in

Mahasiswa, ini Pengaruh Begadang Untuk Kesehatanmu

Di era modern macam sekarang ini, kelihatannya setiap orang memiliki pekerjaan atau pun tugas-tugas lain yang tak ada habisnya. Bahkan beberapa orang menghabiskan waktu seharian hanya untuk bekerja, belajar, ataupun untuk hal-hal lainnya yang menyebabkan dan mengharuskan mereka untuk mengurangi jam tidur malam. Bagi kalangan muda, istilah begadang merupakan hal yang umum dilakukan, mereka menghabiskan waktu sepanjang malam hanya untuk nongkrong atau pun bersenang-senang dipinggir-pinggir jalan, cafe, diskotik, maupun tempat-tempat hiburan lainnya. Kebanyakan dari mahasiswa masih belum tau atau mungkin tidak mau tau tentang bahaya begadang bagi kesehatan. Berikut ngampus list beberapa pengaruh begadang terhadap kesehatanmu. Check it out… 

1.  Kelelahan dan sulit untuk berkonsentrasi

Selain tubuh kita yang lelah akibat begadang, pikiran kita juga jadi lelah karena dipaksa untuk terus menerus bekerja tanpa istirahat yang cukup. Selesai begadang biasanya kamu akan mengalami kelelahan yang lumayan mengganggu dan sulit berkonsentrasi. Bahaya nih gengs! Jangan sampai kebiasaanmu begadang mengganggu waktu kuliahmu.

2. Insomnia

Pola tidur yang berubah akibat begadang membuatmu jadi terbiasa untuk menukar jam tidurmu. Sebagai contoh misalnya kamu biasa begadang dan tidur jam 2 pagi atau malah sampai pagi dan mengganti waktu tidurmu di siang hari waah bisa jadi kebiasaan nih gengs! Dan jika hal ini sudah menjadi kebiasaan, kamu akan kesulitan untuk tidur lebih awal.

3. Peningkatan berat badan

Hal ini berkaitan dengan apa yang kalian lakukan selama begadang. Banyak yang mengatakan bahwa jika mereka tidak bisa tidur, hal yang dilakukan pertama kali adalah makan. Pernah ngga sih merasa lapar di tengah malam? nah itu, yang membuatmu untuk tidak berhenti ngemil sampai pada akhirnya jarum timbanganmu bergeser ke kanan.

ARTIKEL MENARIK LAINNYA  Hobi Travelling? Kuliah Saja Di Jurusan Ini

4. Bisa terkena diabetes

Nahloo gengs! ini nih yang bahaya. Masih berkaitan dengan point ketiga tadi, jika kalian memilih untuk mengisi perut kalian sebagai kegiatan karena ngga bisa tidur, kamu harus berhati-hati yaa! Disebutkan bahwa orang yang tidur kurang dari lima jam pada malam hari dapat berisiko terkena diabetes tipe-2. Mungkin penyebabnya adalah saat tidur, kadar gula dalam tubuh menurun, karena gula dalam tubuh banyak dipakai pada proses detoksifikasi. Kok diabetes? Iya, jadi kurang tidur dapat mengurangi kemampuan sel lemak untuk merespon insulin. Tau kan hormon insulin? Yap! hormon yang mengatur metabolisme.

5. Gangguan kulit

Seperti yang sudah diketahui bersama, bahwa begadang juga dapat menimbulkan gangguan kulit. Kulit menjadi pucat, mata bengkak,  kulit kusam, garis-garis halus pada wajah dan lingkaran hitam di bawah mata alias mata panda akan semakin terlihat semakin sering kamu begadang. Selain itu, jika kamu begadang, tubuh akan mengeluarkan hormon kortisol  alias hormon stress yang dapat memecah kolagen kulit, atau protein yang membuat kulit tetap halus dan elastis. Waduuh… percuma dong skincare mu!

6. Bisa Mempengaruhi Kesuburan

Nah ini gengs! Bahayaaaa… jangan lah kamu biasakan begadang  terutama pada wanita. Padai wanita, hal ini cenderung akan mempengaruhi siklus menstruasi. Selain itu, begadang juga dapat mempengaruhi sekresi hormon dan kualitas ovum. Dan bagi pria, begadang dapat mempengaruhi kualitas dan kuantitas sperma lho! Ngeri…

7. Dapat Menyebabkan Penyakit Jantung 

Bahaya lainnya yang bisa membuatmu berpikir lagi untuk segera menyudahi kebiasaan begadangmu adalah fakta bahwa begadang dapat menyebabkan penyakit jantung.  Dengan kebiasaanmu begadang, hal ini dapat berpengaruh pada arteri yang berakibat resiko penumpukan plak pada yang menyumbat pembuluh darah manusia. Hiii… jangan sampai ya gengs!

Setelah mengetahui beberapa pengaruh begadang pada kesehatanmu, mungkin kamu akan berpikir dua kali mengenai kebiasaanmu begadang macam ini. Begadang boleh, tapi jangan sampai jadi kebiasaan yaa! (nwrdhni)

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

ARTIKEL MENARIK LAINNYA  Teruntuk Anak Rantau Baru: Estimasi Biaya Hidup di Bandung

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Beberapa Alasan Mahasiswa Drop Out

Tips Sukses Ujian Semester Meskipun Sistem Kebut Semalam (SKS)