in

Hal – Hal Penting yang Perlu Mahasiswa Siapkan sebelum Mudik

Libur tlah tiba, libur tlah tiba, hore… hore… hore, horeee! Libur panjang kali ini selain disponsori libur semester juga libur menjelang hari raya Idul Fitri. Menjelang Idul Fitri, ada tradisi yang biasa dilakukan masyarakat Indonesia nih sobat ngampus. Yap! Apalagi kalo bukan mudik. Mudik sudah menjadi salah satu tradisi masyarakat Indonesia ketika menjelang lebaran. Hampir semua orang yang pergi merantau akan kembali ke kampung halamannya untuk merayakan Idul Fitri atau sekedar berkumpul bersama keluarga besar. Tidak terkecuali mahasiswa.

Saat mudik, mahasiswa rantau sudah jelas akan meninggalkan kosan atau rumah kontrakan untuk sementara waktu. Nah, karena durasi libur kali ini yang cukup lama, kamu perlu nih persiapkan beberapa hal sebelum kamu mudik. Jangan sampai mudikmu tak tenang, tidur dirumah tak nyenyak gara-gara kepikiran kostan yaa…

Demi kenyamanan dalam ber-mudik, berikut hal-hal yang perlu kamu, mahasiswa lakukan sebelum pergi mudik versi Ngampus:

1. Bersihkan kamar sebelum ditinggal

Bebersih

Hal pertama yang harus kalian lakukan sebelum mudik adalah bersihkan seluruh bagian kamar, mulai dari tempat tidur, lemari, meja, lantai kamar, plus bersihkan kamar mandi dalam yaa, kalau kamar kostmu difasilitasi kamar mandi dalam. Lepas sprei, sarung bantal dan guling serta masukkan benda-benda yang mudah berdebu ke dalam plastik. Jangan lupa buang sampah kering yang ada di dalam kamarmu. Kalau kostmu dilengkapi kamar mandi dalam, jangan lupa buang airnya ya, kosongkan bak mandi supaya ngga jadi tempat berkembang biak nyamuk.Biar apa sih? Biar nanti kalau kamu balik ke kost-an lagi setelah libur panjang ini kamu tinggal masuk aja, karena pasti perjalanan arus balik melelahkan, kamu pasti pengen sampe kamar langsung tidur, kan?

ARTIKEL MENARIK LAINNYA  Beberapa Kalimat Motivasi, Buat Kamu yang Lelah Revisi

2. Lepas semua aliran listrik

Selain membersihkan kamar, ada hal lain yang perlu kalian perhatikan nih gengs, perihal listrik. Kalau kamu memakai colokan atau terminal listrik di kamar, sebelum mudik pastikan kalian sudah melepasnya yaa. Pastikan tidak ada kabel yang tersambung listrik supaya meminimalisir resiko terjadinya korsleting yang memicu kebakaran. Pernah denger kan rumah kebakaran diakibatkan korsleting listrik? Nah, kalau kamu ngga mau hal itu sampai terjadi, pastikan poin ini dilaksanakan sebelum kamu mudik yaa!

3. Matikan kran air kamar mandi

Nggak mau kan kamarmu kebanjiran karena lupa matiin kran kamar mandi? Nah, sebelum kamu kelupaan, ngampus ingetin dulu nih… Pasti kalian berpikiran untuk menampung air dulu sebelum pulang supaya pas balik ke kost-an kalian tidak kebingungan karena tidak ada air. Duuh… salah gengs! Kebalikannya, kamu justru disarankan untuk mengosongkan bak mandi sebelum mudik. Kenapa? Karena air yang kamu tampung itu, salah-salah bisa menjadi tempat berkembang biak nyamuk. Bukanya praktis dan efisien malah jadi sarang nyamuk. Wah… ngga mau kan gengs? Jadi, sebelum mudik, jangan lupa yaa, kosongkan bak mandi dan matikan kran airnya.

