in

Konspirasi Masalah Akhir Bulan

Masalah ini sangat tak jarang terjadi kepada mahasiswa, yaitu yang sering ada pada diakhir bulan atau tanggal tua. Dimana para pahlawan dompet menghilang secara tiba – tiba. Yup! Kata lain dari pahlawan dompet adalah uang yang semakin menipis ditanggal tua. Namanya juga mahasiswa sehari, dua hari, atau tiga hari setelah kiriman uang datang dirasa aman. Tapi bagaimana hari berikutnya? Pastinya sudah terasa tanggal tua banget. Tanggal tua itu dianggap horror bagi sebagian besar mahasiswa. Kenapa? Pasalnya, ya itu tadi karena si pahlawan dompet mulai gugur dan menerbitkan pusing akut pemiliknya. Kalau sudah begitu repot nih pasti. Kalian tau kenapa? Karena kurangnya pengawasan kita terhadap sisi kredit atau pengeluaran. Berikut beberapa hal yang dapat membantu kalian dalam perencanaan agar tanggalnya muda terus, kaya aku. (hehehe).

1. Kebutuhan Pokok Adalah Prioritas

https://www.futuready.com/artikel/berita/3-prioritas-pengeluaran-agar-keuangan-tetap-sehat/
https://www.futuready.com/artikel/berita/3-prioritas-pengeluaran-agar-keuangan-tetap-sehat/

Memang sih tak jarang dari kalian menganggap semua barang adalah penting, termasuk berbagai barang dan kebutuhan. Ini adalah sebuah kesalahan, sebab akan selalu ada yang penting dan bahkan yang paling penting yang memang harus dipenuhi dalam kebutuhan. Maka dari itu, coba untuk mulai membedakan antara keinginan dan kebutuhan. Makan, alat tulis dan hiburan adalah kebutuhan kita sebagai anak kost. Tapi makan yang berkelas, alat tulis sampe selusin dan hiburan yang makan duit adalah keinginan kita. . Jadi, biasakan untuk mengetahuinya dengan baik dan memenuhi hanya kebutuhan yang paling penting saja, artinya yang tidak begitu penting harus diabaikan atau kita pinggirkan dulu, nanti saat kita punya lebih boleh kembali dilirik. ayo! Kita pasti bisa lebih hemat lagi!

2. Say No To Friends

https://www.imoney.my/articles/how-to-say-no-to-lending-money-to-family-and-friends
https://www.imoney.my/articles/how-to-say-no-to-lending-money-to-family-and-friends

Ini nih yang susah mungkin kalian akan merasa tidak enak hati bila ada seorang teman yang mengajak kalian nongkrong atau hangout. Ya nggak masalah sih kalau nongkrong cuma jalan – jalan doang atau sekedar cuci mata. Tapikan endingnya kalian bakalan nyangkut di coffe atau tempat mahal, jadi secara otomatis kalian keluarin duit kan? (Masa sih nggak keluar duit?). Berhubung keuangan kalian lagi kronis coba deh kalau ada temen yang ngajakin hangout bilang nggak, dengan alasan yang sebenarnya seperti, dompet lagi tipis, nggak punya duit atau lain sebagainya. Eits jangan salah kalau kalian beranggapan menolak teman artinya kita menjauhinya, bukan. Itu salah, karena yang kita lakukan untuk kebaikan diakhir bulan ini ya.

ARTIKEL MENARIK LAINNYA  12 Tips Hemat a la Anak Kost

3. Perbanyak Kegiatan Kemasyarakatan

Kalian memang sedang ada masalah dihari akhir bulan, tetapi bukan berarti kalian antipati terhadap masyarakat lo. Memperbanyak kegiatan untuk kepentingan umum dapat mendatangkan rizki yang jarang terduga ya. Bila kita menanam kebaikan maka kita akan memanen kebaikan pula. Mungkin dari rizki yang tak terduga tersebut dapat menolong kalian ditanggal tua. Dan ingat ya rizki itu dijemput, bukan datang sendiri ke kamu yang malah lagi berdiam diri di kos. It’s big fals.

4. Menabung

https://www.aturduit.com/articles/investasi-reksadana-dengan-modal-rendah/
https://www.aturduit.com/articles/investasi-reksadana-dengan-modal-rendah/

Menabung adalah kegiatan baik, sesungguhnya hemat pangkal kaya. Bila saat kalian memiliki uang atau baru saja ditransfer uang oleh orang tua. Jangan langsung gegabah untuk menghabiskan uang tersebut. Karena dalam satu bulan tidak hanya ada 1 tanggal yang hanya hari dimana kalian dikirim uang oleh orang tua itu saja, tetapi masih puluhan tanggal lagi yang harus kalian lalui menggunakan uang tadi. Alangkah lebih baiknya bilamana kamu sisihkan sebagian uang tadi untuk kebutuhan hari – hari kedepan.

5. Kerja Part Time

https://theholderposition.com/kerja-part-time-yang-bisa-kamu-jalani-saat-kuliah-di-luar-negeri/
https://theholderposition.com/kerja-part-time-yang-bisa-kamu-jalani-saat-kuliah-di-luar-negeri/

Selain kalian hanya mengandalkan kiriman uang dari orang tua, berusahalah untuk menambah pundi – pundi pemasukan. Mungkin cara kerja part time ini bisa kalian coba dan sangat cocok bagi yang memang memiliki banyak waktu dan energi lebih selain untuk kuliah saja. Perlu diingat pekerjaan ini tidak boleh mengganggu waktu kuliah ya, jadi sangat disarankan yang waktu kerjanya usai kuliah atau pas weekend. Lumayan kan bisa menjadi tabungan sebagai solusi diakhir bulan.

6. Perencanaan Keuangan Yang Tepat

https://www.finansialku.com/10-tips-membuat-rencana-keuangan-dalam-satu-halaman/
https://www.finansialku.com/10-tips-membuat-rencana-keuangan-dalam-satu-halaman/

Bulan ini boleh lah kita toleransi untuk gagal dalam masalah mengatasi tanggal tua. Tapi bulan depan tak ada lagi kata gagal, harus bisa! Oleh karena itu kalian harus mulailah merencanakan keuangan untuk bulan depan. Di dalamnya tertulis beberapa kebutuhan bulanan dan hiburan yang harus dipenuhi bulan depan jika terlalu banyak dalam sisi kredit maka pangkaslah pengeluaran dirasa kurang penting. Dan sebelumnya sudah dibahas mengenai menabung, so batasi pengeluaran dengan menabung atau bahkan diiringi dengan investasi. Khususnya bagi para mahasiswa baru perantauan nih, yang yang masih sulit melakukan perencanaan keuangan. Selain perencanaan keuangan juga masih banyak yang harus dipersiapkan maba perantauan di awal kuliah. Yuk! coba cek hal yang perlu dilakukan maba perantauan, klik di sini.

ARTIKEL MENARIK LAINNYA  MABA WAJIB BACA: Kamus Istilah dalam Perkuliahan

Bagaimana? Mudah kan? Sudah jangan galau terus kalau ditanggal tua. Biasakanlah dalam melakukan hidup hemat. Dan anggap semua hal tadi adalah sesuatu yang menyenangkan maka akan terasa ringan bagi kalian yang menjalankannya. Jangan kasih kendor untuk berhemat. Fighting! Selamat berjuang dalam berhemat. 🙂

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Kebiasaan Merugi Sang Maba

Bagaimana Cara Meraih Sukses Di Kampus?