in

Mahasiswa, Tahu Ngga Apa Bedanya TOEFL, IELTS, dan TOEIC?

Menjelang prosesi wisuda atau sidang skripsi kalian mungkin sering mendengar “eh udah tes TOEFL belum?”, atau “Dapet berapa TOEFL?”. Hal ini dikarenakan kebijakan sebagian besar kampus yang mewajibkan mahasiswa-nya untuk mengikuti tes TOEFL dulu sebelum lulus. Saking seringnya denger, mungkin kamu jadi cukup familiar dengan jenis tes Bahasa Inggris yang satu ini ya gengs! Tapi tau ngga sih apa itu TOEFL? Iya, secara general, kita tahu bahwa TOEFL merupakan tes yang dilakukan untuk menguji kemampuan Bahasa Inggris kita. Tapi, sebenarnya, selain TOEFL, ada lagi lho tes yang digunakan untuk mengukur kemampuan berbahasa Inggris kita, tentu, untuk tujuan yang berbeda. Kalau mungkin kamu udah familiar dengan TOEFL, bagaimana dengan IELTS atau TOEIC nih gengs? Tau ngga? IELTS? TOEIC? Apa tuh? Singkatan nama perusahaan? Waduh parah gengs kalau hari gini kamu masih belum tau apa itu IELTS dan TOEIC. IELTS (baca: aiyelts) dan TOEIC juga merupakan tes yang digunakan untuk mengukur kemampuan berbahasa Inggrismu nih gengs! Tapi berbeda dengan TOEFL, TOEIC dan IELTS biasanya digunakan untuk kepentingan berbeda. Nah, daripada bingung, berikut ngampus kasih penjelasan tentang apa itu TOEFL, TOEIC dan IELTS ya gengs! Dari situ mungkin kamu bisa tahu dimana letak perbedaannya. Check it out…

1. TOEFL

TOEFL atau Test of English as a Foreign Language merupakan tes Bahasa Inggris yang ditujukan untuk pelajar atau mahasiswa yang ingin melanjutkan studinya.  Kamu yang sudah pernah mengikuti tes TOEFL pasti tahu bahwa kemampuan yang diuji di dalam TOEFL meliputi kemampuan listening, reading, dan structure. Tes TOEFL sendiri ada 2 bentuk; iBT dan ITP. Tes TOEFL iBT merupakan tes yang dilakukan secara online melalui internet. Sedangkan tes TOEFL ITP dilakukan melalu ujian tertulis. Range score TOEFL sendiri berkisar antara 310 sampai 677. Selain sebagai syarat kelulusan, TOEFL juga sering digunakan sebagai syarat masuk universitas atau lembaga-lembaga pemerintahan. Selain itu,jika kamu berencana untuk melanjutkan studi di luar negeri, ingin mendaftar beasiswa, atau ingin mengajukan visa belajar di luar negeri kamu wajib melakukan tes TOEFL dulu ya gengs! Biasanya, sebagai syarat masuk universitas atau standard kelulusan minimal scorenya berkisar antara 450 sampai 500 tergantung kebijakan universitas dan jurusannya. Mahasiswa jurusna non-Bahasa Inggris biasanya ditarget dengan score TOEFL minimal 450-475, sedangkan untuk mahasiswa jurusan Bahasa Inggris, score yang ditetapkan biasanya 500. Oh iya, fyi, jenis sertifikat TOEFL ada 2 nih gengs! TOEFL Institutional dan TOEFL Internasional. Untuk bisa mendaftar beasiswa studi di luar negeri biasanya membutuhkan TOEFL Internasional, sedangkan tes TOEFL yang diadakan kampus sebagai syarat kelulusan biasanya merupakan TOEFL Institutional. Untuk range harga, tes TOEFL biasanya ditawarkan antara 100 sampai 750 ribu rupiah, bergantung jenisnya.

