in

Kamu Tipe Mahasiswa Ekstrovert? Profesi Ini Mungkin Cocok Buat Kamu

Dari sekolah beranjak ke kuliah, kita biasanya lebih banyak menemukan berbagai macam kepribadian karena saat kuliah kita biasanya menemui orang-orang yang berasal dari berbagai macam daerah.  Ada beberapa tipikal orang yang mudah sekali bergaul dengan banyak orang sehingga memiliki banyak teman namun ada pula orang-orang yang cenderung pendiam dan hanya berteman dengan beberapa orang saja. Tipikal-tipikal tersebut mencerminkan kepribadian seseorang. Di dalam teori kepribadian manusia, kita mengenal ada pengkategorian pribadi Ekstrovert, Introvert dan Ambivert. Ilmu analisa psikologi kepribadian extraversion-intraversion ini ditemukan oleh tokoh besar psikologi bernama Carl Gustav Jung pada tahun 1920 dan kemudian dipublikasikan pada bukunya yang berjudul ‘Psychologische Typen’. 

       Carl Gustav Jung mengungkapkan bahwa konsep dan tolak ukur utama untuk melakukan analisa psikologi terhadap seseorang adalah dengan meneliti sifat individunya apakah dia termasuk kategori Ekstrovert, Introvert, atau Ambivert. Pada dasarnya setiap orang memiliki sisi introvert dan ekstrovert di setiap kepribadian masing-masing. Namun, salah satu sisi akan muncul lebih dominan dalam karakter orang tersebut. Ketiga kepribadian tersebut memiliki pandangan berbeda dalam hal pengambilan keputusan, interaksi sosial, respon terhadap masalah, komunikasi verbal dan non verbal, serta berbagai respon sosial lainnya.

Orang berkepribadian Ekstrovert tentu saja memiliki sisi ekstrovert yang dominan dalam dirinya. Ekstrovert merupakan kepribadian manusia yang terbuka. Para Ekstrovert cenderung lebih membuka diri dengan dunia luar dan mereka suka berinteraksi dengan banyak orang. Keramaian adalah hal yang paling disukai. Sebaliknya kesunyian dan kesendirian adalah hal yang sangat dihindari karena energi mereka akan cepat habis jika hal tersebut terjadi. Ekstrovert terkenal sebagai pribadi yang supel, mudah bergaul, dan sosok ice breaker. Mereka tidak segan menghabiskan waktunya bersama teman-teman untuk menonton konser musik ataupun berpesta. Dengan memiliki sifat yang seperti itu, maka wajar jika lingkup pertemanan para Ekstrovert amat banyak. Untuk lebih jelasnya, berikut ini penjelasan terkait ciri-ciri seorang Ekstrovert.

1. Mudah Bergaul

Entah dimanapun dan di lingkungan apapun, Ekstrovert tak mendapatkan kesulitan yang berarti dalam bergaul. Sangat mudah bagi seorang Ekstrovert untuk mendapatkan teman baru sebab mereka tidak pemilih dan mau berteman dengan siapa saja. Mereka bisa bersikap terbuka dengan siapapun termasuk kepada orang-orang yang baru dikenalnya. Maka tak heran kalau orang berkepribadian Ekstrovert memiliki lingkaran pertemanan yang luas. Kelebihan ini bisa menjadi berkah dan juga musibah bagi para Ekstrovert karena sifat inilah yang membuat seorang Ekstrovert kurang jeli dalam menilai seseorang sehingga tidak selektif dalam memilih teman.

ARTIKEL MENARIK LAINNYA  Bukan Ekstrovert Bukan Juga Introvert, Mungkin Kamu Termasuk Ini

2. Senang Berinteraksi dan Bersosialisasi

Seorang Ekstrovert sangat senang sekali berinteraksi dan bersosialisasi dengan banyak orang. Hal ini dapat memberikan banyak energi bagi mereka sebab Ekstrovert sangat menyukai keramaian.

