in

Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional

Hallo temen – temen ……

Kamu suka menulis?Yuk ikutan event ini. Senat Mahasiswa Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Kanjuruhan Malang mengadakan SAITECHI. Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional bertajuk “Inovasi dan Keaktifan Generasi Muda Untuk Mencapai Indonesia Emas 2045”

Apa itu Generasi Muda Untuk Mencapai Indonesia Emas 2045 ?

Saat Indonesia genap berusia 100 tahun, menjadi salah satu alasan munculnya ide, wacana dan gagasan tentang Generasi Emas 2045. Istilah ini digaungkan tanpa sebab, pasalnya ada satu harta karun yang sejatinya bisa menjadi modal untuk kelangsungan bangsa dan negara ini kedepannya, bernama bonus demografi. Pada tahun 2045, Indonesia akan mendapatkan bonus demografi yaitu jumlah penduduk Indonesia 70%-nya dalam usia produktif (15-64 tahun), sedangkan sisanya 30% merupakan penduduk yang tidak produktif (usia dibawah 14 tahun dan diatas 65 tahun) pada periode tahun 2020-2045.

Pemerintah sendiri melalui dokumen Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI) yang disusun oleh Menko Perekonomian dicanangkan bahwa Indonesia pada tahun 2025 akan menjadi negara maju, mandiri, makmur, dan adil dengan pendapatan per kapita sekitar 15000 dollar AS serta diharapkan menjadi kekuatan ekonomi 12 besar dunia. Kemudian pada tahun 2045 mendatang Indonesia diproyeksikan menjadi salah satu dari 7 kekuatan ekonomi terbesar di dunia dengan pendapatan per kapita sebesar USD47000.

Masterplan ini memang disiapkan untuk menghadapi bonus demografi yang mana 70% penduduk Indonesia adalah penduduk usia produktif yaitu 15-45 tahun atau bisa dikatakan didominasi oleh para pemuda. Jadi untuk menghadapi fenomena ini tergantung bagaimana sikap semua pihak menyiapkan generasi muda. Masalahnya seperti apakah kualitas para pemuda Indonesia saat itu, dan sekali lagi para pemuda dipertanyakan kembali sudah siapkah mereka mengemban tanggung jawab mereka sebagai seorang pemuda?

ARTIKEL MENARIK LAINNYA  Seminar Nasional Olah Raga

Fenomena yang tengah dihadapi generasi muda Indonesia saat ini adalah maraknya generasi micin. Sebelum membahas lebih jauh, mari analogikan terlebih dahulu ‘sosok’ micin dalam artian sebenarnya. Micin (atau bahasa ilmiahnya monosodium glutamat alias MSG) merupakan senjata utama bagi kebanyakan pedagang kuliner mulai dari abang tukang bakso sampai abang tukang sempol.

Istilah micin bisa jadi merupakan gambaran sebagian besar manusia yang notabene berperan sebagai “pengguna” daripada “pencipta”. Ibarat micin yang memperkuat rasa makanan, manusia masa kini terutama pemuda tidak lebih hanya memanfaatkan dan mengembangkan teknologi yang sudah ada. Bukannya tidak ada, namun berkurangnya pemuda kekinian yang ber-inovasi untuk membuat gagasan baru. Padahal ilmuwan-ilmuwan terdahulu kebanyakan sukses di usia muda dengan berbagai penemuan maupun sesuatu yang mereka ciptakan sendiri. untuk itulah dengan lomba karya tulis ilmiah ini diharapkan mampu memupuk kreativitas pemuda dalam bentuk ide yang dituangkan kedalam karya tulis.

Bagi kalian Mahasiswa aktif D3/S1 yang memiliki:

a. gagasan kreatif, inovatif, dan aplikatif untuk kemajuan bangsa

b. memiliki etika yang kukuh dan taat pada kaedah keilmuwan

c. Peneliti ulung dalam pengkajian suatu permasalahan

d. Memiliki potensi pengembangan riset dalam ilmu pengetahuan dan teknologi

e. Ingin memberikan buah perubahan pada perkembangan Indonesia ke depan yang lebih baik demi mewujudkan Indonesia generasi emas.

Mari bergabung bersama kami dalam SAITECHI Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional (LKTIN) Inovasi Dan Keaktifan Generasi Muda Untuk Mencapai Indonesia Emas 2045.

Wujudkan mimpi-mimpi dan segala potensi dirimu dengan berpartisipasi dalam kemajuan Indonesia yang lebih baik lagi

Mari bersama-sama dalam mewujudkankan “Solusi Inovatif Generasi Muda Melalui Percepatan Alih Teknologi Menuju Indonesia Emas“.

ARTIKEL MENARIK LAINNYA  GTX 2018 : Evolve

Sub Tema yang bisa dipilih:

  1. Pendidikan
  2. Teknologi
  3. Ekonomi
  4. Lingkungan
  5. Kesehatan
  6. Pertanian
  7. Sosial Budaya

Pendaftaran dan pengumpulan full paper dibuka mulai tanggal 25 Juni – 25 Agustus 2018. Total hadiah uang tunai yang menanti jutaan rupiah, ditambah dengan trofi, sertifikat, dan merchandise lainnya.

Tempat     : Universitas Kanjuruhan Malang

Biaya         : Rp. 75.000

NB:

Mohon memperhatikan alur pendaftaran

#LKTIN #SAITECHI #lomba #lombalktin #lombalkti #infolomba

Info dan Kontak:

Formulir dan Pedoman Lomba dapat di unduh di mhs.unikama.ac.id/smf-st

Email: stsmfst2018@gmail.com

Kontak person: Jayanti 082132348088

Segera daftarkan timmu untuk mengikuti SAITECHI LKTIN 2018…….

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Comments

comments

Seminar Nasional dan Call for Paper 2018 USU

Marketing Plan Competition