ARTIKEL MENARIK LAINNYA  Kamu Tipe Mahasiswa Ekstrovert? Profesi Ini Mungkin Cocok Buat Kamu

2. TOEIC

TOEIC a.k.a Test of English for International Communication merupakan tes yang ditujukan bagi mereka yang memiliki bahasa ibu selain Bahasa Inggris dan ingin menunjukkan kemampuan berkomunikasi dalam bahasa Inggris terutama di dalam dunia kerja Nah dari namanya aja udah ketauan ya gengs, kalau tujuan adanya tes TOEIC ini sebagai tes untuk mengetes kemampuan berkomunikasi dalam Bahasa Inggris. Hal ini tentu berbeda dengan TOEFL ya gengs! Jika TOEFL biasanya dilaksanakan guna mamenuhi syarat untuk beasiswa atau kelulusan, TOEIC lebih spesifik lagi fungsinya. Tes TOEIC biasnya diambil oleh para calon pengajar Bahasa Inggris atau kamu yang mau bekerja di luar negeri. Tidak hanya itu gengs, keperluan lain macam bisnis, indutri, dan perdagangan juga membutuhkan TOEIC agar mendapat lisensi. Berbeda dengna TOEFL, kemampuan yang diujikan dalam TOEIC ada dua, yaitu kemampuan listening dan reading dengan range nilai antara 10 sampai 990. Dan untuk harga yang ditawarkan berkisar antara 400-600 ribu rupiah.

3. IELTS

Serupa tapi tak sama, IELTS dan TOEFL bak saudara kembar yang tak identik nih gengs! Kenapa? Karena sebenarnya tujuan dari tes TOEFL dan IELTS itu sama, lho, sama-sama untuk mengetes kemampuan berbahasa Inggris kita. Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, IELTS atau International English Language Testing System merupakan tes yang digunakan untuk mengetes kemampuan berbahasa Inggris jika kita ingin melanjutkan studi di luar negeri. Sedikit berbeda dengan TOEFL, IELTS biasanya dijadikan standard jika kita ingin mendaftar beasiswa ke negara-negara seperti Australia, Inggris dan Selandia Baru. Perbedaan lainnya terletak pada bahasa yang dipakai. Jika dalam TOEFL lebih menggunakan American English, pada tes IELTS, bahasa Inggris yang digunakan adalah British English. Ada dua jenis IELTS; Academic IELTS yang diperuntukkan bagi kamu yang ingin mendaftar Universitas di luar negeri, atau General IELTS untuk kamu yang berencana mengikuti pelatihan non akademik untuk pengalaman kerja atau untuk tujuan keimigrasian. Terdapat empat bagian yang diuji dalam IELTS yakni kemampuan Speaking, Writing, Listening dan Reading yang semuanya ditulis menggunakan tulisan tangan. Setiap kemmapuan akan dinilai dengan range score 0-9. Kemudian akan diambil average band atau ratat-rata skor akhir juga dalam skala 0-9. Yang menarik, pada speaking section di IELTS, kamu akan diminta untuk berbicara langsung dengan native speaker dan berbincang langsung mengenai suatu topik. Seru yaa! Untuk harga yang ditawarkan, IELTS terbilang paling mahal diatara kedua tes diatas. Yap! Untuk dapat mengikuti tes ini kamu perlu merogoh kocek sebesar 2,5 juta – 3 juta rupiah. Hmmm… lumayan ya.

ARTIKEL MENARIK LAINNYA  Tidak Lulus SBMPTN? Coba 5 Alternatif ini

Nah gimana gengs, sekarang udah ngga bingung dong kalo ditanyain apa itu TOEFL, TOEIC dan IELTS? Sebelum kamu berencana untuk mengikuti tes-tes tersebut tentu akan sangat bijak jika kamu mempersiapkannya terlebih dahulu ya gengs! (nwrdhni)

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Beberapa Hal Yang Patut Kamu Coba Ketika Bertemu Dosen Killer

Kamu yang Punya Pacar Sekampus Pasti Pernah Merasakan Hal Ini