in

Hal-hal ini Cuma Mahasiswa yang Kuliah Sambil Kerja yang Tahu

Memilih untuk kuliah sambil bekerja memang bukan merupakan hal yang mudah. Tetapi juga bukan hal yang sulit dilakukan karena tidak sedikit mahasiswa yang berhasil melakukannya. Kuliah sambil bekerja seringkali dilakukan para mahasiswa yang ingin membantu orang tua, terutama dalam hal finansial atau, mereka yang ingin menambah uang saku karena uang saku yang diberikan kurang. Banyak yang beranggapan bahwa kuliah dan bekerja itu tidak bisa berjalan ber-iringan. Siapa bilang gengs? Memang, tak sedikit tantangan yang harus kamu hadapi jika kamu sudah memilih untuk kuliah sambil bekerja. Yap! Dengan kuliah sambil bekerja, kamu akan dituntut untuk bisa berfokus pada dua hal yang berbeda di waktu yang berdekatan dan hal itu tentu tidak mudah untukmu yang belum terbiasa. Tapi gengs, kuliah sambil bekerja juga memiliki beberapa manfaat, lho! Selain menambah uang di dompet-mu, kuliah sambil bekerja juga bisa menambah relasimu. Ditambah lagi dengan pengalaman kerja yang nyata yang mungkin belum kamu dapatkan di perkuliahan. Mantap kan gengs? Nah berikut ini beberapa hal yang mungkin pernah dirasakan oleh mahasiswa yang kuliah sambil bekerja. Mungkin kamu pernah merasakannya? Check it out…

1. Bingung membagi waktu

Berdasarkan riset yang ngampus lakukan, sebagian besar mahasiswa yang memutuskan untuk kuliah sambil bekerja pasti pernah merasakan kebingungn dalam membagi waktu. Kenapa? Jadwal kuliah pengganti yang terkadang datang tiba-tiba memaksamu untuk memutar otak bagaimana caranya menyelesaikan pekerjaan sambil tetap mengikuti perkuliahan pengganti tersebut. Betul? Merasakan kebingungan dalam mengatur jadwal merupakan hal yang wajar di awal fase kuliah-sambil-kerja-mu gengs! Don’t worry… dengan tuntuntan dua dunia yang sama pentingnya, kamu akan lebih bisa menghargai waktu dan memanfaatkan waktumu sebaik mungkin. Waktumu jadi lebih berfaedah kan?

ARTIKEL MENARIK LAINNYA  Laptopmu Sering Mati Sendiri? Lakukan Cara ini

2. Ngantuk saat kuliah

Buat kamu yang memilih kerja part time di malam hari dan kuliah di pagi atau siang hari pasti pernah merasakan hal ini. Setelah lelah bekerja semalam, terkadang kamu jadi mengantuk dan tidak bersemangat di kuliah pagi harinya. Waduh… Hal ini bisa kamu siasati dengan kopi ya gengs! Minum kopi di pagi hari atau teh yang pekat mungkin bisa membantumu menjadi lebih bersemangat dalam menjalani kegiatanmu.

3. Terlena bekerja 

Tidak dipungkiri, mungkin sebagian dari kalian pernah terfikirkan bahwa bekerja itu terasa lebih menyenangkan dibanding kuliah. Atau kalian lebih prefer bekerja daripada kuliah. Kenapa gengs? Yap jawabannya mostly karena dengan bekerja kalian akan mendapatkan uang, sedangkan kuliah, kalian akan mendapatkan tugas. Laah… jangan sampai pemikiran macam ini membuat kalian terlena dan mengabaikan kuliah ya gengs! Karena biar bagaimana-pun, esensinya kalian bekerja adalah untuk membantu kuliah. Begitu?

