in

Jangan Lakukan 7 Hal ini di Awal Masuk Kuliah

Minggu pertama di perkuliah biasanya menjadi minggu adaptasi yang ngeri-ngeri sedap untuk dihadapi. Kelas baru, lingkungan, dosen, dan teman-teman baru biasanya membawa suasana baru yang harus bisa kamu handle di minggu awal perkuliahan sehingga akan memudahkan langkahmu kedepannya. Ya, minggu awal masuk perkuliahan memang ngga mudah ya gengs! Kamu harus beradaptasi dulu dengan suasana dan orang-orangnya. Apalagi untuk mahasiswa baru, kuliah jelas jauh berbeda dengan jaman SMA dulu. Nah, di masa adaptasi yang crucial ini, kamu harus bisa memberikan kesan pertama yang baik ya gengs! Jangan sampai melakukan 7 hal ini di awal masuk perkuliahan. Hmmm… bisa gawat gengs! Penasaran apa aja hal-hal yang sebaiknya tidak kamu lakukan di minggu awal perkuliahan? Scroll down…

1. Bossy? No way

Bergabung dengan teman-teman baru, lingkungan baru pasti tidak mudah karena kamu harus beradaptasi. Dalam beradaptasi, sebaiknya kamu lakukan dengan hati-hati ya gengs! Jangan terlalu over-acting, over-react dan over-over lainnya yang tidak baik. Salah satu hal yang perlu kamu perhatikan dalam berinteraksi adalah, dengan menanggapi segala yang teman-mu katakan dengan asik dan jangan terkesan bossy alias sok ngatur. Hati-hati, temen-temenmu bakalan ilfeel kalau kamu sok ngatur ina-ini-inu padahal kalian baru kenal karena masih minggu awal perkuliahan. Dominan boleh, tapi jangan bossy ya gengs!

2. Jangan pilih-pilih temen

Naturally memang kalau kamu merasa cocok dengan si A, dan kurang cocok dengan si B karena bla bla bla berbagai alasan yang kamu punya. Tapi gengs, sebaiknya, di minggu-minggu awal perkuliahan ini carilah sebanyak mungkin teman. Kenapa? Karena kamu akan membutuhkan mereka nantinya selama menjalani perkuliahan. Dosen biasanya memberikan tugas kelompok, dan kalau kamu berkelompok dengan si dia-dia aja, kamu akan kesulitan nantinya jika berkelompok dengan teman yang lain. Cobalah untuk membaur bersama semua teman di kelasmu.

ARTIKEL MENARIK LAINNYA  Bingung Membagi Waktu Antara Kuliah dan Organisasi? Ini Tipsnya

3. Jadi Bi-Gos alias Biang Gosip

Nah ini yang bahaya gengs! Jangan sampai menebar issue apalagi berita hoax tentang apapun di kampus. Bisa di cap biang gosip nih alias bigos, atau kamu malah bisa dikira agen lambe murah lagi. Wadaw… Emang sih, dengan kamu menyebar berita yang belum pasti, teman-teman akan penasaran dan terus mengikutimu, tapi, jangan lupa konsekuensi dari apa yang kamu ucapkan ya gengs! Jangan sampai citra bigos melekat di kamu dari awal perkuliahan, bisa-bisa gebetan yang bentar lagi mau goal malah jadi ilfeel karena kelakuanmu. Hih, ogah kan?

4.   Bolos

Banyak yang menganggap minggu awal perkuliahan merupakan minggu santai dan akhirnya lebih memilih bolos, karena yah… “paling baru perkenalan doang”. Iya betul, minggu awal perkuliahan biasanya dipakai untuk perkenalan dengan dosen pengampu dan penjelasan mengenai kontrak kuliah, tetapi, sebenaranya minggu ini justru menjadi minggu crucial yang jangan sampai dilewatin gengs! Kenapa? Kembali ke prinsip “kesan pertama itu penting”. Kamu yang seharusnya bisa membuat citra baik di depan dosen di minggu awal perkuliahan dengan datang paling awal atau duduk di first row jangan sampai lebih memilih untuk bolos dan meninggalkan kesan jelek sebagai tukang bolos di pertemuan pertama ya gengs!

5. Langsung Gerilya Cari Gebetan

“Ada yang cakep di kelas ih!” langsung jadiin target… Buset masih minggu awal perkuliahan gengs! Jangan langsung tebar sinyal-sinyal berbahaya dong! Yang ada gebetan malah kabur lagi. Haha. Minggu awal perkuliahan ini masih minggu ideal untuk saling bersosialisasi, jadi boleh lah cari tau dikit-dikit tentang doi sambil ngobrol-ngobrol biasa ala teman. Rajin aja berangkat kuliah, biar lama-kelamaan cinta tumbuh dengan sendirinya *tjiyee

ARTIKEL MENARIK LAINNYA  Tips Mengatasi Homesick

6. Ngga Sopan sama Dosen

Attitude is number 1. Di minggu-minggu awal perkuliahan, kamu harusnya bisa mencuri hati dosen dengan perlakuan manismu. Jangan sampai over-acting dan terkesan ngga sopan ke dosen ya gengs! Hindari juga kesan sok pintar dan mr.know-it-all. Karena kamu akan mengikuti perkuliahan selama satu semester, jaga hubungan baikmu dengan dosen. Caranya bisa dengan selalu berpakaian dan berperilaku sopan, dan ngga telatan. Buat kamu yang sering telat karena bangun kesiangan, berikut beberapa cara yang bisa kamu coba biar ngga telatan gengs!

7. Menutup Diri

Kalau over-acting alias caper jelek, menutup diri alias kuper alias kurang pergaulan juga jelek gengs! Jadi, bersosialisasilah yang sewajarnya, ngga usah berlebihan dan jangan menutup diri yaa. Bisa-bisa kamu dianggap aneh lagi di kelas. Jadilah orang yang ramah, dan welcome kepada siapapun. Okay?

Itu tadi 7 hal yang sebaiknya tidak kamu lakukan di minggu awal perkuliahan. Ingat, kesan pertama itu baik, dan akan berpengaruh pada kesan-kesan selanjutnya. Jadi, jangan pernah lakukan hal-hal diatas ya gengs! (nwrdhni)

   

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

What do you think?

1 point
Upvote Downvote

Total votes: 1

Upvotes: 1

Upvotes percentage: 100.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Hal-hal ini Cuma Mahasiswa yang Kuliah Sambil Kerja yang Tahu

Kelas Bahasa Korea di Kampus UMN Serpong Batch III Agustus 2018