in

Guys Ujian Mandiri PTN Tanpa Tes Lho!!!

Guys Ujian Mandiri PTN Tanpa Tes

Halo guys.. kalian yang belum berhasil masuk Perguruan Tinggi Negeri melalui jalur SNMPTN dan SBMPTN jangan khawatir. Tenang saja,  masih ada jalur lain, yaitu Ujian Mandiri. Siapa bilang kalau kita harus belajar lagi untuk Ujian Mandiri? Sebab tidak semua jalur tersebut menggunakan sistem tes yaaaa….

Karena di berbagai  Perguruan Tinggi Negeri ( PTN ) mulai menerapkan aturan baru pada penerimaan mahasiswa jalur mandiri yaitu dengan memanfaatkan nilai Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri ( SBMPTN ). Dengan demikian calon mahasiswa yang melalui jalur mandiri nggak perlu repot menjalani berbagai ujian dan tes untuk masuk jalur seleksi mandiri PTN berikut ini.

Cukup dengan mendaftar, duduk santai, dan pastikan kamu ikutan SBMPTN 2018. Yup, berdasarkan Peraturan Menristekdikti no. 126 tahun 2018, PTN bisa melakukan seleksi mandiri dengan memakai hasil nilai SBMPTN. Nah, beberapa kampus menerapkan hal tersebut. Hasil SBMPTN pun menjadi penentu apakah peserta lolos seleksi mandiri atau tidak.

http://www.beritainspiratif.com/wp-content/uploads/2018/04/IMG-20180430-WA0032-300×183.jpg

Hal tersebut juga tertuang dalam Permenristekdikti Nomor 126 Tahun 2018. Dalam Pasal 12 ayat 2 disebutkan persyaratan penerimaan mahasiswa baru berbunyi “Seleksi mandiri yang dilaksanakan PTN menggunakan atau memanfaatkan nilai hasil tes SBMPTN yang difasilitasi oleh Panitia Pusat.’’

Namun selain yang di atas tadi kalian juga harus memperhatikan hal – hal berikut:

  1. Emang sih kalian tidak dituntut melakukan tes saat ujian mandiri. Tapi syarat utamanya kalian harus ikut SBMPTN. Kalau nggak ikutan SBMPTN, ya bye dehh! Kan seleksinya pake nilai SBMPTN.
  2. Sistem seleksi mandiri dengan nilai SBMPTN jelas merupakan efisiensi. DI samping itu PTN juga nggak  repot membuat materi tes dan menggelar ujian akbar. Bagi peserta pun juga lebih efisien, karena nggak perlu menjalani ujian lagi. Bayangin kalau PTN incaran kita ada di luar kota, atau kalau pengen ikutan seleksi mandiri di lebih dari satu kampus. Bakalan keluar banyak energi dan biaya untuk ikutan ujian.
  3. Berhubung nilai SBMPTN sangat di gunakan, maka kalian harus berjuang ekstra bahkan mati – matian dalam seleksi. Kegagalan di tes tersebut nggak hanya memupuskan peluang tembus SBMPTN tapi juga kesempatan masuk ujian mandiri.
  4. Kamu bisa memilih prodi yang berbeda dengan pilihanmu pada SBMPTN. Ya, siapa tahu kamu berubah pilihan. Bahkan di beberapa kampus, selain memilih prodi S1 kamu juga bisa memilih prodi D3. Nggak cuma itu, kamu juga bisa memilih PTN yang nggak kamu pilih pada SBMPTN.
  5. Jumlah pilihan program studi berbeda-beda, tergantung masing-masing PTN. Sama halnya dengan SBMPTN di UM pun urutan pemilihan prodi menunjukkan prioritas.
  6. Walau bisa memilih prodi yang beda, tapi tipe prodi yang dipilih harus sama dengan tes pada SBMPTN. Artinya, jika di SBMPTN mengambil tes Soshum maka hanya bisa memilih prodi Soshum, jika Saintek maka hanya bisa memilih prodi Saintek, sedangkan bagi yang ikutan tes Campuran bisa memilih keduanya. Trus, kalau mau memilih program Ujian Keterampilan (UK), kamu harus memilih UK yang sejalan pada SBMPTN. Kecuali jika ada ketentuan khusus di PTN yang ditujukan.
  7. Bagi yang sudah diterima di SBMPTN otomatis nggak diseleksi di jalur mandiri. Jadi nggak akan dobel (hehehe…)
  8. Seleksi dilakukan masing-masing kampus dengan mengolah hasil SBMPTN. Jadi kamu perlu cek syarat dan ketentuan di PTN yang dituju.
ARTIKEL MENARIK LAINNYA  Part 2 : 10 Program Studi Banyak Diminati Calon Mahasiswa Baru

Simak berikut ini contoh PTN yang Ujian Mandirinnya tanpa tes, yaitu:

#1 Universitas Sebelas Maret (UNS)

Pendaftaran jalur mandiri tanpa tes di UNS dibuka pada 26 Juni sampai 7 Juli 2018. Kemudian diumumkan pada 20 Juli 2018, dengan ketentuan pilihan program studi yang diambil tidak harus sama dengan pilihan di SBMPTN. Namun, kelompok program studinya harus sama misalnya Saintek atau Soshum. Pendaftaran online: 26 Juni – 7 Juli. Dengan ketentuan pilihan program studi: 4 prodi, maksimal 2 prodi jenjang S1 dan 1 prodi jenjang D3. Serta biaya pendaftaran Rp200,000

#2 Universitas Airlangga (Unair)

Seperti dilansir dari laman Unair, Sabtu (7/4/2018), peserta yang akan mengikuti seleksi penerimaan mahasiswa baru jalur mandiri jenjang sarjana, diharuskan untuk mengikuti seleksi penerimaan mahasiswa baru melalui jalur SBMPTN 2018.

