terbatas. Scroll down yaa..

1. Jasa Penerjemah 

Bisnis sampingan tanpa modal ini memang sangat hype di kalangan mahasiswa bahasa atau yang memiliki kemampuan di bidang Bahasa. Dengan modal nol rupiah, kamu bisa langsung membuka jasa penerjemahan. Dengan memanfaatkan teknologi yang ada saat ini, kamu bisa lho buka jasa penerjemahan online. Jika kamu hanya menguasai satu atau dua bahasa, kamu bisa kok bekerjasama dengan mahasiswa jurusan bahasa asing lainnya seperti bahasa Mandarin, Jepang, Perancis, Arab dan lain sebagainya. Dengan bermodalkan laptop, kamu bisa mendapat penghasilan tambahan yang terbilang lumayan lho. Bayangkan, rate penerjemahan dari bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia pada umumnya adalah 100 rupiah per kata atau 25 ribu rupiah per halamannya. Jika klien kamu meminta kamu untuk menerjemahkan 4 halaman saja, dalam sekali job kamu sudah mendapatkan 100 ribu lho! Lumayan kan?

2. Bisnis jajanan / snacks 

Mahasiswa seringkali kelupaan untuk sarapan sebelum berangkat ke kampus dan malas untuk ke kantin karena jam kuliah yang mepet atau letak kantin yang jauh dari gedung perkuliahan. Hal ini bisa kamu manfaatkan untuk membuka bisnis makanan atau makanan ringan di kampus nih gaes! Untuk membuka usaha ini, kamu membutuhkan modal awal untuk membeli perlengkapan bisnismu seperti keranjang besar atau kotak makanan besar untuk tempat daganganmu nantinya. Untuk kamu yang hobi masak, kamu bisa lho menyalurkan hasrat memasakmu disini. Lumayan kan selain mengasah kemampuan memasakmu, kamu bisa mendapatkan uang dari bisnis ini. Jika kamu tidak sempat memasak, kamu  bisa lho membeli nasi kuning, nasi goreng dan makanan lainnya di pedagang yang menjual pusat jajanan, untuk mengambil untung kamu bisa menaikkan harga jualnnya sedikit lebih mahal. Tapi dalam berjualan makanna ini kamu harus bisa mengatur management keuangan kamu. Jangan sampai besar modal daripada penghasilan ya gaes!

ARTIKEL MENARIK LAINNYA  List Situs yang Berguna Untuk Skripsimu

3. Bisnis Joki Game

Nah buat kamu yang hobi ngegames dan merasa pro di bidang ini, bisa lho kamu buka usaha joki games. Hanya bermodalkan laptop atau handphone, dan paketan internet kamu bisa mendapatkan uang lebih dari usaha jadi joki game ini. Ada banyak games yang bisa kamu manfaatkan nih gaes, ada game  rpg, game adventure yang levelnya ngga abis-abis, game dota 2 (joki boosting mmr), game point blank, sampai game mobile legend yang sekarang lagi booming, bisa kalian manfaatkan. Biasanya, mereka yang pengen keliatan pro dan gaya-gayaan dengan rank tinggi tapi males dan udah frustasi karena main game rank atau bintang-nya ngga naik-naik akan mencari jasa joki games. Lumayan lho, kamu bisa menerapkan sistem tarif tiap naik satu bintangnya. Selain bisa menyalurkan hobimu bermain game, kamu juga bisa dapet duit jajan lebih nih dari sini. Tapi inget ya sobat ngampus, jangan sampe keasikan jadi joki games membuat kuliahmu terbengkalai.

4. Bisnis Online Shop

Bisnis keempat yang bisa mahasiswa coba adalah online shop.Banyak lho mahasiswa yang punya bisnis sambilan online shop macam baju, jilbab, sepatu, jam tangan bahkan kosmetik. Ada banyak platform jual beli online yang menawarkan kemudahan jaminan keamaan dalam bertransaksi di dunia maya. Bisnis ini tidak hanya untuk teman-teman kampusmu karena skala online-nya yang mencakup se-Indonesia, kamu juga perlu mencari tahu bagaimana dan jasa kurir apa saja yang bisa menjangkau lokasi konsumenmu yaa sobat ngampus. Kalau kamu nggak pengen ribet, ada nih caranya, kamu bisa menjadi reseller atau dropshiper, jadi, semua orderan yang kamu dapatkan,kamu orderkan ke seller lain yang jadi produsenmu untuk selanjutnya disiapkan dan dikirim oleh produsenmu ke tempat dimana konsumenmu berada. Tapi jangan lupa bilang ke seller produsenmu untuk mencantumkan nama online shop mu yaa, salah-salah malah nama online shopnya yang dicantumkan. Duh…

