in

Mahasiswa Apakah yang Kalian Cita – Citakan?

Mahasiswa Apakah yang Kalian Cita – Citakan?

Hei gengs, mahasiswa itu banyak macamnya loo. Bagi kalian terutama para mahasiswa baru, tatalah planing ke depan, kalian itu sebenarnya mau jadi mahasiswa apa sih? Atau kalian tergolong kedalam mahasiswa yang mana?

https://kudo.co.id/blog/12-tipe-mahasiswa-paling-populer-di-kampus-part-1

Sedikit banyak dari kalian yang tau megenai jenis mahasiswa. Ya tepat, ada mahasiswa yang hanya menekuni bidang akademis, aktivis, bahkan mahasiswa hedonis. Nah inilah yang akan kita bahas. Sebelumnya kamu tau nggak sih apa itu mahasiswa akademis, aktivis, dan juga hedonis itu.

https://www.lyceum.id/aktivis-mahasiswa/
https://www.lyceum.id/aktivis-mahasiswa/

Mahasiswa aktivis, mahasiswa yang katanya paling sibuk, jadwal padat, kejar tayang sana sini kaya artis.  Tak dipungkiri, mahasiswa dengan typologi ini rela bermandikan keringat hanya untuk berdemonstrasi menolak kebijakan pemerintah yang tak pro rakyat, melakukan bakti sosial di masyarakat dan bejubel kegiatan lainnya. Sekilas, ini tipe ideal. Tapi kalau mau jadi mahasiswa yang seperti ini harus bisa atur jadwal kalian. Memang mahasiswa macam ini cenderung mempunyai semangat yang berapi – api, berkoar – koar, dan sungguh bergairah. Apalagi kalau lingkungannya yang sangat sensitif dengan hal politik. Tak jarang ideologi serta pendapat mereka banyak yang menentang. Hal inilah yang menjadikan hal negatif melekat pada dirinya. Dengan alasan :

1. Kalau bukan saya siapa lagi?

Memang benar adanya mereka adalah mahasiswa kepo yang ingin tau banyak hal mengenai urusan sekitar. Kalaupun ada masalah politik aku yakin mereka akan geram dan ingin sekali mengkritik. Kalau bukan saya siapa lagi? Inilah yang menjadi alasan mereka mengapa mereka mau berkecimpung sebagai mahasiswa aktivis. Namun hadirnya mereka juga dapat menambah sesuatu yang segar. Bayangkan kalau tidak ada mereka, kan tak ada lagi seminar seminar yang menarik bagi mahasiswa lainnya.

ARTIKEL MENARIK LAINNYA  5 Alasan Kenapa Cewek Cantik dan Pintar Justru Susah Dapar Pacar

2. Hanya numpang eksis

Karena kegiatan yang mereka mumpuni sebegitu banyak. Maka secara otomatis mereka akan sering bolak – balik nongol di acara kampus. Dosen – dosen kampus serta mahasiswa lainnya yang sering lihat mereka akan dengan sendirinya mengenal.

3. Salah satu syarat memperoleh beasiswa

Sering sekali kita temui di beberapa syarat memperoleh beasiswa adalah aktif dalam berorganisasi. Mungkin mereka pikir harus bisa masuk kedalam organisasi kampus seperti BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa) atau HIMA (Himpunan Mahasiswa) 

http://annheather.blogspot.com/2015/03/presentasi-bk-pengertian-faktor.html
http://annheather.blogspot.com/2015/03/presentasi-bk-pengertian-faktor.html

Mahasiswa akademis, tak jarang orang menganggap mahasiswa tipe ini adalah mahasiwa yang pake kacamata lahhh, kutu buku bahkan sulit sekali untuk mengobrol. Mereka lebih sering keperpustakaan daripada ke mall, bergabung dengan kelompok diskusi ilmiah. Dan mahasiswa tipe ini akan lebih sibuk dengan target – target prestasi mereka yang berkoler – koler salah satunya target IPK yang harus melejit setiap semester. Tetapi dibalik itu semua mereka mempunyai beberapa alasan loo, antara lain:

1. Kuliah merupakan Hal yang Amat Berharga Baginya & Keluarganya

Bagi mereka yang memiliki kekurangan dalam hal finansial menganggap bahwa kuliah adalah hal yang langka dan berharga di keluarganya. Oleh sebab itu ia harus memaksimalkan kuliah untuk belajar, karena mungkin ada kesibukan dan tanggung jawab lain baginya untuk membantu nafkah keluarga. Di rumah mereka adalah harapan terbesar bagi keluarganya untuk dapat bertahan dalam penghidupan ekonomi.

