in

MABA WAJIB BACA: Kamus Istilah dalam Perkuliahan

Hai hai sebelumnya ngampus ucapin selamat yaa buat kamu yang sudah berhasil lulus ujian dan mungkin sekarang udah diterima di perguruan tinggi incaran kalian. Yay! Selamaat. Sebelum mulai ber-aktivitas di kampus, ada baiknya kamu cari tau dulu ya beberapa hal yang berkaitan dengan kegiatan kalian nantinya di kampus. Beberapa hal mungkin akan terasa sama seperti yang kalian alami di SMA, tetapi ada banyak hal baru yang nantinya akan kalian temui, termasuk istilah-istilah yang dipakai di kampus. Bukan mau nakutin, tapi istilah di kampus ini memang sedikit lebih banyak dari yang kalian temui di SMA nih gengs. Daripada bingung, okay, kali ini ngampus mau bahas tentang beberapa istilah yang dipakai dalam perkuliahan yaa gengs! Baca dulu, biar ngga dibilang maba aa uu alias maba ngga tau-an. Okay? Scroll down…

1. SKS 

SKS disini bukan Sistem kebut semalam yang biasa kalian lakukan yaa gengs, tapi SKS disini merupakan “Satuan Kredit Semester.” SKS merupakan bobot tiap mata kuliah. Setiap mata kuliah memiliki bobot pendidikan yang berbeda, mulai dari 1 SKS, 2 SKS, 4 sampai 6 SKS. Biasanya, setiap kampus mewajibkan mahasiswa untuk menempuh bobot pendidikan sebesar 144 SKS untuk bisa lulus. Mahasiswa yang pada semester itu nilainya diatas rata-rata alias cumlaude biasanya akan diperbolehkan mengambil 24 SKS di semester berikutnya, dan biasanya setiap kampus membatasi mahasiswa-nya untuk mengambil maksimal 24 SKS satu semesternya.

2. KRS

KRS adalah singkatan dari “Kartu Rencana Studi.”. Kamu harus mengisi kartu ini dengan mata kuliah apa saja yang akan kamu ambil di semester depan gengs. Ibarat di kafe atau restoran, KRS ini ibarat kertas pesanan yang biasanya diberikan oleh waiter untuk kita isi. Semakin berkembangnya teknologi, sekarang sudah banyak sistem pengisian KRS online nih gengs. Jadi kamu ngga perlu datang ke  kampus, cukup akses website kampus, klik-klik dari rumah, selesai.

ARTIKEL MENARIK LAINNYA  Mahasiswa Berkantong Tipis, Kok Masih Hedonis dan Konsumeris?

3. KTM 

KTM disini bukan Kakak-adek tapi Mesra ya gengs! Hahaha. KTM disini adalah singkatan dari Kartu Tanda Mahasiswa. Kartu yang diberikan kepada mahasiswa yang sudah menyelesaikan registrasi administrasi secara lengkap. Kartu ini berfungsi sebagai tanda bukti bahwa kamu sudah terdaftar menjadi bagian di kampusmu. Macam kartu pelajar waktu kalian di SMA dulu lah gengs.

4. KHS

KHS merupakan kartu hasil studi, isinya adalah nilai yang kamu dapatkan dari perkuliahan yang sudah kamu ambil. Dengan berkembangnya teknologi, beberapa kampus kini mulai menerapkan sistem online termasuk dalam mengakses KHS ini. Praktis!

5. SEMESTER 

Satuan waktu perkuliahan yang biasanya terdiri dari 13-20 minggu aktif perkuliahan, termasuk didalamnya adalah ujian semester, praktikum, dan lain sebagainya.

6. MKU 

MKU atau Mata Kuliah Umum merupakan serangkaian mata kuliah yang ditujukan untuk membentuk kepribadian dan sikap mahasiswa guna mempersiapkan mahasiswa dalam memasuki kehidupan bermasyarakat.

7. Makul Wajib

Makul Wajib a.k.a mata kuliah wajib. Sesuai dengan namanya, makul wajib merupakan mata kuliah yang wajib kalian ambil. Kalian harus mengambil SEMUA mata kuliah wajib yang ada di daftar. Ini penting ya gengs, jangan sampai ada yang terlewat.

8. Makul Pilihan 

Makul Pilihan atau Mata Kuliah Pilihan merupakan kelompok mata kuliah yang boleh kalian ambil jika kalian ingin, dan tidak akan menjadi masalah jika tidak diambil.

9. CIVITAS AKADEMIKA 

Anggota di perguruan tinggi yang termasuk di dalamnya dosen, mahasiswa dan pihak lain yang tergabung.

