in

Mahasiswa, Pastikan Kamu Sudah Memiliki Keahlian Ini

Gengs, masa-masa menjadi mahasiswa merupakan masa emas yang seharusnya bisa kamu manfaatkan untuk menguasai life skill yang nantinya berguna untuk kehidupanmu setelah lulus dari kampus. Real life tentu berbeda dengan apa yang kamu baca di novel-novel, atau apa yang kamu lihat di drama korea favoritmu. Dengan bermodalkan ilmu yang kamu dapatkan dari bangku perkuliahan belum cukup gengs untuk menaklukan real life. Kamu membutuhkan yang lebih dari itu. Jika untuk bisa lulus satu mata kuliah mungkin bisa kamu capai dengan belajar yang rajin, absensi yang bagus, dan lancar ketika ujian semester, untuk bisa menjalani real life yang aman damai dan sentosa kamu perlu menguasai beberapa poin ini nih gengs!

Kemampuan bernegosiasi itu penting

Kamu perlu nih gengs menguasai skill ini karena nantinya dalam menjalani kehidupan kamu akan bertemu dengan banyak orang dalam berbagai kesempatan. Kamu bisa melatih skill ini dengan cara bergabung dengan organisasi di kampus agar nantinya kamu akan terbiasa bertemu dan berkomunikasi dengan banyak orang tanpa ada lagi rasa canggung. Dengan komunikasi yang baik, kamu akan mudah menjalin relasi dan bernegosiasi dengan orang lain. Hal ini mungkin belum begitu bermanfaat untukmu sekarang, tapi dalam dunia kerja, relasi yang banyak dan link yang luas adalah hal yang sangat penting dan itu harus kamu punya.

Public Speaking juga Penting

Teruntuk kamu yang saat ini masih suka malu-malu berbicara di depan orang banyak, cobalah untuk melatih kepercayaan dirimu selagi masih berstatus mahasiswa. Dunia pekerjaan nantinya akan membutuhkan orang dengan public speaking yang baik lho gengs! Berbicara di depan orang banyak memang bukan pekara yang mudah apalagi untuk kamu yang jarang ber-organisasi dan lebih suka mengurung diri. Kamu bisa sedikit melatih kepercayaan dirimu dalam presentasi tugas perkuliahan atau mungkin dengan memberi pendapat pada kelompokmu mengenai tugas yang sedang kalian kerjakan juga boleh. Mulai dari hal kecil, yang sering dilakukan, supaya bisa jadi kebiasaan yang melekat sampai nantinya kalian lulus dan siap menghadapi dunia kerja.

ARTIKEL MENARIK LAINNYA  Mengenal Karakter Tiap Generasi, Kamu yang Mana?

Kemampuan untuk menghargai waktu

Hiduplah seakan kamu tidak memiliki cukup waktu, maka seluruh urusanmu akan bisa selesai tepat waktu. Kamu yang terbiasa bermalas-malasan dan menunda segala urusan tentu pernah merasakan pusingnya dikejar deadline kan? Gengs, di dunia kerja nanti, kamu akan lebih dituntut untuk bisa menghargai waktu yang kamu punya sejalan dengan sederet deadline yang harus kamu kerjakan. Jadi, selagi masih menjadi mahasiswa, berlatihlah untuk memanage waktu sebaik mungkin, usahakan untuk tidak menunda pekerjaan dan lakukan hal yang bisa kamu kerjakan terlebih dulu. Sehingga tidak ada waktu yang terbuang tanpa hasil yang didapatkan.

Etika yang baik 

Semua hal diatas tidak akan berarti apa-apa tanpa etika yang baik dalam berinteraksi. Tidak usah muluk-muluk, mengerti kapan harus berbicara tanpa memotong pembicaraan, menatap sopan saat diajak berbicara, dan selalu gunakan kata maaf, tolong, dan terimakasih saja bisa mulai kamu latih sejak sekarang ya gengs! Dengan etika yang baik, kamu akan mendapat nilai lebih di masyarakat. Jika hal ini jelek, semua hal baik yang kamu punya tidak akan terlihat lho gengs! Jadi hati-hati dalam berinteraksi yaa.

Kemampuan untuk memimpin dan bekerja sama dalam team

Sekedar info nih gengs, selain kemampuan menjalin relasi, dalam mencari pekerjaan nanti, salah satu syarat yang diajukan biasanya seputar kemampuan dalam memimpin dan bekerja sama dalam team. Kamu bisa mulai melatih skill ini dengan mengikuti organisasi yang ada di kampusmu. Dengan bergabung bersama organisasi, selain jiwa kepemimpinan yang diharapkan dapat tumbuh, kemampuanmu dalam mengatasi masalah dan menjalin relasi juga akan terlatih. Setidaknya kamu akan terbiasa untuk mengemban tanggung jawab dan melatih kepekaanmu dalam team.

Nah, itu tadi beberapa kemampuan yang sebaiknya kamu miliki sebelum nantinya lulus dan melangkah ke jenjang selanjutnya di masyarakat ya gengs! Anyway, jangan lupa, yang terpenting dari itu semua adalah etika. Jadi mau seberapa bagusnya IPK-mu atau seberapa banyaknya kemampuan yang kamu punya, kalau kamu tidak ber-etika akan menghambat progresmu kedepannya. Jadi, terapkan prinsip attitude is number 1 ya gengs! (nwrdhni)

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

ARTIKEL MENARIK LAINNYA  Beberapa Tipe Dosen yang Pasti Ada di Kampusmu

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Beberapa Tips Menjawab Soal Essay

Padjadjaran Fun Bike