in

Mau Begadang Nonton Piala Dunia tapi Takut Kuliah Keteteran?

Demam Piala Dunia 2018 atau FIFA World Cup sedang mewabah di seluruh dunia. Hingar bingar piala dunia di negara Rusia pun sampai ke Indonesia. Dari anak-anak hingga kakek-kakek tak ketinggalan untuk menonton pertandingan live sepakbola dari negara-negara jagoannya. Mereka pun sampai rela begadang karena tidak ingin melewatkan momen-momen Piala Dunia yang hanya diadakan 4 tahun sekali saja. Situasi ini terkadang sangat dilematis untuk mahasiswa yang ingin ikut menyaksikan Piala Dunia namun jadwal kuliah padat dan tugas menumpuk. Mungkin banyak dari kalian jadi sering terlambat masuk kuliah, lupa tidak mengerjakan tugas, atau malah sakit karena begadang untuk menonton Piala Dunia. Wah, kalau sampai kuliah keteteran karena sakit seperti itu bisa kacau. Niatnya mau ikut Demam Piala Dunia eh malah sakit Demam sungguhan. Tapi tak usah khawatir. Kalian tetap bisa begadang dengan cara yang sehat sehingga kuliah tidak keteteran, asalkan kalian terapkan tips-tips berikut ini.

1. Buat Jadwal Tidur

Begadang di malam hari bukan berarti tidak tidur sehari penuh. Tubuh tetap membutuhkan tidur untuk mengistirahatkan badan sejenak.  Ketika kalian sudah memperkirakan bahwa akan begadang pada malam hari, maka buatlah jadwal tidur untuk diri sendiri. Misalnya, mewajibkan diri sendiri untuk tidur pada jam-jam tertentu. Cobalah mencicil tidur untuk memenuhi waktu tidur kalian dari jauh-jauh hari agar saat hari-H begadang, tubuh kalian akan dengan cepat menyesuaikan sistemnya untuk menemani terjaga semalaman suntuk. Entah tidur di jam berapa pun, biasakan tidur pada jam yang sama. Waktu tidur yang tidak beraturan akan mengganggu ritme biologis tubuh yang mengakibatkan ketidakseimbangan hormon sehingga bisa menimbulkan berbagai macam penyakit.

2. Batasi Minuman Berkafein

ARTIKEL MENARIK LAINNYA  12 Tips Hemat a la Anak Kost

Kandungan kafein pada kopi, teh, atau minuman berenergi memang dapat membuat tidak ngantuk sepanjang malam. Minumlah kopi atau teh secukupnya, misalnya dengan menyiapkan secangkir kopi yang diminum secara bertahap selama begadang. Jangan mengkonsumsi minuman berenergi karena dapat membuat tubuh akan rusak lebih cepat. Kafein memiliki efek yang baik, asalkan tidak dikonsumsi berlebihan. Mengkonsumsi kafein secara berlebihan bisa mengakibatkan beberapa gangguan kesehatan seperti susah tidur, jantung berdebar, dan produksi asam lambung berlebihan. Minum banyak air putih dan madu agar bisa menjaga metabolisme dan juga menambah energi.

3. Konsumsi Makanan Bergizi Seimbang

Mengkonsumsi makanan bergizi seimbang dapat membuat tubuh lebih bugar dan bersemangat saat beraktivitas. Konsentrasi juga akan terjaga dengan baik bila mengkonsumsi makanan bergizi seimbang. Jangan mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat secara berlebihan supaya kadar gula darah tetap stabil dan metabolisme tubuh tidak terganggu. Lebih baik pilih makanan yang sehat dan makan secara teratur. Menyantap aneka camilan juga diperbolehkan tapi pastikan kalau camilan tersebut tetap bergizi. Camilan yang bisa dikonsumsi berupa buah-buahan, biskuit oatmeal, kacang panggang atau rebus, dan popcorn dengan porsi yang cukup dan tidak berlebihan.

4. Jangan Malas Berolahraga

Mulai sekarang jangan malas berolahraga. Banyak olahraga yang bisa dilakukan seperti jogging, olahraga permainan, renang, yoga, dan beragam aktivitas fisik lainnya. Rutin berolahraga dapat membantu tubuh supaya tidak terasa lemas dan menjadi lebih bersemangat. Olahraga juga dapat membuat tubuh menjadi tidak mudah sakit meskipun sering begadang. Aktivitas fisik di luar ruangan pada pagi hari juga sangat baik karena tubuh membutuhkan sinar matahari yang cukup.

https://cdn.mommypotamus.com/wp-content/uploads/2012/05/vitamin-d-supplements.jpg

5. Konsumsi Vitamin D3

Kekurangan vitamin D3 merupakan salah satu masalah kesehatan yang paling sering dialami orang-orang nokturnal. Suplemen vitamin D3 bisa membantu mencukupi kebutuhan vitamin D3 kalian karena kurangnya asupan vitamin D3 dari sinar matahari, makanan, atau minuman.

ARTIKEL MENARIK LAINNYA  APLIKASI WAJIB SMARTPHONE BUAT MAHASISWA
https://cdn.sindonews.net/dyn/620/content/2018/06/11/155/1313447/tips-begadang-sehat-saat-nonton-piala-dunia-lWb.jpg

6. Jangan Begadang Setiap Hari

Jangan begadang setiap malam karena selain membuat tubuh menjadi kurang fit. Banyak penyakit akibat dari begadang yang akan mengganggu rutinitas kuliah. Oleh karena itu, sebisa mungkin aturlah jadwal untuk begadang semisal 2 hari sekali atau seminggu 3 kali. Hal ini dilakukan agar tubuh juga bisa beristirahat sehingga mencegah penyakit yang tidak diinginkan menyerang tubuh.

Generasi muda yang cerdas tentu harus paham bagaimana cara menjaga kesehatan tubuh di sela-sela padatnya rutinitas kuliah. Ayo begadang yang sehat mulai dari sekarang agar bisa tetap nonton Piala Dunia tanpa kuliah keteteran. Selamat begadang sehat!

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Millennial, Pekerjaan ini Mungkin Cocok Untukmu

5 Keuntungan Gap Year Alias Jeda Setahun Sebelum Kuliah