in

List Situs yang Berguna Untuk Skripsimu

Berbicara soal skripsi memang tidak akan pernah ada habisnya ya gengs!  Mencari referensi, membahas revisi sampai kalimat motivasi buat menyemangatimu udah pernah ngampus bahas. Beberapa tips juga sudah pernah ngampus berikan, macam tips lancar bimbingan skripsi,  atau skripsi hacks yang bisa membantumu mempercepat pekerjaan, dan penyakit-penyakit saat skripsi yang perlu kamu waspadai. Kali ini ngampus mau membahas tentang skipsi hacks lagi nih gengs, cuma kali ini tentang beberapa situs yang mungkin bisa memudahkanmu dalam mengerjakans skripsi. Beberapa mungkin sudah kamu kenal namanya karena memang sudah sangat familiar untuk kalangan mahasiswa. Penasaran? Check it out… 

1. Referensi? Coba di Google Scholar

Google Scholar merupakan situs buatan google yang menyediakan banyak referensi jurnal dan karya ilmiah yang sangat lengkap. Kamu yang sedang bingung mencari kemana lagi referensi untuk revisi skripsi, bisa dong manfaatkan situs ini karena selain mudah di akses, Google Scholar juga menyediakan jurnal online yang bisa di akses secara gratis. Kamu bisa dengan mudah mencari data-data yang kamu butuhkan atau mengutip pendapat ahli yang kamu cari guna menyempurnakan skripsimu.

2. Masih kurang? Coba cari di Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

Kalau kamu masih penasaran dan merasa masih kurang referensi, situs berikutnya mungkin memiliki apa yang kamu cari. Situs Perpustakaan Nasional Republik Indonesia juga menyediakan banyak jurnal ilmiah yang bisa kamu manfaatkan atau akses atau download secara gratis. Syaratnya, kamu harus mendaftar dulu sebagai anggota gengs! Gampang kok.

3. Library Genesis

Kamu yang tidak asing dengan Google Scholar mungkin sudah tidak asing juga dengan situs yang satu ini. Situs ini menyediakan berbagai macam buku-buku digital alias ebook dengan beragam format seperti pdf, mobi, hingga ePub. Tersedianya banyak referensi membuat Library Genesis banyak menjadi tujuan, hanya saja, jika kamu coba search di kolom pencarian, kamu harus menuliskannya dengan benar karena terkadang situs ini cenderung kurang akurat.

ARTIKEL MENARIK LAINNYA  Julukan Mahasiswa Berdasarkan Kegiatannya, Kamu yang Mana?

4. Sebar survey? Google form-in aja 

Jika kamu sudah melewati masa-masa revisi bab awal, dan tiba saatnya memulai penelitian, dan kamu butuh untuk menyebarkan angket, survei, atau kuisioner kamu bisa nih memanfaatkan Google Form. Caranya, setelah memiliki akun google, masuk ke google forrm, klik star a new form, beri judul, deskripsi, pertanyaan dan jawaban sesuai dengan survey yang kamu rancang, setelah itu share deh ke teman-teman. Selain lebih praktis dan ekonomis karena paperless, kamu juga bisa mendapatkan lebih banyak responden loh gengs! Dan yang lebih menarik lagi, ini gratis. Ntaps!

5. Research Gate

Merasa stuck dan bingung mau tanya ke siapa? Atau merasa pengen diskusi tapi bingung siapa yang ngerti sama topik kamu? Kamu bisa berdiskusi dengan banyak orang di research gate. Disini kamu bisa “bertemu” banyak peneliti dari seluruh dunia, Di research gate ini kamu bisa bebas untuk bertanya ataupun berpendapat di dalam forum yang tersedia di situs ini. Asik kan.

6. Literature

Anak sastra yang lagi kebingungan cari referensi bisa dong coba mencarinya di Literature, karena situs ini menyediakan ribuan buku dari berbagai penulis dan sastrawan ternama dunia. Kamu bisa dengan bebas mengakses situs ini, hanya saja kamu tidak bisa mendownloadnya dalam format pdf, epub atau kindle ya gengs! Tapi tenang, jangan takut kuoatamu tersedot karena situs ini hanya menampilkan tulisan kok.

7. Microsoft Academic

Buat kamu yang ngga pengen ribet, dan merasa kesulitan mencari referensi karena filter di situs pencarian jurnal yang membingungkan, kamu bisa nih coba cari di Microsoft Academic. Disini kamu akan disuguhkan berbagai referensi penelitian yang lebih spesifik karena situs ini memiliki sejumlah filter yang lebih berfokus atau menjurus pada bidang ilmu tertentu. Dan banyak yang bilang jika sistem pencarian jurnalnya juga tergolong lebih mudah jika dibandingkan dengan situs lainnya.

ARTIKEL MENARIK LAINNYA  Laptopmu Sering Mati Sendiri? Lakukan Cara ini

Itu tadi beberapa situs yang bisa kamu coba gunakan untuk memudahkanmu dalam mengerjakan skripsi. Selain situs diatas, situs apalagi sih gengs yang pernah kalian coba untuk mendapatkan ide menulis skripsi? Anyway, semoga beberapa situs diatas bisa membantu yaa!

(nwrdhni)

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Mahasiswa, Kangen Ngga sih Sama 7 Kebiasaan ini?

5 Alasan Kenapa Cewek Cantik dan Pintar Justru Susah Dapar Pacar