in

Hal Yang Perlu Dipertimbangkan Untuk Maba Perantauan

Kalian maba? Mahasiswa baru kan? Sadarlah bahwa kalian sekarang adalah seorang mahasiswa dan bukan lagi siswa. Buat kalian yang kuliahnya di luar kota kebanyakan pasti mau kos nih…. Ya, menentukan tempat tinggal saat kalian kuliah itu bisa berdampak pada kehidupan kalian, baik dari segi prestasi maupun psikologis. Ada beberapa tips buat kalian untuk cari kosan maupun hunian sewaan yang pas untuk mahasiswa. Simak Yuk!

1. Budget

http://fresh.suakaonline.com/tips-mengatasi-kantong-kering-di-akhir-bulan-2/
http://fresh.suakaonline.com/tips-mengatasi-kantong-kering-di-akhir-bulan-2/

Sebelum kalian mulai cari kosan. Kalian harus tentukan budget dulu yaaa… Teliti dulu apakah harga kos perbulanya atau pertahunnya sesuai dengan budget. Kalau misalnya tidak sama. Maka tak usah pikir panjang langsung aja cancel. Kalian harus cari kos yang sesuai budget kamu, oke?

2. Sendiri, berdua, atau bertiga 

https://www.hipwee.com/tips/10-inspirasi-penataan-kamar-kost-sekamar-berdua-biar-lebih-rapi-dan-tertata/comment-page-2/
https://www.hipwee.com/tips/10-inspirasi-penataan-kamar-kost-sekamar-berdua-biar-lebih-rapi-dan-tertata/comment-page-2/

Kalau kalian memilih untuk berdua itu juga baik. Karena pembayaran sewanya bisa kalian bagi dua dengan teman sekamar. Tapi kalau sendiripun kalian akan lebih nyaman karena terjaganya keprivasian. Dan juga apapun yang akan kalian lakukan seperti mendekor tata ruang tidak perlu meminta pendapat orang lain, bukan?

3. Fasilitas kosan 

https://yandex.ru/collections/card/580de9ec6635186543a85647/
https://yandex.ru/collections/card/580de9ec6635186543a85647/

Ini juga hal penting yang perlu kalian memilih kosan. Dengan adanya fasilitas yang memadai dan sesuai kebutuhan dapat menunjang bagi kehidupan kalian. Bahkan prestasi kalian di kampus. Fasilitas yang perlu dipertimbangkan di kamar kos seperti, lemari, kamar mandi, tempat tidur, meja belajar, serta fasilitas wifi. Eitsss…. Ingat yahh semakin lengkap fasilitasnya tak jarang harganyapun semakin mehong alias mahal.

4. Jarak dari kostan menuju kampus

https://www.inspirasi.co/nugrohotriwibowo/23165_tentang-jarak
https://www.inspirasi.co/nugrohotriwibowo/23165_tentang-jarak

Pastinya kalian harus tau berapa jarak dari kosan menuju kampus. Kemudian hitung waktu untuk menempuh perjalanan jika menggunakan motor atau mobil. Jika tidak mempunyai kendaraan pribadi alangkah baiknya memilih kosan yang dekat kampus dan bisa ditempuh dengan cara walking on the road, berjalan kaki.

ARTIKEL MENARIK LAINNYA  Tips Memanfaatkan Nasi Sisa Buat Akhir Bulan yang Bahagia

5. Lokasi yang mendukung

http://berwirausaha-saja.blogspot.com/2015/08/contoh-lokasi-kafe-yang-tepat-agar.html
http://berwirausaha-saja.blogspot.com/2015/08/contoh-lokasi-kafe-yang-tepat-agar.html

Lokasi yang mendukung artinya lokasi tersebut dekat dengan beberapa tempat yang paling sering kalian kunjungi. Seperti warung nasi atau rumah makan agar mudah untuk membeli makanan. Warung foto copy-an bila ada sesuatu tugas yang mendesak seperti mem-fotocopy kalian akan lebih cepat selesai. Tak lupa dekat dengan klinik yang dapat mempermudah ketika tiba – tiba sakit. Tapi saya sih berharap kalian selalu jaga kesehatan yaaa.

