in

Millennial, Pekerjaan ini Mungkin Cocok Untukmu

Konon, generasi millennial atau generasi yang tahun ini berada di rentang umur 19 sampai 35 tahun dikatakan lebih rewel dalam urusan mencari pekerjaan. Selain tidak sabaran, millennial dianggap cenderung lebih tidak mau terikat dalam waktu yang lama dan gigih dalam mencari peluang. Biasanya, hal yang diidamkan para milennial adalah berpenghasilan tinggi dengan tingkat stres yang rendah. Sedangkan fakta yang ada sekarang, lapangan pekerjaan yang tersedia hanya sisa-sisa peninggalan generasi terdahulu yang rata-rata bekerja dari jam 8 pagi sampai 5 sore, kerja kantoran berseragam, yang lebih sering lembur dan banyak mengadakan kegiatan di hari libur which is sesuatu yang kami, millennial, ngga suka. Ya ngga sih gengs?

Seiring berjalannya waktu, sesuai dengan semakin berkembangnya teknologi, muncul-lah beberapa pekerjaan yang dianggap cukup menarik bagi milennial. Pekerjaan yang sesuai dengan karakteristik millennial yang ogah terikat, dan menawarkan fleksibilitas jam kerja yang menggoda. Berikut beberapa pekerjaan yang mungkin akan cocok untukmu, millennial. Check it out… 

1. Social Media Strategist 

Semakin berkembangnya jaman, diikuti dengan kemunculan beragam sosial media yang saat ini memang sangat berpengaruh apalagi di kalangan anak muda, membuka peluang kerja baru yang dianggap cukup vital nih gengs! Yap! Social media strategist saat ini memang banyak dibutuhkan perusahaan untuk memantau apa yang sedang dicari oleh banyak orang melalui sosial media, mengoptimalisasikan promosi mencari tahu apa yang sedang hype di pasar, dan lain sebagainya. Pekerjaan ini dianggap sesuai dengan millennial yang tiada hari tanpa smartphone dan social media.

2. Selebgram

Kalau generasi jaman old lebih suka untuk mengagumi para selebritis, generasi millennial berlomba-lomba untuk jadi selebgram alias seleb instagram. Instagram, tentu kamu dong gengs, aplikasi sejuta umat yang digunakan untuk share foto atau video, macam facebook tapi lebih banyak berisi foto-foto. Menjadi selebgram membutuhkan kerja keras juga nih gengs, selain wajah yang kece, kamu juga perlu menjalin relasi dan berprestasi supaya bisa menarik banyak orang untuk jadi follower kamu. Tapi, tak jarang, ada juga selebgram yang mendadak viral dan diikuti banyak orang karena sensasinya di dunia maya. Pengen jadi selebgram? Untuk pemula, bermodalkan smartphone dan skill public speaking yang oke, kamu bisa dong mencoba peruntungan dengan membuat review skin care routine-mu, atau coba kasih opini tentang satu isu yang lagi viral, atau bikin video lucu-lucuan juga boleh. Siapa tau kan, lama-lama kamu dapat endorsement, dapet skin care gratis, atau menghasilkan uang sendiri dari video-video yang kamu upload.

ARTIKEL MENARIK LAINNYA  Aktif berorganisasi? Why not? Ini dia manfaatnya

3. Youtubers

Tidak jauh berbeda dengan selebgram, kamu yang hobi nyanyi, masak, atau tertarik di bidang videografi bisa dong iseng-iseng coba jadi YouTuber. Kamu bisa coba mereview produk tertentu, atau bikin video unboxing, atau mempromosikan suara indahmu di YouTube sambil menambah subscriber. Kamu tentu sudah tau dong, kalau dengan sekian kali penayangan, atau semakin viralnya kamu, YouTube akan memberikan uang sebagai dispensasi atas kerja kerasmu. Honor yang diberikan juga tidak main-main lho gengs! Nama-nama seperti Awkarin, Raditya Dika, Bayu Skak, Tasya Farasya, dan masih banyak lainnya, merupakan contoh YouTuber Indonesia berpenghasilan WOW.  Berminat mencoba gengs?

4. Videographer

Millennial memang dikenal sebagai generasi yang tech-savy, tidak salah kalau kebanyakan pekerjaan yang sesuai, pasti berhubungan dengan teknologi, atau sosial media yang memang saat ini sangat berpengaruh. Kalau kamu merasa tidak percaya diri untuk membuat video tentang dirimu sendiri, kamu bisa dong bekerja sebagai videographer. Banyak perusahaan yang membutuhkan seorang videographer untuk membuat konten video menarik yang bisa “dilihat” banyak orang. Sebagai seorang videographer, tugasmu adalah membuat konten video singkat mengenai perusahaan tempat kamu bekerja, atau mengenai isi website yang akan kamu promosikan. Cara ini terbukti lebih efektif dan lebih mengena dibanding share link. Tak heran, banyak perusahaan atau penyedia jasa yang membutuhkan seorang videographer.

5. Food Stylist

Food stylist dibutuhkan untuk pemotretan makanan agar menambah nilai promosi lho gengs! Kamu yang menyukai dunia kuliner dan kreatif bisa nih coba! Menata makanan gunanya agar makanan terlihat lebih bagus dan menggoda, sehingga nantinya dapat mencapai target promosi yang lebih banyak. Kamu bisa semakin mengembangkan kreativitasmu disini nih gengs!

6. Content Writer 

ARTIKEL MENARIK LAINNYA  5 Jurusan ini Sepi Peminat tapi Prospek Karir Menjanjikan

Kamu millennial yang memiliki passion di bidang menulis, bisa nih coba jadi content writer. Disini kamu akan berlatih untuk menggali ide-ide yang out of the box. Seorang content writer bertugas untuk membuat konten dari sebuah perusahaan atau brand dengan semenarik mungkin. Selain kemampuan menulis, kemampuan design juga dibutuhkan dalam pekerjaan ini. Fee yang ditawarkan juga lumayan lho gengs! Lumayan laah buat menambah penghasilanmu.

7. Sociopreneur

Tidak dipungkiri generasi millennial, atau generasi muda sekarang memang banyak pengaruhnya dalam masyarakat. Kamu yang punya gagasan, bisa nih mencoba menjadi sociopreneur. Sociopreneur atau social entrepreneur adalah pengusaha yang berangkat dari permasalahan yang ada. Membangun bisnis sebagai jawaban dari permasalahan yang ada di masyarakat cocok banget nih buat kamu yang punya kepekaan sosial yang tinggi dan tidak takut untuk memulai hal yang baru. Contoh yang sudah ada adalah adanya aplikasi gojek. Buat kamu yang memiliki ide yang kuat, cobalah untuk mencari sponsor dan membuat usaha ya gengs! 

Jadi, tenang ya gengs, kalau kamu belum lolos seleksi CPNS, atau tidak diterima di perusahaan BUMN impian orangtuamu, cobalah untuk mengenalkan beberapa profesi diatas ke orangtuamu, katakan bahwa pekerjaan tidak melulu soal berangkat jam 8 pulang jam 5 dan berseragam. Masih banyak pekerjaan yang mungkin cocok dan sesuai dengan passion-mu. Masih kuliah? Kamu bisa kok coba beberapa pekerjaan ini untuk menambah penghasilanmu, atau mau coba usaha tapi minim modal? Ngampus punya solusinya disini. Tetap semangat ya gengs! (nwrdhni)

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Tips Mengatasi Kecanduan Gadget

Mau Begadang Nonton Piala Dunia tapi Takut Kuliah Keteteran?