in

MABA WAJIB BACA: Kost atau Asrama?

Selamaaat buat kamu yang sudah diterima di universitas  target! Teruntuk mahasiswa baru yang kebetulan diterima di kampus diluar kota, pasti masih galau memilih akomodasi yang akan kalian pakai selama di rantau. Nah, ada dua opsi, nih, yang bisa kamu pertimbangkan: tinggal di asrama atau nge-kost aja. Apa sih, bedanya di kos sama di asrama? Masih bingung mau pilih nge-kost atau asrama? Berikut ngampus berikan plus minus masing-masing sebagai bahan pertimbangan kamu yaa gengs!

1. Kost

Kost merupakan tempat tinggal sementara yang bisa kamu tempati setelah membayar sewa kamar. Sewa kamar yang dipatok bisa per bulan, per semester, atau per tahun bergantung kesepakatan. Pengelola kost biasanya mematok tarif sewa kamar sesuai dengan luas kamar dan fasilitas yang ditawarkan. Kamar kost yang dilengkapi ac dan televisi atau kamar mandi dalam tentu berbeda harga nya dengan yang memiliki fasilitas standar. Biasanya, semakin lengkap fasilitas, atau semakin strategis lokasinya, harga sewa kamar-nya menjadi semakin mahal. Jadi, sesuaikan kebutuhan dan kemampuan kocek-mu jika hendak memilih kamar kost. Lalu apa bedanya dengan asrama? Perbedaannya adalah di status kepemilikan. Asrama merupakan milik pihak universitas, sedangkan kost-an merupakan milik perorangan yang disewakan. Terus, apa aja sih plus minus tinggal di kost-an? Check it out

+ Buat kamu  yang pengen sekamar sendiri, tinggal di kosan bisa jadi pilihan tepat. 

Yap! Buat kamu yang ngga suka berbagi kamar dengan berbagai alasan, tinggal di kos tidak mengharuskan kamu untuk berbagi kamar dengan orang lain. Cocok nih buat kamu yang ngga suka privasinya terganggu. Mau lebih private lagi? Kamu bisa nih pilih kamar kost dengan fasilitas kamar mandi dalam, sehingga kamu tidak harus berbagi kamar mandi dengan yang lain.

 + Aturan yang diterapkan lebih longgar dibanding di Asrama.

Biasanya, peraturan yang ada di kosan lebih longgar daripada asrama. Peraturan yang biasanya ada di kosan paling hanya seputar jam malam, dan tamu lawan jenis dilarang masuk ke area kamar. Ada juga kosan yang lebih longgar lagi peraturannya, macam tiap penghuni membawa kunci gerbang masing-masing, jadi mau pulang jam berapa-pun bisa masuk hehe.

ARTIKEL MENARIK LAINNYA  Ingin Tas Kuliahmu Awet? Lakukan Hal Berikut ini

+ Ngekos tak terbatas waktu

Kamu bisa tetap tinggal di kosan  itu as long as uang sewa mu lancar, setelah lulus pun kamu pasti masih diperbolehkan tinggal disitu. Cocok nih buat kamu yang pengen cari kerja di kota rantau lepas lulusan.

+ Tambah temen, tambah saudara, tambah relasi

Karena kost-an biasanya tidak dihuni oleh mahasiswa dari jurusan atau kampusmu aja, dengan nge-kos kamu bisa tambah kenalan nih gengs! Siapa tau setelah lulus nanti kalian bisa saling bantu cari lowongan pekerjaan, atau malah ditawari magang di kantornya kan? Lumayan…

+ Fasilitas lebih oke

Biasanya, kosan dengan harga lumayan akan menawarkan fasilitas penunjang yang terbilang oke. Sebagai contoh misalnya demi memudahkanmu dalam mengerjakan tugas, kosan biasanya sudah dilengkapi wifi anti lemot karena hanya terbatas pengaksesnya. Berbeda dengan di asrama yang mungkin lebih banyak orangnya. Belum lagi fasilitas umum yang ditawarkan tentu berbeda pula dengan di asrama.

Selain beberapa poin plus yang ditawarkan, beberapa poin dibawah ini juga perlu kamu perhatikan nih gengs!

– Sekamar sendiri dan semua fasilitas oke memang bikin nyaman, tapi, gimana soal harga ya gengs? Nah, buat kamu yang pengen sewa kost sekamar sendiri dengan fasilitas kamar mandi dalam atau ac, kamu harus siap dana lebih nih gengs. Di kota-kota besar macam Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya harga kost-an dengan fasilitas yang lengkap bisa mencapai Rp1,000,000 keatas per bulannya. Per-bulan ya gengs. Yang perlu kamu ketahui, semakin lengkap fasilitas kost-nya, atau semakin strategis tempatnya, harganya pun akan semakin mahal.

– Dengan aturan yang lebih longgar, tentu sejalan dengan sistem keamanannya ya gengs. Jika dibandingkan dengan tingkat keamanan asrama yang pastinya ber-cctv dan memiliki petugas keamanan yang menjaga, kost-an cenderung memiliki keamanan yang lebih rendah. Perlu kamu ingat bahwa tidak semua kost-an memiliki sistem keamanan yang baik ya gengs!