6. Kenyamanan dan keamanan 

https://www.youthmanual.com/post/fun/you-have-to-see-this/8-cara-sederhana-bikin-waktu-santai-kamu-nggak-terbuang-sia-sia
https://www.youthmanual.com/post/fun/you-have-to-see-this/8-cara-sederhana-bikin-waktu-santai-kamu-nggak-terbuang-sia-sia

Ini mungkin disepelekan oleh kalian. Carilah kostan yang jauh dari kebisingan, agar tidak mengganggu pekerjaan kalian. Serta pilihlah kostan yang tidak dicampur antara pria dan wanita. Apalagi dengan orang orang yang bebas keluar masuk kostan kalian ya guys. Agar kalian merasa nyaman dan aman untuk tinggal di kos tersebut.

Selain daripada yang diatas saat kalian menjalani kehidupan sebagai anak kosan juga harus rajin berhemat. Bagaimanapun juga kehidupan seorang mahasiswa tidak terlepas dari urusan financial. Cara paling simpelnya adalah manabung. Namun tidak cukup bila kalian hanya mengandalkan transferan dari bokap sama nyokap aja nih.… Kalian harus berfikir bagaimana mendapat pemasukan dari luar selain itu tadi. Berikut ini sedikit saran dari saya.

Berwirausaha, nah ini nih yang namanya peluang. Sekali mendayung dua pulau terlampaui, tersebut merupakan peribahasa yang tepat bagi mahasiswa wirausaha. Seiring berkembangnya zaman yang kini sudah kian moderen, kalian bisa menjajal olshop donk. Walaupun hasilnya nggak seberapa tapi, lumayan lah untuk pemasukan. Daripada buat status yang nggak karuan di sosmed lebih baik promosiin barang jualan kalian. Siapa tahu dari beberapa orang akan tertarik. Awalnya jarang yang melirik jika ditekuni ya banyak yang tertarik.

Beasiswa, lumayan nambah pemasukan. Beasiswa itu banyak, kalian bisa pilih diantara banyaknya macam beasiswa. Tetapi kebanyakan dari macam – macam tersebut syaratnya harus pinter nih. Gampang kok, cukup belajar yang tekun agar jadi mahasiswa pintar. Dijamin kuliah gratis bahkan dapat uang pula.

ARTIKEL MENARIK LAINNYA  Tips Mendaki Gunung Untuk Pemula

Kerja part time, boleh kalian lakukan kok. Asal pilih yang harinya pas weekend yah. So nggak ganggu kuliah kalian. Penghasilanya nggak cukup banyak emang tapi bila mana kalian kumpulkan sedikit demi sedikit lama lama akan menjadi bukit. Coba saja uang koin seratus rupiah yang biasa kalian abaikan jika dikumpulkan sampai terhitung banyaknya menjadi seratus keping. Dan secara otomatis jumlahnya menjadi sepuluh ribu rupiah (hehehe….)

Sudah melakukan hal – hal yang tadi? Ternyata kalian tidak menyangka setiap bulanya pemasukan kian bertambah. Finaly, problematika muncul seketika, tak disadari uang – uang itu tadi menghilang tanpa tahu kemana mengalirnya. Itu tandanya kalian kurang perencanaan yang matang ketika mengatur masalah financial. Nggak usah pusing saya punya solusinya kok, mungkin dapat bermanfaat bagi kalian calon maba atau yang sudah menjadi mahasiswa.

https://www.cermati.com/artikel/menabung-dengan-gaji-rp4-juta-dan-bahagia-bisa-ini-caranya
https://www.cermati.com/artikel/menabung-dengan-gaji-rp4-juta-dan-bahagia-bisa-ini-caranya
  • Menabung

