in

Design CV Ini Mungkin Bisa Menarik HRD Perusahaan Idamanmu

Setelah wisuda selesai dilaksanakan, sebagian dari kalian mungkin akan merasa “lega” dan bahagia karena telah berhasil “lolos” dari bangku perkuliahan. Mostly sih gitu yaa… Tapi, jangan lupa, setelah lulus dan diwisuda, ada hal lain yang harus mulai kalian pikirkan juga. Yap! Apalagi kalau bukan job hunting alias cari kerja! Dunia kerja mungkin terlihat lebih “enak” karena kita akan dibayar sesuai dengan apa yang menjadi tugas kita, berbeda dengan kuliah yang memang mengharuskan kita untuk menuntut ilmu.  Mungkin setelah wisuda banyak yang sudah berangan-angan ingin masuk ke Perusahaan A, atau B atau malah C dengan salary yang pasti beragam. Tapi perlu kalian ingat juga, satu kali wisuda, ada berapa ribu mahasiswa yang diwisuda? Sebanyak itulah kira-kira sainganmu dalam mencari kerja. Itu baru di satu universitas yaa, belum pesaing dari universitas lain yang mungkin, akreditasinya lebih baik daripada universitasmu. yah…

Tapi jangan patah semangat! Selain berdoa, kamu juga perlu mengupayakan agar HRD perusahaan idamanmu at least notice dengan lamaranmu. Caranya mungkin kamu perlu mengubah sedikit CV-mu supaya terlihat lebih eye-catching dan menarik.

CV atau Curriculum Vitae merupakan aspek nomor wahid yang membuat lamaranmu “terlihat” menjual atau menarik di mata HRD. Selain menunjukkan informasi dan kualifikasimu, CV juga sebaiknya berisikan sisi kelebihanmu dibanding pelamar lainnya. Tidak hanya menarik, tetapi CV yang kamu buat juga harus berbeda dan spesifik sesuai dengan bidang yang akan dilamar.

Belum ada ide? Berikut beberapa contoh CV menarik yang ngampus kumpulin buat kamu. Check it out…

1. CV Bentuk Booklet

https://theultralinx.com/.image/t_share/MTI5MDI1MjcyMjU4MjcwNDgy/f111ac80799b8956cfe5376627abc6cb.jpg

Karena CV tidak melulu harus di kertas putih,kan? Kamu bisa mencoba dalam bentuk booklet juga, lebih eye-catching euy! Yang perlu kamu lakukan adalah membuat CV mu dalam format biasa, tapi dalam proses pengeprinan ubah print propertiesnya menjadi 2 sides per page. Jangan lupa pilih background berwarna gelap yaa supaya lebih elegan.

ARTIKEL MENARIK LAINNYA  Waspada! Ini Bedanya Teman Tulus Dengan Teman ‘Tisu’

2. Design 3D memang lagi hype 

Teruntuk kamu yang senang dengan kerajinan tangan, tidak ada salahnya kamu mencoba membuat design CV-mu menjadi 3D. Dengan warna-warna pastel dan design 3 dimensi dijamin HRD perusahaan idamanmu tidak akan melewatkan CV-mu begitu saja. Ngga percaya?

3. Design Infographic juga bisa kamu coba yaa!

Jika kalian tipe orang yang simple dan tidak suka banyak tulisan di CV, kalian bisa coba design infographic yaa, selain lebih menarik karena berisikan gambar-gambar, informasi yang disajikan juga akan lebih cepat didapat jika dibandingkan dengan CV yang berisi sederet panjang tulisan.

4. Design menggunakan Google Map, Kalau ini sih kelewat keren!

Buat kamu yang memang suka dengan dunia IT, tidak ada salahnya kamu coba design ini yaa! Selain super keren dan ngga biasa, CV dengan design ini juga sebagai bukti bahwa kamu sudah “melek” teknologi. Wah bisa jadi nilai plus tuh!

5. Karena di kertas sudah too mainstreamUntuk kamu yang hobi jahit menjahit, design CV macam ini mungkin akan kamu sukai. Selain menarik dan jarang digunakan, design yang unik ini juga mencerminkan bahwa kamu adalah pribadi yang tekun, ulet dan pantang menyerah. Bayangkan saja betapa ribetnya membuat resume diatas kain. Nah itu bisa jadi poin plus-mu selanjutnya.

6. Paket CV lengkap!

Yap! untuk kamu yang bosan dengan amplop cokelat yang biasa kamu gunakan untuk mengirim lamaranmu, design CV model amplop paketan begini mungkin bisa kamu coba! Selain multifungsi, di dalam CV-model-amplop-paketanmu juga bisa kamu sertakan lamaran kerja, fotokopi berbagai sertifikat yang pernah kamu ikuti dan dokumen penunjang lainnya.

7. Design supercool!

ARTIKEL MENARIK LAINNYA  Tips Memanfaatkan Nasi Sisa Buat Akhir Bulan yang Bahagia

Pernah terpikir untuk membuat CV-mu dalam bentuk produk? Kalau belum dan ingin mencoba, kamu bisa contoh design milik Andy Morris diatas. CV model ini mungkin akan cocok dipakai untuk kamu yang melamar di bagian design. Selain eye-catching, HRD tempatmu melamar juga pasti akan mempertimbangkan sisi kreatif mu ini.

Itu tadi beberapa contoh design CV  yang unik dan tidak biasa, yang bisa kalian coba untuk mendapat perhatian HRD perusahaan idamanmu. Tetapi, tetap sesuaikan dengan bidang atau posisi yang akan kamu lamar yaa! (nwrdhni)

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

What do you think?

1 point
Upvote Downvote

Total votes: 1

Upvotes: 1

Upvotes percentage: 100.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Dosen Gaib Tinggi Besar di Kampus UNNES

10 Checklist Wajib Mahasiswa Baru

10 Checklist Wajib Mahasiswa Baru