in

Laptopmu Sering Mati Sendiri? Lakukan Cara ini

Hai gengs, pernah ngga sih, lagi asik asiknya ngerjain revisi (cie asik), terus tiba-tiba laptopmu mati sendiri? Kenapa laptop sering mati mendadak? Kenapa laptop sering mati sendiri? Apa karena laptopku terlalu jadul? (baca seputar penyakit laptop jadul disini). Dan masih banyak lagi pertanyaan-pertanyaan yang pasti kalian lontarkan ketika laptop kalian mati sendiri. Pada dasarnya gengs, penyebab laptop sering mati sendiri itu bisa disebabkan oleh berbagai hal macam infeksi virus, baterai dan kerusakan hardware lainnya. Hal yang paling tidak menyenangkan akibat laptop mati-matian adalah ketika kamu lagi on fire banget ngerjain skripsi, tiba-tiba laptop mati padahal belum di save. Hmmm… Atau waktu kamu lagi dikejar deadline, dan tiba-tiba laptop kamu mati sendiri dan butuh waktu buat nyalainnya lagi. Atau malah di tengah-tengah presentasi. Hmmm…

Nah, ngampus tau hal itu pasti ngeselin banget ya, oleh karena itu, kali ini ngampus mau bahas seputar kenapa sih laptop sering mati sendiri, beserta solusinya. Sebelum kita mulai ke solusi, ada baiknya kalau kamu tau dulu apa aja sih penyebab laptopmu suka mati-mati sendiri. Jadi gengs, sebenarnya, selain faktor yang udah disebutin diatas, penyebab laptop suka mati mati sendiri itu bisa karena beragam faktor, seperti:

1.  Suhu yang terlalu panas

Kamu mungkin pernah merasakan, lagi asik ngerjain tugas di kasur terus tiba-tiba laptop mati sendiri. Pip! Nah, tau ngga gengs, salah satu penyebab laptop kamu mati sendiri bisa jadi karena suhunya yang terlalu panas disertai dengan sirkulsi di dalam laptop yang kurang baik. Jadi ketika kita menggunakan laptop di atas kasur, udara panas dari dalam laptop tidak bisa keluar dengan baik (karena terhalang sprei mungkin) sehingga udara panas dari dalam laptop tidak bisa dibuang dengan baik. Akibatnya, suhu di dalam laptop kamu jadi terlalu panas dan akhirnya laptop jadi sering mati sendiri secara tiba-tiba. Hmmm…

ARTIKEL MENARIK LAINNYA  Tips Mendaki Gunung Untuk Pemula

2. Baterai soak

https://i.ytimg.com/vi/yzGHNwnjm_w/hqdefault.jpg

Hal ini yang paling sering terjadi adalah laptop sering mati-mati sendiri karena baterai yang sudah bocor atau soak. Jika kamu merasa sudah ngecas laptopmu sampai full, lalu batu 10 menit atau bahkan kurang dari 10 menit kok indikator baterai terlihat minta ngecas lagi, positif kalau bateraimu soak nih gengs! Baterai yang bocor ini biasanya tidak akan kuat lama tanpa adaptor. Jadi,wajar jika laptopmu sering mati-mati sendiri jika tidak dipakai bersama adaptor.

3. Kipas berdebu

https://2.bp.blogspot.com/-fAWclCwjSgc/VbDZyomdh5I/AAAAAAAAAig/ATdf83UmH2U/s1600/20150723_163426%2Bblog.jpg

Kalau laptopmu jadi suka mati-mati sendiri dibarengi dengan suara laptopmu yang tidak seperti biasanya (kipas terdengar keras) coba cek kebersihan di dalam laptopmu. Kipas di dalam laptop yang gunanya untuk mendinginkan bagian dalam laptop yang berdebu juga bisa jadi salah satu penyebab laptopmu suka mati-mati sendiri nih gengs! Kenapa? Karena kipas  di dalam laptop ini tugasnya untuk meniupkan udara panas dari prosesor. Nah kipas yang berdebu tidak akan befungsi maksimal. Karena tidak dapat berfungsi secara maksimal, prosesor akan semakin panas. Nah jika prosesor panas, dapat dipastikan kinerja laptop akan menurun alias lemot dan jika terus dipaksakan, suhu prosesor akan terus meningkat sampai akhirnya overheat membuat prosesor nggak bisa bekerja dan laptop seketika mati. Gitu gengs…

4. Tidak sesuai spesifikasi

Jangan pernah paksakan laptop jadulmu untuk menakses program berat yang tidak sesuai dengan spesifikasi laptopmu ya gengs! Hal ini juga bisa jadi salah satu penyebab laptopmu mati sendiri ketika dipakai. Karena dipaksa untuk menjalankan program berat atau maksa gaming di laptop standar, akan membuat laptopmu bingung dan terlalu berat yang akhirnya tidak kuat dan mati.

