in

Hobi Travelling? Kuliah Saja Di Jurusan Ini

Liburan adalah obat yang manjur untuk stres dan kejenuhan akan tugas dan rutinitas sehari-hari. Travelling merupakan kegiatan liburan yang paling asyik. Pikiran yang ruwet bisa segar seketika hanya dengan travelling ke tempat wisata yang diinginkan. Tapi rasanya lama sekali ya kalau harus menunggu saat liburan semester supaya bisa travelling. Ingin rasanya tetap bisa travelling di sela waktu kuliah.  Untungnya ada beberapa jurusan yang memungkinkan kamu travelling sambil kuliah. Buat kamu yang hobi travelling, kuliah di jurusan-jurusan berikut ini bisa jadi pilihan.

1. Pariwisata

Mau liburan gratis sekaligus mendapatkan banyak ilmu? Jurusan pariwisata tempatnya. Jurusan ini bisa dibilang sebagai ‘surganya’ mahasiswa yang hobi traveling. Selain di kelas, kamu juga diberi kesempatan oleh kampus untuk mendatangi beberapa destinasi tempat wisata untuk mengetahui seluk beluk tentang dunia pariwisata. Contohnya, program studi Manajemen Bisnis Perjalanan. Kamu akan mempelajari bisnis travel, mulai dari cara reservasi, ticketing, cargo, sampai guiding. Tak hanya itu, kamu juga berkesempatan untuk menyambangi beberapa hotel yang ramai bagi para wisatawan. Menarik bukan?

2. Arkeologi

Kuliah di jurusan arkeologi cocok sekali buat kamu yang suka mengkaji hal-hal berkenaan sejarah sambil jalan-jalan. Sesuai dengan bidang kajiannya, jurusan ini mempelajari mengenai sejarah peradaban makhluk hidup, mulai dari peninggalan candi, fosil sampai artefak. Di jurusan satu ini, kamu bukan hanya berkunjung ke perpustakaan atau mendengarkan materi dari dosen di kelas saja, tetapi kamu juga berkesempatan mengunjungi tempat-tempat bersejarah

3. Teknik Arsitektur

Tidak salah jika jurusan Teknik Arsitektur itu identik dengan jalan-jalan.  Selain di ruang kelas, kuliah di jurusan Arsitektur juga bisa bikin kamu jalan-jalan sekaligus mendapatkan ilmu dan pengetahuan baru. Jalan-jalan ini bertujuan untuk melakukan survey terhadap berbagai macam bangunan. Kenapa harus langsung mengunjungi bangunannya? Karena kamu tidak hanya dituntut untuk memahami rancangan bangunan, tetapi juga merasakan atmosfer ruangnya. Kamu bisa bepergian ke beberapa daerah yang menyajikan bangunan dengan desain arsitektur yang mengagumkan. Selain ‘cuci mata’, kamu juga bisa mencari inspirasi lewat hal tersebut.

ARTIKEL MENARIK LAINNYA  Mau Begadang Nonton Piala Dunia tapi Takut Kuliah Keteteran?

4. Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota

Mahasiswa Jurusan Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota atau Planologi juga punya kesempatan jalan-jalan yang serupa dengan mahasiswa Teknik Arsitektur. Kuliah di jurusan Planologi berarti kamu harus mengkaji tentang bagaimana cara agar suatu kota dalam beberapa tahun ke depan tetap layak untuk dihuni. Sebagai planner, kamu juga dituntut untuk memahami wilayah garapanmu dengan baik. Contohnya, sarana dan prasarana apa yang diperlukan, serta bagaimana mengembangkan sektor yang dominan di daerah tersebut. Supaya bisa melakukan kajian, maka mahasiswa jurusan ini diharuskan untuk melakukan survei lapangan. Jadi, kamu tentu akan sering pergi ke luar kota.

5. Teknik Geologi

Karena bidang kajian jurusan ini adalah mempelajari karakteristik bumi, maka mustahil kalau tidak melihat gambaran bumi langsung di lapangan. Tidak heran kalau aktivitas seperti mendaki gunung, mengunjungi pantai, goa atau danau itu hal yang biasa dilakukan mahasiswa jurusan ini. Tentunya aktivitas ini dilakukan untuk mengetahui secara langsung karakter geologi bumi. Cocok sekali untuk kamu yang penggila petualangan bukan?

6. Kehutanan

Mahasiswa  jurusan Kehutanan tentu tidak afdol rasanya  apabila tidak pernah main ke hutan. Jurusan satu ini punya bidang studi yang melatih mahasiswanya agar mampu  merawat, mengatur serta melindungi ekosistem hutan. Untuk itu, sistem perkuliahan tentunya lebih banyak menghabiskan waktu untuk praktikum dan konservasi dibandingkan belajar teori di kelas. Bagi yang suka tantangan, jurusan ini sangat direkomendasikan karena skill utama yang dibutuhkan mahasiswa jurusan kehutanan adalah problem solving, di mana kemampuan satu ini diperlukan untuk menghadapi segala hal tak terduga yang akan terjadi di alam bebas.

7. Antropologi

Bagi mahasiswa Antropologi, travelling bukan sekadar jalan-jalan, foto, dan makan-makan, tetapi juga wajib mempelajari budaya masyarakat setempat. Jika kamu tertarik dengan budaya, jurusan Antropologi sangat cocok untukmu. Kamu bisa meneliti di lapangan mulai dari budaya hingga tradisi yang sudah berabad-abad dianut oleh masyarakat dengan cara berinteraksi langsung dengan mereka.

ARTIKEL MENARIK LAINNYA  Teruntuk Anak Rantau Baru: Estimasi Biaya Hidup di Jogja

8. Seni

Jika kamu hobi travelling dan punya bakat di bidang seni, kenapa tidak memperdalam ilmu seni di perguruan tinggi? Kesempatan terbuka luas jika kamu punya cukup kemampuan, baik itu di bidang musik, tari, maupun seni rupa. Di jurusan seni musik misalnya, kamu berkesempatan untuk menampilkan kemampuan bermain musikmu di berbagai tempat, baik dalam grup maupun perorangan. Tak sedikit perwakilan kampus yang berhasil tampil memukau ribuan pecinta seni di berbagai belahan dunia.

9. Ilmu Kelautan dan Perikanan

Bumi ini punya wilayah perairan yang lebih luas dibanding daratan, itu artinya lebih banyak sumber daya alam yang terkandung di laut. Jika kamu hobi jalan-jalan ke pantai atau laut, jurusan satu ini cocok buat kamu. Jurusan Ilmu Kelautan dan Perikanan lebih menekankan tentang teknik, seperti teknik budidaya perikanan, teknik pengolahan hasil tangkapan, mengelola sumber daya, dan banyak lagi. Tak heran kalau nantinya kamu akan mendapatkan banyak kegiatan kuliah di luar kelas.

Gimana nih para penggila travelling?  Kuliah di jurusan-jurusan di atas menggiurkan bukan? Kalau bisa dilakukan sembari kuliah, tak perlu lagi menunggu waktu liburan untuk travelling. Pilihlah jurusan kuliah yang sesuai bakatmu dan bisa diajak ‘berkompromi’ dengan hobimu ya. (rizkiift)

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Tips Mengembalikan Semangat Kuliah Setelah Liburan

6 BUKU ‘SAKTI’ YANG KONDANG SEBELUM GOOGLE ‘MENYERANG’