4. Membawa kerjaan ke kampus, atau membawa tugas kuliah ke kantor

Karena tuntutan dua hal yang memang tidak bisa ditinggalkan, mahasiswa yang kuliah sambil bekerja terkadang membawa tugas kantor ke kampus atau membawa tugas kuliah ke kantor sebagai solusi alternatif. Karena mau tidak mau, mahasiswa yang kuliah sambil bekerja harus bisa memanfaatkan waktu sebaik mungkin guna menyelesaikan dua kewajiban yang sama pentingnya tersebut. Memilih untuk menyicil pekerjaan di waktu yang ada masih lebih bijak ya gengs, daripada menunda pekerjaan yang nantinya malah menambah beban pekerjaanmu.

5. “Sayang uangnya…”

Kamu yang sudah bekerja apalagi kuliah sambil bekerja pasti akan merasakan bagaimana rasanya berjuang dalam mendapatkan uang. Karena tau lelahnya bekerja, kamu jadi lebih bijak dalam mengeluarkan uang yang sudah kamu kumpulkan. Tidak mudah tergoda, jika biasanya mahasiswa lain akan melakukan “tuku-tuku sing ora perlu” atau dalam Bahasa Indonesia, beli yang sebenernya ngga kamu perlukan, kamu akan lebih berpikir “ah sayang uangnya…”.  Dengan prinsip itu kamu jadi lebih bisa memanage pengeluaranmu. Sip!

ARTIKEL MENARIK LAINNYA  Mahasiswa Berkantong Tipis, Kok Masih Hedonis dan Konsumeris?

 

6. Ribut sama pacar

Kamu yang kuliah sambil bekerja sambil… ehem, pacaran tentu memiliki pembagian waktu yang lebih complicated lagi. Jadwal bekerja yang tidak bisa diganggu gugat, dan jadwal kuliah yang kadang-kadang diganti karena dosen sibuk, masih ditambah dengan jadwal kencan yang jika tidak terpenuhi bisa menyebabkan perang. Haha. Yap! Tidak bisa dipungkiri, ketika pekerjaan lagi banyak-banyaknya, atau ketika tugas lagi banyak-banyaknya karena menjelang akhir semester, kamu pasti akan mengabaikan hal lainnya, termasuk pacaran. Jika kamu memiliki pasangan yang sama sibuknya, atau yang mungkin bisa maklum dan paham dengan kesibukanmu sih mungkin ngga masalah ya gengs! Yang jadi masalah adalah jika kebalikannya. Hehe… Jadi kebanyakan mahasiswa yang bekerja pasti belum memiliki pasangan alias jomblo, salah satu alasannya mungkin hal ini ya, gengs?

7. Punya link dimana-mana

Kuliah sambil bekerja membuatmu lebih terbuka dengan pergaulan di luar lingkup kampus. Kamu yang saat ini bekerja sambil kuliah tentu memiliki kenalan atau relasi yang lebih banyak karena lingkup yang sedang kamu jalani ini. Hal ini bisa jadi nilai plus yang perlu kamu syukuri nih gengs!

Gimana, pernah merasakan hal diatas? Atau mungkin kamu tertarik untuk kuliah sambil bekerja di semester depan? Ada banyak lho, pekerjaan paruh waktu yang bisa kamu kerjakan gengs! Kamu bisa cek beberapa kerja part-time yang cocok untuk anak kuliahan disini. Atau mungkin kamu pengen mencoba bisnis bermodal kecil? kamu bisa cek beberapa bisnis yang cocok untuk kamu coba disini. Pada kesimpulannya, dengan kamu memilih untuk kuliah sambil bekerja tentu kamu sudah siap dengan segala konsekuensinya yaa, gengs! Memang ada risiko yang mengikuti, tetapi ada banyak keuntungannya juga kan? Semangaaat! (nwrdhni)

ARTIKEL MENARIK LAINNYA  Mahasiswa, Pastikan Kamu Sudah Memiliki Keahlian Ini

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Jenuh Skripsi? Lakukan Hal Ini

Jangan Lakukan 7 Hal ini di Awal Masuk Kuliah