in

Lulus Tepat Waktu atau Lulus di Waktu yang Tepat?

“Kapan lulus?” Mungkin menjadi pertanyaan ter-annoying sepanjang perjalanan skripsi kamu. Ada yang bilang lulus tepat waktu itu lebih baik, tapi ada juga yang beragumen kalau lulus itu ya… nunggu waktu yang tepat. Lulus tepat waktu artinya kamu sudah mentargetkan kalau kamu harus lulus tepat 4 tahun, biar nggak perlu lagi bayar uang sermester 9. Sedangkan lulus tepat pada waktunya terkadang terasa seperti alasan yang dibuat untuk memaklumi keterlambatan dalam menyelesaikan studi mu. Mau lulus tepat waktu atau lulus di waktu yang tepat masing-masing punya argumennya masing-masing. Biar kamu mantap dan semangat mengerjakan skripsi, berikut beberapa alasan kenapa kamu harus lulus tepat waktu:

1. Meringankan beban orangtua

https://blog.cjamiesonlaw.com/hs-fs/hub/1818020/file-3668280869-jpg/blog-files/graduation-advice-for-divorced-parents.jpg?t=1527797139696

Nah, pertama dan yang paling utama, orangtua. Dengan lulus tepat waktu selain mengurangi beban finansial karena tidak harus membayar uang semester 9, juga mengurangi beban pikiran orangtua. Orangtua mungkin tidak akan mengeluhkan semua biaya pendidikanmu, tapi sebagai anak baiknya kamu sadar diri. Karena semakin mundurnya kelulusanmu, berarti semakin banyak uang yang harus dikeluarkan orangtuamu dan semakin banyak tekanan dari rekan atau tetangga kepada orangtuamu. Bukan cuma uang semesteran, kamu juga harus menghitung berapa biaya kos, makan, hingga uang jajanmu tiap bulan yang harus dikirimkan orangtua jika studimu lamban. Jadi, demi meringankan beban orangtuamu, ayo mantapkan tekad sesulit apapun rintangan kedepannya dalam mengerjakan skripsi, akan kamu hadapi dengan tegar dan kuat yaa!

2. Lulus tepat waktu berarti kamu berkesempatan untuk berkarir di usia produktifmu

https://jodohzodiak.com/wp-content/uploads/2018/03/Zodiak-karir-cemerlang.png

Bayangkan, jika kamu lulus di usia 22, kamu memiliki cukup waktu untuk mencoba peruntunganmu di dunia kerja, sambil mencoba hal-hal baru yang mungkin ingin kamu capai di usia muda. Setidaknya jika kamu tidak kerasan di tempat kerja pertamamu, kamu belum terbatasi oleh umur jika ingin mendaftar di tempat lain. Lebih baik lagi jika ternyata tempat kerja pertamamu sudah menjanjikan, sukses di usia muda dong. Keren! Disaat teman-temanmu masih mengandalkan kiriman orangtua, kamu sudah berpenghasilan dan malah bisa mengirim orangtua.

ARTIKEL MENARIK LAINNYA  5 Keuntungan Gap Year Alias Jeda Setahun Sebelum Kuliah

3. Lulus tepat waktu juga membuatmu terhindar dari pertanyaan, “kapan lulus?” yang sangat annoying Seperti bom yang siap meledak, kamu pasti jenuh dengan pertanyaan tersebut karena mungkin setiap teman atau kerabat yang kamu temui pasti menanyakan hal yang sama. Begitu pun orangtuamu, mereka pasti juga mendapat pertanyaan yang sama dari tetangga dan kerabat atau mungkin kolega. Malu kan…? Tapi, akan lain ceritanya jika kamu lulus tepat waktu. Pastinya pertanyaan akan cepat terjawab dan membuat orangtuamu tidak bingung jika ditanya tetangga atau saudara.

4. Tekanan terasa semakin besar jika kamu menunda kelulusan

https://cdn.xl.thumbs.canstockphoto.com/stress-level-overworked-arrow-rising-workload-3d-illustration-clip-art_csp49580822.jpg

Menunda apapun pasti tidak akan menyenangkan di akhirnya. Semua hal termasuk dengan kelulusanmu. Semakin lama kamu menunda akan semakin besar beban dan tekanan yang akan kamu terima. Tidak hanya dari tetangga, kerabat atau orangtua, mungkin orang terdekatmu seperti pacar misalnya, atau calon mertua (ciee…) juga pasti menanyakan dan menyayangkan alasanmu menunda kelulusan.

5Terhindar dari julukan “Mahasiswa Abadi”

https://www.hipwee.com/wp-content/uploads/2016/12/hipwee-type-mahasiswa-andumhumor-mahasiswa-abadi.jpg

Predikat ini bisa saja sampai kepadamu jika kamu tidak segera menyelesaikan studimu. Bukan masalah julukannya, mungkin yang lebih tidak menyenangkan adalah fakta bahwa kamu harus merasakan berjuang sendiri, bersama dengan adik-adik angkatan yang tidak kamu kenal. Belum lagi jika teman-teman seangkatanmu sudah menyelesaikan studi lanjutannya, sedangkan kamu masih berkutat di sini-sini aja, please…

Nah gimana, kalian masuk #teamlulustepatwaktu atau #teamluluspadawaktunya nih?

What do you think?

1 point
Upvote Downvote

Total votes: 3

Upvotes: 2

Upvotes percentage: 66.666667%

Downvotes: 1

Downvotes percentage: 33.333333%

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Comments

comments

5 Jurusan ini Sepi Peminat tapi Prospek Karir Menjanjikan

10 Checklist Wajib Anak Kos Baru

10 Checklist Wajib Anak Kos Baru