in

Ingin Tas Kuliahmu Awet? Lakukan Hal Berikut ini

Tas adalah salah satu aset mahasiswa yang patut dirawat karena tas adalah salah satu benda penting penunjang aktivitas kuliah. Mungkin banyak dari kita yang memilih membeli tas kuliah bermerek yang harganya cukup mahal bagi mahasiswa yang belum memiliki penghasilan sendiri. Mengeluarkan uang lebih untuk membeli tas bukanlah hal yang buruk karena biasanya tas yang memiliki kualitas bagus dan tahan lama dibanderol dengan harga yang lebih mahal. Sayang sekali bukan apabila tas yang sudah dibeli mahal-mahal namun menjadi cepat rusak karena kita tidak pandai merawatnya. Untuk menghindari supaya tidak terlalu sering mengganti tas yang rusak dengan yang baru, berikut beberapa tips supaya tas kita bisa lebih awet dan terawat.

1. Selalu Pegang Tas Dengan Tangan yang Bersih

Apabila tangan kita kotor, maka kotoran tersebut bisa berpindah dan membuat tas kita kotor. Apabila tas kotor, maka tas tersebut berpotensi lebih cepat rusak. Kotoran yang tampak pun dapat membuat penampilan tas kita menjadi lusuh dan tidak enak dipandang. Pastikan tangan kita bersih ketika akan beraktivitas dengan membawa tas.

2. Jangan Meletakkan Tas di Lantai

Ada banyak kotoran, benda tajam dan kuman di lantai, jadi sebaiknya jangan meletakkan tas kita di sana. Sebaiknya letakkan tas di pangkuan, di belakang kursi, di meja atau dimanapun selain di lantai.

3. Ketahui Bahan Tas dan Cara Perawatannya

Tas yang biasa digunakan untuk kuliah terbuat dari bahan yang beragam. Cari tahu tas kuliah kita terbuat dari bahan apa  karena setiap bahan butuh penanganan perawatan yang berbeda-beda. Jika tas kita terbuat dari kulit, bersihkan dengan menggunakan lap kering yang punya tekstur lembut agar noda tidak menyerap pada material tas. Apabila noda tersebut tidak bisa hilang, segera bawa ke ke tempat pembersih tas yang telah profesional dalam membersihkan tas kulit. Berbeda dengan tas yang tidak terbuat dari kulit, kita bisa membersihkannya dengan cara mencucinya. Gunakan sabun tanpa deterjen untuk mencuci tas supaya warna tas tidak luntur. Apabila tidak ada, cukup rendam tas dalam air hangat supaya bersih. Jangan menyikat tas untuk menghilangkan noda yang melekat. Cukup kucek sedikit atau segera lap dengan kain halus untuk menghilangkan noda. Setelah dicuci bersih, jemurlah di tempat teduh yang tidak terkena sinar matahari langsung.

ARTIKEL MENARIK LAINNYA  List Situs yang Berguna Untuk Skripsimu

4. Perhatikan Berat Muatan

Bisa menampung banyak barang bukan berarti mampu mengakomodasi barang bawaan tanpa batas. Sebagai pemilik yang ingin tasnya tetap awet, kita harus menyadari bahwa ada batasan tertentu dalam pembawaan beban di tas kita. Jangan sampai kita asal memasukkan semua barang karena merasa masih ada ruang kosong dalam kompartemen tas kita. Bawa barang secukupnya saja, jika tidak ingin tas kita cepat jebol atau rusak.

5. Simpan Dengan Benar

Cara penyimpanan tas saat sedang tidak digunakan juga menjadi hal yang mempengaruhi keawetan tas. Simpanlah tas di tempat yang sejuk dan kering. Pastikan lokasi penyimpanan tas tidak basah atau lembab karena kondisi itu bisa memicu timbulnya jamur pada tas kesayangan kita. Ada beberapa cara untuk menyimpan tas dari bahan kulit ketika kita sedang tidak mengenakannya. Ketika menyimpan tas kulit, pastikan kita memasukkan bahan yang biasa digunakan untuk mengisi tas agar tas tidak kempes dan berubah bentuk. Jangan menyimpannya di dalam plastik karena aliran udara dalam plastik tidak baik sehingga membuatnya cenderung lembab dan bisa mengundang jamur. Sebaiknya simpanlah tas kita dalam dust bag cover untuk melindunginya dari luar. Letakkan tas yang sudah dimasukkan ke dalam dust bag cover di rak terbuka dengan ruang yang cukup agar tidak saling menimpa antara satu tas dengan lainnya. Apabila terpaksa disimpan di dalam lemari tertutup, jangan lupa untuk membiarkan udara masuk ke dalam minimal sekali seminggu. Berbeda dengan tas yang tidak terbuat dari kulit, kita bisa memasukkannya ke dalam plastik sebelum disimpan agar terhindar dari debu  dan serangga. Kita juga bisa memasukkan silica gel ke dalam semua jenis tas sebelum disimpan untuk mencegah tumbuhnya jamur.

ARTIKEL MENARIK LAINNYA  Mahasiswa, Bawa Serta Selalu Barang-barang Ini

Semua barang pastinya akan rusak, namun cepat atau lambatnya bergantung pada kualitas bahan dan pembuatan dari barang tersebut, serta kepiawaian kita dalam merawatnya.  Merawat tas bukanlah hal yang sulit dilakukan. Bahkan biaya perawatannya jauh lebih murah dibanding membeli tas baru dengan kualitas yang sama bukan? So, telaten lah merawat tas kita supaya bisa awet dan tahan lama. (rizkiift)

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Mahasiswi, Mau Kulit Bebas Kusam? Lakukan Hal Ini Sebelum Tidur