ARTIKEL MENARIK LAINNYA  Ingin Tas Kuliahmu Awet? Lakukan Hal Berikut ini

5. Pasta yang mengering

Jika sudah cek beberapa penyebab diatas dan kamu masih belum menemukan jawaban dari laptopmu yang sering mati-mati, coba kamu cek pasta prosesornya. Iya, pasta prosesor di laptop lama biasanya sudah mengering seiring waktu. Daritadi bahas pasta prosesor terus, apa sih pasta prosesor? Nah buat kamu yang belum tahu apa itu pasta prosesor, pasta prosesor adalah pasta yang berfungsi untuk menghambat panas dari prosesor menuju ke heatsink. Jika pasta prosesor ini mengering, maka panas akan menuju ke heatsink dan dapat merusak komponen penting tersebut.

6. Main board rusak

Nah yang terakhir, penyebab laptopmu suka mati-mati sendiri bisa juga karena mainboard yang rusak. Apasih mainboard? Mainboard bisa dibilang seperti otak pada tubuh kita. Jadi tau dong betapa crucialnya komponen ini? Masalah yang muncul pada mainboard biasanya kerap muncul di laptop yang sudah berumur (baca penyakit laptop jadul lainnya disini). Kenapa? Karena spesifikasi mainboard pada laptop keluaran lama biasanya memiliki komponen yang kurang update, sehingga berat jika diminta untuk mengakses program-program baru dengan komponen tersebut.

Nah itu tadi beberapa penyebab laptopmu sering mati-mati sendiri, sekarang kita bahas solusinya yaa. Berangkat dari masalah-masalah diatas, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan jika laptopmu rusak, seperti:

1. Jangan panik. Begitu laptop mati, jangan langsung panik histeris dan bingung. Cari tau dulu penyebabnya.

2. Jika masalahnya seputar suhu yang terlalu panas karena kipas di dalam laptopmu yang kurang bekerja secara optimal, solusi pertama kamu bisa menaruh laptopmu di lantai dulu, atau, belilah kipas laptop external yang gunanya untuk mendinginkan laptopmu. Hindari menaruh laptop di tempat tidur karena beresiko mengganggu sirkulasi udara di dalam laptop.

ARTIKEL MENARIK LAINNYA  12 Tips Hemat a la Anak Kost

3. Jika cara pertama dilakukan tidak membuahkan hasil, cobalah untuk membersihkan bagian dalam laptopmu. Tapi ingat, cari tahu tutorial cara membuka dan membersihkannya yaa. Salah-salah bukannya bersih malah ngga ngerti gimana cara balikinnya ke semula lagi.

4.  Jika laptopmu mati-mati karena terlalu banyak aplikasi/program, atau karena aplikasi yang tidak sesuai dengan spesifikasi laptopmu, kamu bisa coba uninstall dulu aplikasi-aplikasi yang sekiranya memberatkan. Jika masih belum berpengaruh juga, coba install ulang laptopmu.

5. Jika cara pertama, kedua, dan ketiga sudah kamu lakukan tetapi laptopmu masih sering mati-mati juga, cobalah untuk mengecek pasta prosesornya. Jika memang benar kering, kamu bisa membeli pasta prosesor di toko komputer gengs. Buka laptopmu, ambil bagian prosesornya kemudian oleskan pasta yang baru secara merata di bawah kipas prosesor. Kalau bingung? Bawa ke service komputer aja, bilang pasta prosesornya kering.

6. Nah, untuk solusi dari masalah terakhir yakni mainboard atau motherboard rusak, ngampus tidak bisa memberikan saran lain selain beli mainboard atau motherboard baru. Iya, gitu. Kenapa? Karena kerusakan pada mainboard itu crucial gengs! Ibarat manusia, mainboard itu otaknya. Jadi kalau otak udah bermasalah, komponen lain juga tidak akan bekerja secara maksimal kan? Nah, karena harga mainboard biasanya cukup tinggi, orang akan lebih memilih untuk beli laptop baru ketimbang service laptop lama yang ganti mainboard. Tapi kalau kamu masih sayang laptop lama-mu dan tidak keberatan untuk ganti mainboard ya boleh aja sih. Haha.

Jadi gitu ya gengs, itu tadi beberapa hal seputar laptop yang suka mati-mati sendiri dan solusinya. Semoga bisa membantu!

(nwrdhni)

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Tips PDKT Sama Dosen

Tidak Lulus SBMPTN? Coba 5 Alternatif ini