Kesunyian dan kesendirian adalah musuh terbesar ekstrovert karena energi mereka akan cepat habis jika hal tersebut terjadi. Jika kesepian, seorang Ekstrovert tak ragu untuk hang out bersama teman-teman entah itu berpesta, menonton konser musik atau hanya sekedar mengobrol santai.

3. Senang Bekerja dalam Kelompok dan Anti Kesendirian

Suasana sepi dan sunyi sangat dihindari bagi orang-orang Ekstrovert. Rasa semangat mereka akan berkurang saat mereka bekerja sendiri. Ciri-ciri seperti ini bisa ditemukan di lingkungan sekitar kita. Jika ada beberapa temanmu yang pekerjaannya sering kali tidak beres saat bekerja secara individu, kemungkinan teman-temanmu berkepribadian Ekstrovert karena mereka tidak bisa fokus dan bersemangat ketika bekerja sendiri.

4. Spontan Dalam Bertindak Maupun Berbicara

Para Ekstrovert cenderung spontan dalam bertindak dan terkesan ceplas-ceplos dalam berbicara. Apa yang ingin mereka bicarakan biasanya langsung seketika itu mereka sampaikan tanpa berpikir lama terlebih dahulu. Mereka juga menganggap bahwa hal-hal yang spontan jauh lebih menarik ketimbang yang sudah direncanakan sebelumnya.

5. Selalu Tampil Percaya Diri

Seorang Ekstrovert biasanya memiliki rasa percaya diri yang tinggi di dalam diri mereka. Sebisa mungkin mereka selalu belajar untuk tampil percaya diri dan tampil berbeda. Mereka hampir selalu tampil penuh percaya diri dan energik saat melakukan sesuatu ataupun tampil di depan publik. Hal ini yang menopang mereka untuk tetap nyaman bergaul dengan banyak orang sekaligus menjadi pusat perhatian.

6. Menyukai Popularitas dan Senang Menjadi Pusat Perhatian

Seorang Ekstrovert senang dan nyaman menjadi pusat perhatian orang-orang di sekitar. Hal ini tak luput dari kepribadian mereka yang penuh percaya diri. Mereka tak malu menjadi populer di kalangan teman, rekan dan lingkungan tempat mereka berada. Menjadi orang yang populer dan dikenal banyak orang merupakan salah satu hal yang diidamkan seorang Ekstrovert.

ARTIKEL MENARIK LAINNYA  Part 2 : 10 Program Studi Banyak Diminati Calon Mahasiswa Baru

7. Senang Bericara daripada Mendengar

Seorang Ekstrovert akan senang menuangkan ide dan gagasan mereka kepada orang lain. Di dalam sebuah diskusi mereka akan banyak mendominasi suara serta usulan yang cukup kreatif. Pembicaraan mereka cenderung heboh dan tidak terputus meskipun topik yang mereka bahas sering berulang-ulang. Mereka juga senang bercengkerama dengan banyak orang. Seorang Ekstrovert juga merupakan model karakter yang rajin berbasa-basi kepada orang lain. Namun terkadang, pembicaraannya masih kalah berbobot dengan mereka yang Introvert. Meskipun Introvert jarang menuangkan ide dan gagasan mereka, analisa dan perencanaan seorang Introvert cukup detail dan terstruktur.

8. Antusias dan Semangat

Di dalam kesehariannya orang Ekstrovert selalu tampak ceria, antusias dan bersemangat di setiap kesempatan. Jika dihadapkan dengan hal-hal yang baru, mereka akan menjadi sangat antusias terhadap hal tersebut. Inilah ciri khas seorang Ekstrovert. Namun, ada kalanya seorang Ekstrovert tiba-tiba menjadi pendiam. Hal ini bisa disimpulkan bahwa mereka sedang berada pada titik bawah yang membuat suasana hati mereka memburuk.

9. Sosok Ice Breaker di Lingkungannya

Berkat auranya yang memancarkan semangat dan antusiasme, seorang Ekstrovert sering memberikan energi positif terhadap lingkungan sekitarnya. Sosoknya yang ceria inilah yang kerap menjadi pencair suasana atau ice breaker. Orang-orang akan tertarik dengan sosoknya yang ceria sehingga suasana di sekitarnya bisa menjadi lebih cair dan hidup.