– Untuk kamu yang memiliki budget terbatas untuk mencari tempat tinggal, kamu bisa kok tetap ngekos, tetapi mungkin lokasinya agak jauh dari kampus. Harga yang ditawarkan pasti akan lebih murah, tapi, inget gengs, dengan lokasi yang lebih jauh dari kampus, kamu juga perlu mengeluarkan untuk transport juga dong jadinya. Yaah…

ARTIKEL MENARIK LAINNYA  Teruntuk Anak Rantau Baru: Estimasi Biaya Hidup di Bandung

Naah, itu tadi beberapa poin plus dan minus kost-an, sekarang ngampus mau bahas tentang poin plus dan minus yang bisa kamu pertimbangkan dari asrama yaa gengs! Check it out

2. Asrama

Sedikit berbeda dengan kost, asrama merupakan tempat tinggal sementara yang disediakan oleh pihak kampus buat kamu mahasiswa rantau yang ngga pengen nge-kost. Beberapa poin dibawah ini ngampus siapkan sebagai bahan pertimbangan kamu nantinya dalam memilih hunian selama di rantau, check it out gengs

+ Kamu bisa menekan pengeluaran dengan tinggal di asrama.

Yap! Harga sewa asrama biasanya lebih murah karena statusnya adalah milik kampus. Buat kamu yang mau berhemat, tinggal di asrama bisa jadi pilihan karena harga sewa per bulan di asrama jauh lebih murah daripada kosan. Range harga yang ditawarkan biasanya berkisar antara Rp250,000 – Rp600.000 per bulan-nya, bergantung kebijakan kampus.

+ Asrama biasanya diurus oleh kepala dan pengurus asrama yang siap sedia 24 jam. 

Untuk masalah kebersihan, di asrama biasanya sudah ada yang mengurus segala sesuatunya. Ada juga asrama yang menawarkan fasilitas laundry lho. Karena lahan yang terbatas, biasanya pihak kampus menawarkan fasilitas laundry gengs.

+ Fasilitas umum yang lengkap di dalam asrama

Di beberapa asrama di kampus ternama juga sudah mulai menawarkan berbagai fasilitas oke macam dapur, kamar mandi, kantin, ruang belajar, ruang tamu, ruang rekreasi, tempat ibadah, jasa laundry, minimarket, ATM, jasa binatu, ruang olahraga, jasa fotokopi dan internet sampai toserba 24 jam. Lengkap banget kan gengs?

+ Jaraknya yang dekat dengan kampus.

Lokasi asrama biasanya strategis dan tidak jauh dari kampus ya gengs. Kamu bisa nih menghemat uang transport karena kamu mungkin hanya perlu berjalan kaki dari asrama ke kampus.

+. Dapat banyak teman.

Karena seperti kita ketahui bersama bahwa dengan tinggal di asrama berarti kamu akan tinggal berdua atau bertiga atau berempat setiap kamarnya, kamu jadi punya kesempatan untuk mengenal lebih banyak orang di lingkungan asrama nih gengs!

Nah, itu tadi beberapa poin plus yang bisa kamu pertimbangkan jika ingin tinggal di asrama ya gengs. Tapi beberapa poin dibawah ini juga perlu jadi bahan pertimbanganmu yaa.

– Yang perlu diingat adalah, biasanya asrama memberlakukan peraturan yang sangat ketat, terutama soal jam malam serta pemakaian air dan listrik. Yap! Dengan tinggal di asrama berarti kamu harus siap untuk mematuhi segala peraturan yang bisa dibilang cukup ketat yang sudah ditetapkan oleh pengurus asrama. Pulang malam? No no no, ada jam malam gengs! Biasanya jam malam yang ditetapkan di asrama adalah pukul 9-10 malam. Jangan harap kamu bisa sering-sering pulang malam.

ARTIKEL MENARIK LAINNYA  Tips Anti Ribet Nonton di Bioskop Buat Mahasiswa

– Asrama memang memiliki fasilitas yang cukup lengkap, tapi ingat, itu fasilitas umum. Ngantri kamar mandi merupakan hal yang wajar di asrama karena kamar mandi yang ada biasnya dipakai untuk umum.

– Sekamar ber-banyak. Buat kamu yang takut tidur sendiri gengs, kamu mungkin cocok untuk tinggal di asrama. Kenapa? Biasanya asrama akan mewajibkan kamu untuk sekamar ber-dua, ber-tiga, atau bahkan ber-empat setiap kamarnya. Privasi akan jelas berkurang ya gengs.

Ada beberapa asrama yang hanya memperbolehkan mahasiswanya tinggal untuk tahun pertama kuliah sajaSetelah itu, mereka diharuskan pindah dan mencari kosan sendiri karena akan dipakai untuk mahasiswa baru angkatan selanjutnya. Huhu …

– Susah menerima tamu. Umumnya masing-masing asrama punya kebijakan yang sama dalam membatasi jumlah kunjungan untuk penghuninya. Jadi susah kan kalau orangtua mau jenguk, Cuma bisa sebentar dan nggak bisa nginep.

Nah itu tadi beberapa poin yang bisa jadi bahan pertimbangan kamu dalam memilih kosan atau asrama yang sudah ngampus data. Jadi kalian #teamanakkos atau #teamanakasrama nih gengs? Sesuaikan budget dan kebutuhan, dan jangan lupa konsultasikan ke orangtua yaa!

(nwrdhni)

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

MABA WAJIB BACA: Kamus Istilah dalam Perkuliahan

Tips Mengatasi Homesick