in

Judulmu Sering Ditolak? Coba Cara Ini!

Judul skripsi ditolak, dukun bertindak? Weits… jangan dong gengs! Haha. Masih banyak cara yang bisa kamu lakukan demi acc judul kok. Karena pemilihan topik dan judul memang sangat penting untuk kamu perhatikan, jangan sampai cepat acc tapi kamu tidak tau mau ngapain setelahnya ya gengs. Duh… Karena esensinya mengerjakan skripsi merupakan tugas wajib yang harus kalian kerjakan guna mendapat gelar Kali ini ngampus siapkan beberapa tips buat kamu yang mungkin sedang tersesat dan tak tahu arah jalan pulang setelah judul-mu yang ke-sekian ditolak lagi dan lagi. Jangan patah semangat sebelum kamu baca tulisan ini ya gengs, karena beberapa tips dibawah ini mungkin bisa membantumu menemukan judul yang pas dan sesuai dengan harapan. Check it out

1. Mantapkan hati, tentukan pilihan judul yang memang benar-benar kamu mengerti

Hal ini bisa kamu cek dengan satu pertanyaan, “Kenapa kamu memilih judul ini?”. Satu pertanyaan yang biasanya akan ditanyakan ketika kamu mengajukan judul. Satu pertanyaan yang sangat crucial untuk kamu jawab. Karena jika kamu bisa mantap dalam menjawab pertanyaan tersebut, kemungkinan ACC akan lebih tinggi gengs! Pertanyaan simple itu juga secara tidak langsung menanyakan tentang latar belakang penelitian yang akan kamu lakukan. Jadi usahakan untuk memberikan gambaran secara jelas alasan kalian memilih judul tersebut ya gengs! Jika kalian bisa mantap dalam menjelaskan alasan dan dasar atas judul yang diajukan, dosen pembimbing akan merasa yakin bahwa kalian mampu dan punya modal yang cukup untuk melakukan penelitian tersebut. Jika kamu merasa belum berhasil menemukan alasan dan dasar yang kuat, coba tips kedua ya gengs!

2. Cari Hot issue

Semua tahu bahwa memilih judul tidak semudah membalikkan telapak tangan. Kamu mungkin butuh inspirasi dalam mencari judul yang pas yang sesuai dengan kemampuanmu. Mencari judul mungkin perkara mudah jika tidak disertai dengan alasan dan dasar-dasar yang nantinya akan kamu kemukakan di depan dosen pembimbing. Tapi tetap saja, demi kenyamanan bersama, dasar-dasar yang dikemukakan tidak boleh ngasal, harus berdasarkan fakta, fenomena atau teori yang ada. Kamu bisa mulai dari mengangkat kejadian atau fenomena yang sedang happening. Dosen biasanya suka mahasiswa yang kritis dan update dengan perkembangan jaman. Cobalah cari judul yang innovative atau berdasarkan hot issue yang sedang beredar. Masih belum berhasil juga? Coba cara ketiga

ARTIKEL MENARIK LAINNYA  Tips Mengatasi Kecanduan Gadget

3. Buka penelitian terdahulu

Jangan patah semangat ya gengs! Cara ketiga ini bisa kamu coba jika cara pertama dan kedua masih belum berhasil. Cobalah kunjungi perpustakaan, siapa tahu kamu bisa menemukan inspirasi dari membaca skripsi kakak angkatan. Tak perlu membaca skripsi ini sampai habis, kamu hanya perlu berfokus pada garis besar penelitian dan rumusan masalah-nya ya, gengs! Untuk menghindari cap plagiat, jangan copy-paste yaa, kamu bisa memodifikasi atau mengganti variabel penelitian dengan sesuatu yang belum pernah diteliti sebelumnya.

4. Cari “masalah”-nya, bukan “judul”-nya

Jika semua hal diatas sudah kamu coba tapi belum acc juga, kamu mungkin bisa berangkat dari masalah-nya, bukan judulnya. Dengan berangkat dari masalah, kamu akan terhindar dari pertanyaan “ada permasalahan apa yang dibahas di judul ini?”. Kamu akan otomatis paham dengan latar belakang, alasan serta dasar kamu melakukan penelitian jika kamu mulai dari masalahnya. Coba konsultasikan ke dosen pembimbing bahwa kamu menemukan suatu permasalahan, baru mulai merangkai judul dari permasalahan yang ada. Misalnya, kamu menemukan bahwa siswa di SMP X mengalami masalah dalam kemampuan menulis atau writing, kamu bisa coba mencari apa penyebab dan treatment apa yang mungkin bisa dipakai untuk mengatasi hal tersebut. Setelah ketemu, baru rangkai menjadi judul, misalnya Peningkatan kemampuan menulis siswa dengan metode XXX di SMP X tahun ajaran 2018-2019.

5. Objek dan Subjek Penelitian yang jelas

Guna menghindari hambatan dalam pengerjaan skripsimu nanti, kamu harus memastikan bahwa objek dan subjek penelitianmu jelas. Carilah objek dan subjek penelitian yang umum dan mudah untuk dimintai informasi. Demi kelancaran, jika kamu ingin mengambil objek dan subjek penelitian di sebuah perusahaan, usahakan kamu sudah memiliki kenalan di perusahaan tersebut yaa, gengs!

6. Tidak melulu jurnal, kamu mungkin bisa mendapat inspirasi dari koran hari ini

ARTIKEL MENARIK LAINNYA  5 Alasan Kenapa Susah Sekali Untuk Menyelesaikan Apa yang Sudah

Tak hanya jurnal akademik dan naskah skripsi angkatan yang bisa kamu jadikan cikal bakal ide skripsi, fenomena-fenomena yang terjadi sekarang ini bisa menjadi rumusan masalah untuk skripsi-mu, gengs! Semakin berkembangnya teknologi, kamu juga bisa memanfaatkan situs berita terpercaya dan majalah-majalah ilmiah, lho! Dari sana kamu akan mendapatkan informasi terbaru yang mungkin bisa membuat pikiranmu lebih terbuka untuk judul-judul baru.

7. Konsultasi dengan Kakak Angkatan boljug nih

Jika sudah lelah ke perpustakaan dan bingung ingin berkeluh-kesah kamu bisa dong kontak kakak angkatan yang sudah terlebih dulu merasakan nikmatnya proses ini. Dengan saling sharing, siapa tahu kamu akan mendapatkan ide-ide baru untuk judul baru-mu nanti. Atau jika kamu sudah memiliki ide tetapi masih bingung untuk merangkainya, cobalah minta bantuan kakak angkatan, siapa tau ada pencerahan kan, gengs!

Skripsi memang challenging dan berbeda prosesnya tiap-tiap individu. Jangan menyerah hanya karena judul-mu yang terus-menerus dibilang salah yaa! Kamu memang perlu melewati proses ini, dan satu yang perlu diingat, ide atau inspirasi itu tidak akan datang dengan sendirinya tanpa usaha ya gengs! Nah setelah judul skripsimu di acc, saatnya kamu bimbingan. Yay! Demi bimbingan tanpa drama, kamu bisa lho terapkan beberapa tips ini biar bimbingan skripsimu lancar tanpa ba bi bu. Semangat!

(nwrdhni)

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Tips Mengatasi Homesick

7 Alasan Kenapa Kamu Perlu Berbahagia Jadi Mahasiswa Jomblo