10. DEKAN

Dosen yang diamanati tugas khusus untuk menjadi kepala di fakultas.

11. IP 

IP atau Indeks Prestasi merupakan nilai yang kamu dapatkan di akhir semester. Range IP berkisar antara 0-4.0. Jika mayoritas nilaimu A, mungkin kamu bisa mendapat IPK 4.0, dan kebalikannya, jika kebanyakan nilaimu E, siap-siap 0 koma dan ngulang deeh. Haha

ARTIKEL MENARIK LAINNYA  10 Checklist Wajib Mahasiswa Baru

12. IPK

IPK atau Indeks Prestasi Kumulatif merupakan nilai keseluruhan mahasiswa dari beban studi diambil. IPK dihitung berdasarkan rata-rata IP yang kamu dapatkan tiap semesternya. Ada beberapa predikat untuk IPK:

  • IPK 2,00 – 2,75 = Memuaskan
  • IPK 2,76 – 3,50 = Sangat Memuaskan
  • IPK 3,51 – 4,00 = Cum Laude (Dengan Pujian)

13. UKM

UKM atau Unit Kegiatan Mahasiswa merupakan kegiatan yang bisa kamu lakukan diluar perkuliahan untuk mengembangkan hobi atau bakatmu. Yap! Mirip-mirip ekstrakurikuler lah~

14. Dosen Wali/ Dosen Pembimbing Akademik/ Dosen Penasehat Akademik (PA)

 Dosen yang bertugas mendampingi dan memberikan konsultasi akademis kepada mahasiswa selama masa kuliah, termasuk menyusun rencana studi dan memberi pertimbangan dalam memilih mata kuliah dan jumlah kredit yang akan diambil, sesuai perkembangan studi mahasiswa.

15. BEM

BEM merupakan singkatan dari Badan Eksekutif Mahasiswa. BEM bertugas seperti OSIS di SMA kamu dulu gengs. Mengadakan kegiatan, berorasi, berorganisasi, dan masih banyak lainnya.

16. DPM

DPM atau Dewan Perwakilan Mahasiswa merupakan dewan yang bertugas mengevaluasi, menerapkan, dan menyesuaikan peraturan-peraturan kemahasiswaan yang nantinya menjadi landasan BEM dan organisasi kemahasiswaan lainnya dalam berkegiatan.

17. HIMA

HIMA merupakan Himpunan Mahasiswa yang ada di jurusan. Jadi masing-masing jurusan biasanya memiliki Hima masing-masing.

18. Prodi 

Prodi atau Program Studi merupakan spesialisasi dari jurusan yang kamu ambil. Jadi semisal kamu mengambil jurusan Bahasa Inggris, Jurusan Bahasa Inggris sendiri terbagi menjadi dua program pendidikan; ada Prodi Pendidikan Bahasa Inggris yang nantinya bergelar S.Pd, atau Prodi Sastra Inggris yang nantinya bergelar S.S.

19. SKRIPSI 

Barangkali ada yang belum tau nih, jadi skripsi adalah karya tulis ilmiah yang digunakan sebagai laporan tugas akhir mahasiswa untuk memperoleh ijazah program S1. Biasanya, syarat penulisan skripsi atau pengambilan mata kuliah skripsi itu setelah mahasiswa menempuh 120 SKS dengan IPK minimal 2,0. Dalam prosesnya mahasiswa biasanya mengalami situasi yang berbeda. Biar lancar bimbingan dan anti galau galau club, kalian bisa liat tips lancar bimbingan skripsi disini.

ARTIKEL MENARIK LAINNYA  Mau Begadang Nonton Piala Dunia tapi Takut Kuliah Keteteran?

20. WISUDA

Wisuda merupakan akhir dari perjalananmu menuntut ilmu di perguruan tinggi. Prosesi wisuda merupakan perayaan lulusnya kamu dari universitas, dan resmi-nya gelar di belakang namamu kelak. Ciyee lulus! Biar celebration-mu lebih bermakna, cobain deh beberapa pernak-pernik ini.

Nah sebenarnya masih banyak lagi istilah-istilah dalam dunia perkuliahan yang perlu kalian tau. Nanti sambil jalan, kalian akan paham dan mengerti ya gengs! Semangat!

(nwrdhni)

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

What do you think?

1 point
Upvote Downvote

Total votes: 1

Upvotes: 1

Upvotes percentage: 100.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Beberapa Kalimat Motivasi, Buat Kamu yang Lelah Revisi

MABA WAJIB BACA: Kost atau Asrama?