Dari sejak kalian baru mengenal uang pasti sudah diajarkan betapa pentingnya menabung oleh orang tua. Agar dapat lebih aman bisa di simpan di bank ya guys, tapi bukan bank tukang bakso ya? Itu sih namanya buat jajan. Selain dari rasa aman yang diberikan oleh bank kalian juga mendapat imbalan lainnya yang berupa interest atau bunga. Tidak banyak sih emang tapi ya lumayan lah, hitung – hitung nambah persediaan di akhir bulan.

http://warohmah.com/tips-agar-kuat-berpuasa/
http://warohmah.com/tips-agar-kuat-berpuasa/
  • Berpuasa

Bagus nih, bagi kalian yang beragama Islam, coba lakukanlah. Tetapi niatnya jangan ngirit ya bro and sis, tetep donk niatnya untuk ibadah. Kalau seperti itu kita sekaligus mendapat 2 tabungan nih, ada yang bisa sebutkan? Ya benar, tabungan amal soleh untuk kita bawa di akhirat dan tabungan financial yang lagi – lagi buat akhir bulan ya bro and sis.

ARTIKEL MENARIK LAINNYA  Makanan Pelipur Lara di Kala Galau
https://pinjamuangtunaiku.blogspot.com/2018/05/6-aturan-yang-wajib-dipenuhi-jika-ingin.html
https://pinjamuangtunaiku.blogspot.com/2018/05/6-aturan-yang-wajib-dipenuhi-jika-ingin.html
  • Menghemat pengeluaran

Hemat pangkal kaya. Tentunya kalian sudah tau mengenai macam – macam kebutuhan, primer, sekunder, dan tersier. Mana yang lebih penting kalian dahulukan ya guys. Namanya hidup pasti perlu kebutuhan pelengkap lainnya. Dan kalau nggak penting penting amat, nggak perlu kalian beli. Atau barang yang jenisnya sama dengan barang yang sudah kalian punya. It is a waste, pemborosan. Jangan lupa agar lebih efektif dan efisien alangkah paling baiknya bilamana kalian menganggarkan pengeluaran yang akan terjadi, pengeluaran yang sudah terjadipun kalian catat. Belajar menjadi akuntan.

https://dwiarifwibowo.wordpress.com/2015/03/05/mahasiswa-tanpapenuh-kesadaran/
https://dwiarifwibowo.wordpress.com/2015/03/05/mahasiswa-tanpapenuh-kesadaran/
  • Jalani hidup layaknya mahasiswa

Tidak perlu yang neko – neko. Belajar bersyukur dari apa yang kau miliki. Ada mode keluaran baru, langsung beli. Ada gadget yang lagi top langsung beli. Liat sepatu, tas, baju baru di mol, pengin dah tuh keluarin kartu atm untuk beli. Nggak, nggak perlu kok yang kaya gitu, untuk tunjukan kepada dunia betapa hebatnya kalian. Ingat ! Ada jalan lain selain itu, BERPRESTASILAH, tunjukan bakat terpendam kalian yang belum banyak orang tau.

Banyak hal yang mesti perlu dipertimbangkan para mahasiswa untuk memilih tempat tinggal diantaranya yang sudah dijelaskan tadi. Namun, secara umum tips di atas adalah faktor utama dalam memilah – milih tempat tinggal yang efisien dan efektif bagi mahasiswa . Serta menjelaskan bagaimana pengelolaan financial bagi mahasiswa. Sebab pengelolaan keuangan yang tepat akan berdamak pada roda kehidupan kalian. Semoga dapat bermanfaat bagi kalian para mahasiswa, kususnya mahasiswa perantauan.

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Tips Sukses Ujian Semester Meskipun Sistem Kebut Semalam (SKS)

Hal Ini Cuma Mahasiswa Tingkat Akhir yang Tau Rasanya