in

Hai Mahasiswa, Ini 6 Tanda Kalau Sikap Kamu Sudah Dewasa

Menempuh pendidikan kuliah menjadi pilihan yang paling masuk akal untuk menyiapkan diri ke jenjang yang lebih kompetitif, yakni karier profesional. Mahasiswa jadi lebih siap menjalani kehidupan selanjutnya karena merasa sudah memiliki bekal ilmu yang dipelajari selama kuliah.

Namun ilmu tentang sains dan humaniora pun tidak cukup jika belum diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Butuh penerapan yang nyata agar soft skills turut serta berkembang dan membantu menjadikan diri kita lebih siap lagi. Di antara beberapa soft skills tersebut, terdapat satu sifat yang agaknya sangat sulit didapat: kedewasaan.

Apalagi dalam kondisi media sosial yang tanpa sekat, banyak orang tidak memiliki tanggung jawab dengan seenaknya mencerca orang lain. Ini adalah salah satu bentuk sifat yang belum dewasa. Semoga kamu tidak termasuk dalam golongan pencerca tersebut, ya.

Baiklah, lalu apa tanda-tandanya kalau sikap kita sudah dewasa?

1. Bisa berpikir lebih rasional

Salah satu tanda kedewasaan seseorang, dia mampu mengelola emosinya. Dia mengontrol seluruh emosi yang akan dikeluarkan. Baik senang, sedih, kesal, marah, cemas, dan emosi-emosi lainnya.

Contoh, misalkan kamu dituduh merebut pacar teman kamu padahal sebenarnya tidak, maka kamu bisa menahan emosi marah. Alih-alih memarahinya, kamu memilih pergi dan mencari kesibukan supaya emosi tersebut tidak lagi muncul.

2. Peka terhadap hal sekitar

Menurut Ridwan Kamil, ada empat tipe pemuda di Indonesia. Pertama, pemuda cerdas tapi tidak peduli, yakni mereka yang berkarier di luar negeri dan tidak peduli masalah Indonesia. Kedua, pemuda tidak cerdas tapi peduli, yakni mereka yang sering demo dibayar. Ketiga, pemuda tidak cerdas dan tidak peduli, yakni mereka pelaku begal dll. Terakhir, pemuda yang cerdas dan peduli, yang semoga saja itu kamu.

ARTIKEL MENARIK LAINNYA  List Situs yang Berguna Untuk Skripsimu

Kepedulian terhadap lingkungan sangatlah penting dan menandakan klau kamu sudah dewasa. Apalagi untuk membuat perubahan peradaban. Orang-orang cerdas dan peduli seperti Ridwan Kamil haruslah tetap ada, agar Indonesia juga sedikit masalahnya.

3. Selalu berpikir sebelum bertindak

Begitu pentingnya sikap ini. Berpikir sebelum bertindak dalam segala situasi. Tanda kedewasaan seseorang ialah melakukan tindakan atas dasar alasan yang kuat. Bukan kecerobohan dan atas hawa nafsu semata.

Ceroboh dan terbawa emosi bukanlah sikap orang dewasa. Mereka yang dewasa selalu memikirkan akibat yang ditimbulkan. Jika tindakan yang akan dilakukan itu berakibat baik, maka dia lakukan. Sebaliknya, jika tindakannya buruk, maka dia tinggalkan.

4. Banyak meminta saran dari orang lain

Yaps. Banyak-banyak meminta saran, juga jadi tanda bahwa seseorang sudah memiliki sikap dewasa. Meminta saran merupakan hal yang sulit dilakukan. Terlebih dalam kondisi yang penuh gengsi seperti sekarang ini. Rasa-rasanya tidak ingin dianggap bodoh dengan meminta saran.

Namun, justru sebaliknya. Meminta saran menjadi hal yang lumrah bagi orang dewasa. Mereka butuh banyak masukan agar punya pertimbangan dalam melakukan sebuah tindakan. Ini ada hubungannya dengan poin ketiga juga, soal berpikir sebelum bertindak.

5. Bertanggung jawab

Tanggung jawab. Sebuah sikap yang tak kalah sulitnya dikelola oleh anak muda. Tanggung jawab di sini dibagi menjadi dua, yakni tanggung jawab moral dan tanggung jawab sebagai warga negara.

Sebagai mahasiswa, tentu kita bertanggung jawab atas apa yang telah kita pilih dulu. Bertanggung jawab menyelesaikan pilihan studi kita di kampus, misalkan. Bertanggung jawab menyelesaikan tugas kuliah, juga bisa. Ada beragam bentuk tanggung jawab yang bisa kita pelajari selama kuliah.

Dan kalau sudah terbiasa dengan sikap menyelesaikan apa yang telah kita mulai, setidaknya sudah menjadi bekal untuk belajar tanggung jawab yang lebih besar. Apalagi jika sudah memasuki dunia kerja nanti.

ARTIKEL MENARIK LAINNYA  Tips Membuat Catatan Lebih Menarik dan Efektif

6. Punya visi hidup

Bukan orang dewasa namanya kalau tidak memiliki visi hidup. Mereka yang dewasa benar-benar memikirkan apa yang ingin mereka capai. Mereka merancang sebuah rencana untuk mencapai tujuan tersebut. Visi yang menghidupkan jiwa mereka sebagai seorang manusia.

Ada beragam manusia dengan berbagai karakternya. Hal ini pun memengaruhi visi hidup yang dirancangnya. Visi hidup ini meliputi apa yang ingin ia berikan kepada lingkungan sekitarnya, atas bentuk tanggung jawab sebagai manusia yang dilahirkan di dunia.

Nah, itulah tadi sederet hal yang menandakan bahwa kamu sudah memiliki sikap dewasa. Dari keenam sikap tadi, mana yang menurutmu paling sulit dimiliki? Meskipun sulit, jangan patah semangat, ya!

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Ide Dekorasi Kamar Kosan Yang Ramah di Kantong Mahasiswa

Dilema SKTM dan Sistem Zonasi