ARTIKEL MENARIK LAINNYA  Tips Biar Liburanmu Sedikit Berfaedah

5. Bisnis Online Programmer Web atau Blogger

Jika kamu mahasiswa jurusan IT atau, yang tertarik dan berkompeten di bidang ini, kamu bisa lho coba untuk membuka bisnis online programmer web dan blogger. Disini kamu bsa menawarkan jasa pembuatan situs website, blog atau e-commerce. Ada banyak yang bisa kamu lakukan, seperti ikutan Pay-Per-Click, Pasang iklan, atau menjual produk dari blog. Yang perlu kamu tahu, jika situs atau blog tersebut banyak dikunjungi dan viral, kamu bisa menawarkannya ke perusahaan yang memiliki relevansi dengan kontent yang ada di blog atau website kamu. Menarik yaa…

6. Bisnis Jastip atau Jasa titip

Bisnis yang satu ini lagi hits nih di kalangan mahasiswa. Yang perlu kamu lakukan hanyalah kesediaan untuk membelikan titipan klien kamu untuk selanjutnya kamu kirimkan atau kamu antarkan ke lokasi klienmu. Mudah ya? Memang…  Kamu bisa mengambil keuntungan dengan menambah ongkos titip. Bisnis jastip ini juga beragam, tawarkan makanan yang sedang hits di kotamu seperti misal cake artis yang sedang hits di kotamu, atau kosmetik atau apapun yang sedang hype di kotamu dan jarang ada di kota lain. Jangan lupa untuk terus mempromosikan jasa titipmu ini di sosial media yang kamu punya, karena semakin sering di share, semakin besar kesempatanmu untuk mendapat klien yaah…

7. Bisnis makelar kost-kost an

Yaap mumpung sebentar lagi tahun ajaran baru nih, pasti banyak mahasiswa dari luar kota yang mungkin sedang cari kosan. Kamu bisa memanfaatkan hal ini dengan menjadi makelar kosan nih. Untuk tahap awal hal yang harus kamu lakukan adalah cari tahu sebanyak mungkin kosan disekitar kampusmu beserta harganya. Kamu juga bisa mengajak pemilik kos untuk bekerjasama yaa sobat ngampus! Tugasmu mencarikan kos dan mempertemukan klienmu ini dengan sang pemilik kos. Kamu harus menjaga komunikasi yang baik dengan pemilik kos yaa. Sebagai marketing dan makelar kosan kamu akan diberi upah untuk jasamu ini. Lumayan kaan setiap orangnya kamu hargai 50ribu misalnya, jika ada 5 orang, sudah 250 ribu. Wow…

ARTIKEL MENARIK LAINNYA  Laptopmu Sering Mati Sendiri? Lakukan Cara ini

8.  Bisnis Make Up Artist (MUA)

Satu lagi nih bisnis yang lagi hype di kalangan mahasiswa terutama mahasiswa dari jurusan seni. Jika musim wisuda datang, banyak mahasiswi yang membutuhkan jasa make up artist atau MUA agar dapat terlihat cantik dan menawan di prosesi wisuda. Beberapa mungkin akan menyewa jasa make up di salon, tapi banyak lagi lainnya yang membutuhkan jasa make up artist yang ekonomis. Nah, jika kamu hobi touch up dan berpengalaman men-touch up temen-temenmu, ngga ada salahnya kan kamu coba. Untuk pemula, pasang tarif dasar aja yaa, sekali make up dibawah 100 ribu misalnya. Bermodalkan alat make up yang kamu punya, bisa jadi duit kan?

Nah, kamu sedang cari bisnis sampingan untuk menambah uang jajanmu? Bisa lho kamu coba beberapa bisnis diatas. Selamat mencoba… (nwrdhni)

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Comments

comments

Guys Ujian Mandiri PTN Tanpa Tes

Guys Ujian Mandiri PTN Tanpa Tes Lho!!!

10 Kebiasaan Mahasiswa Sukses