Kemudian catatan penting lainnya, untuk peserta kelompok ujian IPA di SBMPTN 2018, yang akan memilih program studi IPS di jalur mandiri Unair, wajib mengikuti kelompok ujian campuran di SBMPTN 2018. Terakhir, untuk jadwal pendaftaran akan dilangsungkan pada 4 sampai 11 Juli 2018, yang hasilnya diumumkan pada 19 Juli 2018.Dengan pilihan prodi: 2 prodi soshum/saintek dan 4 prodi campuran. Kemudian biaya Pendaftaran: Rp300,000 (Saintek/Soshum) dan  Rp500,000 (Campuran)

#3 Universitas Jendral Soedirman (Unsoed)

Dalam Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) Unsoed, tidak hanya ada tes tulis saja namun ada juga jalur tanpa tes. Dengan catatan bahwa salah satu pilihan saat SBMPTN adalah Unsoed. Pendaftaran SPMB Unsoed tanpa tes ini akan berlangsung pada 25 Juni sampai 6 Juli 2018, yang hasilnya diumumkan pada 20 Juli 2018. Serta Pilihan prodi: 2 prodi S1 dan 2 prodi D3. Dengan biaya pendaftaran Rp150,000

#4 Universitas Padjajaran (Unpad)

ARTIKEL MENARIK LAINNYA  Bukan Ekstrovert Bukan Juga Introvert, Mungkin Kamu Termasuk Ini

Seleksi jalur mandiri Unpad tanpa tes hanya diadakan di kampus Pangandaran dan Garut, yaitu untuk beberapa program studi luar kampus utama Pangandaran, seperti ilmu sosial dan ilmu politik, ilmu komunikasi, peternakan, keperawatan, perikanan dan ilmu kelautan, serta program studi S-1 keperawatan yang ada di Garut. Dengan jadwal sebagai berikut, pembelian pin dilakukan pada 2 Mei hingga 29 Juni 2018, pendaftaran online pada 2 Mei 2018 hingga 30 Juni 2018, sementara hasil diumumkan pada 15 Juli 2018.

#5 Institut Teknologi Sepuluh November

Untuk seleksi jalur mandiri ITS ini memulai pendaftaran pada tanggal 15 Mei – 6 Juli 2018 pukul 18.00. Dengan jadwal pengumuman 10 Juli. Serta syarat dan ketentuan untuk pemilihan prodi sesuai yang telah di pilih pada seleksi SBMPTN seperti SOSHUM atau SAINTEK kemudian CAMPURAN bias memilih keduanya dengan pilihan prodi 3 prodi S1. Dan biaya pendaftaran Rp250,000. Perlu diingat juga daya tamping untuk S1 hanya 30%.

#6 Universitan Negeri Yogyakarta

UNY ini memiliki 3 jalur seleksi diantarannya SBMPTN, Jalur Mandiri serta berdasarkan prestasi. Seleksi Ujian Mandiri UNY dengan jadwal pendaftaran tanggal 2 Juni – Juli 2018, Pengumuman 10 Juli 2018. Serta Ketentuan pilihan prodi, 2 prodi untuk S1 atau D3.

#7 Universitas Negeri Malang

Jadwal seleksi ujian mandiri UNM, pendaftaran pada tanggal 21 Juni – 10 Juli 2018, Pengumuman 18 Juli 2018 pukul 19.00. Kemudian ketentuannya adalah 2 program study untuk S1. Dan biaya pendaftaran Rp 200.000.

#8 Universitas Pendidikan Indonesia

Pendaftaran pada tanggal 11 Mei – 11 juli 2018

*Informasi selengkapnya akan diupdate kemudian

So, jangan pernah patah semangat ya, sebab pendidikan itu penting. Mungkin di jalur Ujian Mandiri lah kalian menemukan keberuntungan. Tidak ada kata gagal, sebab kegagalan adalah awal dari sebuah kesuksesan. Yuk! Coba Ujian Mandiri tanpa tes!

ARTIKEL MENARIK LAINNYA  Kamu Tipe Mahasiswa Ekstrovert? Profesi Ini Mungkin Cocok Buat Kamu

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Tips PDKT A la Kakak Angkatan di Kampus

Tips PDKT a la Kakak Angkatan ini Ampuh, lho! Berani Coba?

Bisnis Sampingan yang Cocok Buat Mahasiswa