2. Tujuan Hidup

Tujuan dan cita-cita setiap orang pastilah berbeda-beda. Ada yang berusaha mati-matian masuk perguruan tinggi ternama hingga benar-benar ingin belajar dan mengejar cita-cita mereka. Mereka yang akademis cenderung berjuang mati-matian untuk dapat berkuliah di tempat yang mereka inginkan, dan setelah mereka mendapatkannya, tentulah mereka juga harus berjuang mati-matian demi bertahan dan lulus dengan hasil memuaskan, bahkan menjadi mahasiswa terbaik. Bisa juga, tujuan mereka kelak memang menjadi dosen atau peneliti, ahli atau akademis dalam arti sebenarnya.

ARTIKEL MENARIK LAINNYA  Alasan Kenapa Kamu Perlu Sesekali Duduk di Depan Saat Kuliah

3. Tidak Tertarik Mengikuti Aktivitas Lainnya

Di depan mata kita terpampang banyak sekali pilihan. Termasuk fokus di akademis. Nah ini juga menjadi alasan mengapa seseorang menjadi akademis, tidak tertarik mengikuti aktivitas lain seperti organisasi, entrepreneurship, dan sebagainya. Satu alasan simpel dan sederhananya adalah… “ya gue ga tertarik”. Minat, bakat, dan ketertarikan setiap orang memang berbeda-beda, dan sudah sepantasnya kita menghargai prinsip dan pilihan orang tersebut.

https://www.vemale.com/topik/pernikahan/77935-5-tipe-cewek-matre-menurut-cowok-2.html
https://www.vemale.com/topik/pernikahan/77935-5-tipe-cewek-matre-menurut-cowok-2.html

Mahasiswa Hedonis, salah satu tipe mahasiswa yang unik. Dalam tipe ini ada banyak sebutannya bagi mereka yaitu kupu – kupu yang artinya kuliah pulang – kuliah pulang atau kunang – kunang yaitu kuliah nangkring – kuliah nangkring. Mereka hanya berkuliah untuk sekedar sebagai status atau dia memang gengsi. Tak jarang baginya mendapat komentar ‘ Wajarlah orang kaya…’

Mahasiswa hedonis, alangkah baiknya jangan kalia tiru ya gengs. Di masa mendatang kalian akan banyak mendapat kerugian. Mereka cenderung akan mengalami kelemahan di hal sosialisasi diri dalam aspek kemasyarakatan. Efek negatifnya akan amat sangat terasa pada proses dunia kerja. Tipe mahasiswa ini lebih bersikap pragmatis yang hanya memikirkan cepat lulus dan memperoleh gelar sarjana. Sesimpel itukah?

Nyatanya dunia kerja tidak hanya menuntut kesarjanaannya saja dari orang tersebut. Melainkan kualitas nilai sosialisnnya. Apalagi dalam dunia kerja sangat sensitif sekali dengan interaksi, serta mengutamakan kemampuan logika berbahasa. Mereka akan merasa kesulitan bilamana hanya mengandalkan logika keilmuannya saja.

Bagi kalian yang masih jadi mahasiswa baru atau baru berniat menjadi mahasiswa. Alangkah baiknya untuk mengambil beberapa sifat baik dalam setiap tipe mahasiswa lalu kalian bisa pupuk kepada diri kalian.

Contoh, mahasiswa aktivis itu baik, mahasiswa akademis juga tidak dibilang buruk. Dan yang paling baik bilamana kalian aktiv dalam berorganisasi tapi kalian harus bisa menuangkan prestasi. Jadikan organisasi itu sebagai alasan kalian untuk berprestasi. Serta jangan lupa tanamkan juga sikap social life kalian, ngobrol dengan teman mahasiswa kalian, namun harus cermat dalam memilih teman.

ARTIKEL MENARIK LAINNYA  Mahasiswa dan Ketergantungan Akan Instagram

Gengs, aku yakin kok kalian menginginkan  menjadi Sarjana plus yaitu sarjana yang tidak hanya pintar dalam bidang keilmuannya saja. Tetapi juga mampu bersosialisasi dan berorganisasi dengan baik serta mampu bertanggung jawab dengan lingkungannya. Dan peka terhadap perubahan – perubahan yang terjadi di masyarakat.

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Tips Sukses Menjawab Pertanyaan Ajaib Pas Kumpul Keluarga

Hal – Hal Penting yang Perlu Mahasiswa Siapkan sebelum Mudik