10. Terkesan Sigap dan Tegas

Seorang Ekstrovert cenderung memiliki sikap sigap dan tegas. Sikap ini bisa terlihat tak hanya saat bekerja maupun bertindak namun juga dalam mengambil suatu keputusan. Seorang Ekstrovert sering kali sanggup menjadi seorang pemimpin atau leader di dalam suatu kelompok atau organisasi.

Berdasarkan ciri-ciri di atas dapat disimpulkan bahwa seorang Ekstrovert sangat menyukai lingkungan yang interaktif dan ramai. Mereka juga menyukai lingkungan pertemanan yang luas. Semakin banyak ruang gerak seorang Ekstrovert, semakin nyaman bagi mereka. Ciri-ciri ini dapat membantu sekali dalam mencari profesi yang cocok sesuai kepribadian Ekstrovert. Berikut ini daftar profesi yang cocok untuk para Ekstrovert sejati:

ARTIKEL MENARIK LAINNYA  Mahasiswa, Tahu Ngga Apa Bedanya TOEFL, IELTS, dan TOEIC?

1. Public Relation (Humas)

Apabila seorang Ekstrovert ingin bekerja di sebuah perusahaan maka bidang yang paling pas untuk dipilih adalah bagian humas (public relation). Memilih bidang ini akan membuatmu bisa memuaskan hasrat berinteraksi dan bergaul dengan banyak orang.

2. Wartawan

Profesi wartawan merupakan salah satu profesi yang sesuai bagi para Ekstrovert. Banyaknya hal-hal spontan dan tak terduga ditambah harus tampil sigap saat bertugas tentu menjadi idaman para Ekstrovert.

3. Artis

Menjadi pusat perhatian dan lekat dengan popularitas juga adalah ciri khas sifat yang ada pada diri Ekstrovert. Mereka senang diperhatikan dan dilihat oleh banyak orang. Karena itu menjadi artis dapat juga menjadi pilihan yang baik.

4. Lawyer (Pengacara)

Bertemu dengan beragam client  membuat seorang pengacara diharuskan memiliki kemampuan komunikasi yang baik. Sikap tegas dan percaya diri merupakan modal utama yang ada dalam seorang Ekstrovert untuk bisa menjadi pengacara yang handal.

5. MC (Master of Ceremony)

Profesi MC juga tidak kalah cocoknya. Seorang Ekstrovert memang suka sekali berbicara, antusias dan bisa mencairkan suasana sangat mendukung sekali untuk berkarir sebagai Master of Ceremony.

6. Tour Guide

Seorang Ekstrovert cenderung mudah bosan apabila bekerja di tempay yang sunyi dan sendiri. Oleh karena itu, pekerjaan sebagai Tour Guide bisa dijadikan pilihan seorang Ekstrovert. Pecinta keramaian pasti sangat menyukai profesi ini karena bisa jalan-jalan sekaligus dibayar.

http://strategicsellinggroup.com/wp-content/uploads/2015/10/dreamstime_m_31723063-700-x-470.jpg

7. Sales Person

Jago bicara dan pandai melakukan persuasi untuk mempengaruhi orang lain adalah ciri khas seorang Ekstrovert. Oleh karena itu tidak heran apabila mereka akan sukses berkarir dalam bidang ini.

Itu tadi ciri-ciri kepribadian Ekstrovert beserta beberapa contoh profesi yang cocok untuk para Ekstrovert. Sebenarnya masih banyak lagi profesi yang sesuai untuk para Ekstrovert. Sebagai seorang mahasiswa yang ingin sukses dalam belajar maupun dalam karir nantinya, perlu untuk mengenali diri sendiri dengan segala potensinya. Kepribadian merupakan hal yang unik dan berbeda satu sama lain. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan diri sendiri. (rizkiift)

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Teruntuk Anak Rantau Baru: Estimasi Biaya Hidup di Solo

Dear Introvert, Menjadi Diri Sendiri Tak Selamanya Negatif Kok