in

Makanan Pelipur Lara di Kala Galau

Revisian skripsi yang tak terhingga sering membuat kita sedih, patah semangat, hingga stres. Belum lagi ada masalah lain seperti belum munculnya calon pasangan ideal atau bagi yang sudah punya kekasih malah diuji dengan komitmen dalam menjalin hubungan. Tekanan dari berbagai pihak yang tak ada hentinya juga kerap membuat pikiran tak tenang. Banyaknya kombinasi masalah dalam hidup sering membuat kita galau tak berkesudahan. Ingin rasanya membuang kegalauan ini tetapi bingung bagaimana caranya. Selain mencoba menghibur diri dengan menyibukkan pada hal yang disukai, kita biasa mencoba memperbaiki mood kita dengan mengkonsumsi makanan favorit. Selain bisa menangkal berbagai penyakit, makanan juga dapat mencegah depresi. Tak heran apabila kita mengkonsumsi makanan berikut ini, kita akan merasa lebih bahagia karena adanya peningkatan suasana hati. Apa saja makanan tersebut? Berikut ini lima makanan yang ampuh meningkatkan suasana hati.

1. Cokelat Hitam (Dark Chocolate)

Siapa yang  tak kenal cokelat? Makanan yang satu ini sudah dikenal sejak ribuan tahun yang lalu sebagai hidangan para raja. Cokelat menjadi salah satu makanan yang dapat memperbaiki suasana hati seseorang. Cokelat hitam mampu meningkatkan kadar serotonin dalam tubuh, yang hampir sama seperti antidepresan. Selain itu, cokelat hitam mengandung karbohidrat dalam bentuk gula, yang memerintah tubuh untuk memproduksi lebih banyak serotonin. Cokelat hitam juga dapat memperlambat produksi hormon stres yang kemudian akan mengurangi rasa cemas. Untuk mengatasi depresi atau rasa galau, makanlah 1 sampai 1/2 ons cokelat hitam setiap hari.

2. Almond

Kacang almond kaya akan kandungan magnesium yang baik untuk mengatasi depresi. Magnesium yang terkandung dalam almond dapat mempengaruhi produksi serotonin yang memberikan mood baik dalam otak. Mineral ini juga membantu kita memiliki energi. Mengkonsumsi almond setiap hari dapat membantu mengubah mood kita menjadi lebih baik. Selain itu, almond juga kaya akan senyawa yang disebut tirosin. Senyawa ini mampu mencegah penurunan fungsi kognitif, terutama dalam mengatasi stres.

ARTIKEL MENARIK LAINNYA  Mahasiswa, Bawa Serta Selalu Barang-barang Ini

3. Salmon

Salmon mengandung omega-3 yang sangat tinggi. Nutrisi tersebut sangat penting bagi tubuh. Sayangnya, tubuh tidak bisa memproduksi sendiri omega-3. Orang depresi biasanya memiliki asupan asam lemak omega-3 rendah. Asam lemak Omega-3 mendukung fungsi otak normal dengan mengurangi peradangan. Riset menunjukan konsumsi ikan salmon yang tinggi asam lemak omega-3 dapat meredakan depresi. Salmon juga mengandung anti inflamasi yang melawan peradangan. Berdasarkan riset, depresi bisa dipicu oleh peradangan tinggi pada tubuh. Salmon juga sangat baik untuk kesehatan secara keseluruhan karena dapat meningkatkan sirkulasi dan mengurangi keseluruhan risiko penyakit jantung.

4. Buah Berry

Selain dapat membantu program diet, buah berry juga memiliki khasiat yang sangat baik bagi otak kita. Buah berry kaya akan flavonoid yang dapat mengatur suasana hati, meningkatkan memori dan mengurangi peradangan. Jadi, saat suasana hati memburuk, konsumsilah semangkuk besar stroberi, blueberry dan raspberry yang ditambah cuka balsamic dan taburan gula.

5. Asparagus

Asparagus merupakan sayuran hijau yang ampuh mengatasi depresi dan stres. Asparagus dikenal memiliki kandungan asam folat yang tinggi. Rendahnya kadar asam folat berhubungan dengan depresi. Asparagus mengandung vitamin B yang penting untuk meningkatkan mood. Asparagus juga mengandung tryptophan, yang membantu meningkatkan serotonin di otak dan menghambat depresi dan kecemasan. Konsumsi asparagus dengan mengukus dan memasukan ke dalam salad, sup, atau sayuran lainnya.

6. Bayam

Bayam kaya nutrisi, seperti asam folat, magnesium, dan seng yang penting untuk kesehatan otak dan mengatasi gejala depresi. Sayuran berwarna hijau gelap seperti bayam juga mengandung asam lemak omega-3 yang mampu mencegah peradangan. Cobalah mengonsumsi lebih banyak bayam yang bisa dijadikan salad, jus hijau sehat atau juga dimasak seperti yang biasa kita konsumsi.

ARTIKEL MENARIK LAINNYA  5 Tips Agar Tetap Semangat Belajar Meski Dikejar Tugas Kuliah

Itu tadi enam jenis makanan yang dapat memperbaiki mood dan mengatasi stres serta depresi. Ketika galau jangan dilampiaskan dengan mengkonsumsi makanan yang tidak sehat karena dapat memperburuk kesehatan tubuh kita. Konsumsilah enam jenis makanan tadi sembari mencoba mengelola stres dengan memikirkan hal-hal yang positif. Be Stress-Free and Blue-Free peeps. (rizkiift)

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Simposium Nasional Penginderaan Jauh 2018

Mahasiswa, Kangen Ngga sih Sama 7 Kebiasaan ini?