4. Punya barang berharga? 

Buat sobat ngampus yang di kost-an nya memiliki barang berharga, seperti laptop atau kamera, kamu bisa meletakkannya di tempat yang aman macam laci atau lemari yang ada kuncinya. Jangan sampai kamu biarkan tergeletak begitu saja di meja belajar yaa. Jika kamu tidak yakin dengan keamanan kost-mu, mungkin lebih baik kamu membawa serta barang-barang berharga yang kamu miliki. Biar di kampung ngga kepikiran gitu…

5. Kunci semua akses masuk kamar kostmu

Karena biasanya pada libur lebaran macam ini semua penghuni kost akan pulang ke kampus masing-masing, kamu perlu memastikan dengan teliti apakah semua akses masuk kosanmu sudah terkunci dengan baik yaa. Bukan hanya pintu, jendela juga perlu kamu perhatikan lho gengs! Jika kamu merasa kurang dengan hanya mengunci kamar dan menutup jendela, kamu bisa kok menambahkan gembok. Biar aman dan tenang, sah-sah aja kok pakai gembok.

ARTIKEL MENARIK LAINNYA  Tips Membuat Powerpointmu Dilirik Dosen

6. Keamanan itu nomor satu, jadi bawa serta semua kunci yang kamu punya

Ini sangat penting ya sobat ngampus! Jangan pernah meninggalkan kunci kamar disekitar kamarmu apapun alasannya. Dengan meninggalkan kunci kamar di bawah keset atau pot bunga selain membuatmu terus kepikiran juga sudah menjadi rahasia umum sehingga semua orang bisa menebaknya, tak terkecuali pencuri. Tindak pencurian yang biasanya meningkat menjelang lebaran tidak akan membuatmu kepikiran jika kamu membawa serta semua kunci yang kamu punya pulang.

7. Pamit ke tetangga kamar

Kalau tetangga kamarmu masih di kost, ada baiknya kamu memberitahu kalau kamu akan mudik. Hal ini bertujuan supaya tetangga kamarmu bisa ikut menjaga kamarmu selama kamu pergi. Hal ini bagus juga kalau kamu berniat untuk “titip” kamar.

8. Punya hewan peliharaan?

Buat kamu yang pelihara hewan di kosan, macam kucing atau anjing, jangan lupa untuk menitipkannya ke petshop langganan kamu yaa. Biasanya mereka menawarkan jasa penitipan hewan. Tarif yang ditawarkan juga beragam, mulai dari 20k perharinya. Karena ini libur panjang dan pasti membutuhkan biaya yang lumayan jika dititipkan ke petshop, kamu bisa kok “titip” ke teman-teman komunitas pecinta hewanmu. Jangan lupa bawakan juga makanan dan segala yang peliharaanmu butuhkan sewaktu di penitipan yaa.

9. Nyalakan lampu depan

Jika kamu menempati rumah kontrakan, ada baiknya untuk menyalakan lampu depan supaya rumah kontrakanmu tidak terkesan kosong yaa gengs!

10. Bila diperlukan, kamu bisa titip kamar ke penjaga kost atau Bapak Kost

Biar lebih tenang, kamu bisa “menitipkan” kamarmu ke penjaga kost atau ke Bapak kost. Tujuannya, selain membuatmu lebih aman dan tenang selama mudik, juga untuk jaga-jaga apabila ada sesuatu yang kamu butuhkan tapi ternyata tertinggal di kost, kamu bisa nih minta tolong. Tapi inget yaa, cuma kalo urgent aja.

ARTIKEL MENARIK LAINNYA  Yuk, Jadi Mahasiswa Seimbang!

Nah itu tadi beberapa hal yang perlu kamu lakukan sebelum pulang kampung yaa gengs! Jangan ada yang kelewat, selain keamanan, keselamatan kamu juga perlu diperhatikan yaa. Persiapkan kondisi fisik dengan baik, tidur yang cukup sebelum mudik. Semoga bermanfaat!

(nwrdhni)

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

What do you think?

1 point
Upvote Downvote

Total votes: 1

Upvotes: 1

Upvotes percentage: 100.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Mahasiswa Apakah yang Kalian Cita – Citakan?

Mahasiswa Apakah yang Kalian Cita – Citakan?

Beberapa Hal ini Cuma Anak Jurusan Bahasa yang Paham