in

Jenuh Skripsi? Lakukan Hal Ini

Membahas soal skripsi memang tidak pernah ada habisnya ya gengs! Masa-masa menantang dalam mengerjakan skipsi tentu menjadi salah satu masa yang mungkin tidak akan pernah terlupakan. Mulai dari kegalauan memilih judul yang tak kunjung acc, menghubungi dosen untuk bimbingan, sampai merangkai kalimat untuk menyelesaikan pembahasan terkadang menjadi kegalauan tersendiri bagi sebagian mahasiswa. Tak bisa dipungkiri, kamu pasti pernah merasakan ups and downs dalam mengerjakan skripsi. Skripsi yang tak kunjung kelar revisi kadang juga membuat frustasi. Kalau sudah begini, tidak ada hal bisa kamu lakukan selain berhenti sejenak untuk relaksasi yaa, gengs! Untuk kamu yang sedang dilanda lelah revisi, butuh motivasi atau jenuh dengan skripsi, ada baiknya kamu mencoba beberapa hal dibawah ini supaya semangatmu dalam mengerjakan skripsi bisa membara lagi.

1. Berhenti sejenak dan lakukan hal-hal yang kamu sukai

Dalam mengerjakan skripsi, mood memang berperan cukup penting. Jadi, jaga mood-mu dengan melakukan hal yang kamu sukai di tengah kejenuhan mengerjakan skripsi. Misalnya, berhenti sejenak untuk mengecek sosial mediamu, atau menonton satu episode drama korea favoritmu, atau sekedar membuat minuman coklat hangat yang bisa membuatmu lebih relax sebelum mulai lagi mengerjakan skripsi. Terkesan sepele memang, tapi hal ini ampuh lho gengs! Jangan paksakan untuk terus mengerjakan di tengah kejenuhan, karena selain tidak efektif, hal ini juga bisa membuatmu “asal buat” yang akhirnya malah membuatmu dikejar banyak revisi nantinya. Duuh…

2.  Jenuh? Curhat dulu…

Ketika kamu sudah tidak tahan dengan segala tekanan, kamu bisa melepaskannya dengan curhat atau bersosialisasi dengan teman seperjuangan, keluarga, atau orang terdekat lainnya. Bercerita pada orang terdekat tentang kegalauanmu dalam mengerjakan skripsi selain membuatmu merasa lega, juga bisa membuat mereka mengerti apa saja permasalahan yang kamu hadapi. Jadi ngga dikejar pertanyaan “Kapan wisuda?” terus kan gengs.

ARTIKEL MENARIK LAINNYA  Beberapa Tips Menjawab Soal Essay

3. Berhenti dan cari makanan favoritmu

Tidak bisa dipungkiri, mengerjakan skripsi membutuhkan banyak kalori. Kalau kamu sudah mulai jenuh, merasa stuck dan merasa tidak ada ide yang bisa kamu tulis lagi, cobalah berhenti, mungkin kamu lapar. Haha… Berhenti sejenak, makan makanan favoritmu sambil mendengarkan lagu dari penyanyi idolamu. Hmmm syahdu! Selain perut yang kenyang, mood-mu dalam mengerjakan juga bisa on fire lagi. Ntaps!

4. Tidur sejenak

Karena berpikir itu melelahkan, istirahatkan otak dan tubuhmu dengan cara yang terbaik gengs, apalagi kalau bukan tidur. Cobalah untuk tidak memaksakan pikiranmu ketika sudah benar-benar jenuh dan lelah. Istirahat bisa jadi pilihan paling bijak ketika kamu sedang stuck. Setelah beristirahat sejenak, cobalah untuk mulai lagi mengerjakan.

5. Obati rasa jenuh dengan menata ulang barang-barang yang ada di kamarmu

Kamu yang sedang fokus mengerjakan skripsi pasti lebih memilih untuk mencari suasana yang hening, tenang dan nyaman, apalagi kalau bukan di kamar. Saking asiknya mengerjakan, terkadang kamu lupa atau malah mengabaikan kebersihan dan kerapihan kamarmu. Hal yang seperti itu bisa membuat kamarmu tidak nyaman dan dapat mengurangi mood-mu dalam mengerjakan nih gengs! Oleh karena itu, cobalah manfaatkan waktu jenuh-mu ini untuk merapikan atau mungkin menata ulang kamarmu. Biar lebih fresh dan membawa suasana baru. Siapa tau setelahnya kamu bisa dapat ide baru untuk skripsimu.

6. Bermain dengan hewan kesayangan

Secara ilmiah, memelihara hewan telah terbukti dapat mengurangi stress. Jika kamu punya hewan peliharaan, bermain dengan hewan kesayanganmu selama 15 menit terbukti dapat meredakan kecemasan dan stres. Kamu yang lelah mengerjakan skripsi bisa berhenti sejenak dan mengajak bermain kucing atau anjing peliharaanmu, atau sekedarmemberi makan ikan di aquarium kecilmu yaa gengs!

7. Olahraga 

ARTIKEL MENARIK LAINNYA  Teruntuk Anak Rantau Baru: Estimasi Biaya Hidup di Semarang

Meluapkan kejenuhan bisa kamu lakukan dengan cara berolahraga. Yap! membakar kalori sambil mendengarkan musik favoritmu bisa jadi pilihan. Selain melemaskan otot-otot yang kaku karena terus menerus duduk, berolahraga juga bisa jadi sarana untuk meredakan ketegangan mentalmu nih gengs. Kamu bisa coba olahraga macam futsal, brenang, atau lari-lari kecil.

8. Pergi jalan-jalan

Untuk menetralisir kejenuhanmu, bisa nih sekali-kali jalan santai keluar untuk sekedar ke minimarket atau ke coffee shop favoritmu. Manjakan matamu yang lelah dengan tulisan-tulisan dengan melihat hijaunya rumput di taman atau pergi ke suatu tempat yang menawarkan pemandangan alam yang indah bisa jadi alternatif nih gengs kalau kamu sedang benar-benar jenuh dengan skripsimu. Selain merefresh pikiran, dengan berjalan-jalan sebentar dapat me-recharge mood-mu juga nih gengs!

Itu tadi beberapa hal yang bisa kamu coba jika kamu sedang jenuh dalam mengerjakan skripsi. Yang perlu diingat gengs, seberapapun kamu menghindar, kamu tetap harus menyelesaikannya juga. Buat kamu yang sedang lelah revisi, kata-kata ini mungkin bisa membuatmu kembali bersemangat lagi. Atau kamu yang bingung bagaimana cara menghadapi dosen pembimbing? Mungkin kamu bisa coba tips ini biar bimbinganmu lancar tanpa drama. Semangat! (nwrdhni)

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Call For Paper 2018

Hal-hal ini Cuma Mahasiswa yang Kuliah Sambil Kerja yang Tahu