in

Part 1: 10 Program Studi Banyak Diminati Calon Mahasiswa Baru

Program Studi Banyak Diminati Calon Mahasiswa Baru

Bulan yang ditunggu pada kalangan calon Mahasiswa Baru, maba. Bulan April tahun 2018 ini dianggap sebagai bulan yang paling penting bagi sebagian besar kehidupan siswa SMA yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Di awal April kemarin, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) Republik Indonesia sudah mengumumkan hasil dari SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) 2018 dengan hasil hanya ada 110.946 siswa dari 586.155 siswa yang telah mendaftar yang berhasil lolos. Dari jumlah tersebut ditemukan sebanyak 28.069 siswa diantaranya adalah penerima bidikmisi.

Sebagian besar siswa yang gagal dalam SNMPTN 2018 pun banyak yang mendaftarkan kembali diri mereka untuk mengikuti SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) 2018 yang diadakan tanggal 8 Mei 2018 kemarin. Bagi kalian yang mencoba jalur selanjutnya yaitu jalur Mandiri. Simak beberapa prodi berikut ini yang banyak sekali peminatnya di jalur seleksi sebelumnya. Ini dapat menjadi bahan pertimbangan kalian dalam menentukan prodi yang akan dipilih.

Dari banyaknya program studi yang disediakan di berbagai Perguruan Tinggi Negeri (PTN), menariknya ada 10 program studi yang peminatnya dinilai paling banyak . Apa saja 10 program studi ini? Berikut penjelasan yang terkait. 10 prodi ini juga telah dilansir oleh Mamikios.com.

https://kopertis3.or.id/v5/2015/11/06/edaran-mekanisme-pelatihan-non-gelar-pp-pts-tahun-2015/

1. Manajemen

http://revenueconsultant.com/2017/10/24/importance-solid-management-system/
http://revenueconsultant.com/2017/10/24/importance-solid-management-system/

Program studi manajemen adalah salah satu jurusan favorit dari rumpun ekonomi dan bisnis bagi calon-calon mahasiswa baru yang masih  eksplor jurusan kuliah. Selain terbilang cukup populer dan dapat ditemukan di seluruh perguruan tinggi, lulusan manajemen juga cukup banyak diminati menjamin kamu untuk memiliki prospek kerja yang tidak terbatas. Mengapa demikian? Karena tidak ada bidang pekerjaan yang tidak membutuhkan praktisi manajemen. Betul?

ARTIKEL MENARIK LAINNYA  Dear Introvert, Menjadi Diri Sendiri Tak Selamanya Negatif Kok

Peminatan studi nya ada banyak diantaranya Manajemen Bisnis, Manajemen Pemasaran, Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen Keuangan, Manajemen Syariah, Manajemen produksi. Tak perlu kawatir bagi kalian peluang karir dalam prodi ini sungguh luas. Contohnya menjadi  Manager atau bagian manajemen di berbagai perusahaan dan menjadi HRD (Human Resource Development) pun kalian bisa.

2. Akuntansi

https://www.youthmanual.com/post/dunia-kuliah/jurusan-dan-perkuliahan/kalau-kamu-suka-akuntansi-dan-matematika-coba-lirik-jurusan-kuliah-aktuaria-prospek-kerjanya-wow
https://www.youthmanual.com/post/dunia-kuliah/jurusan-dan-perkuliahan/kalau-kamu-suka-akuntansi-dan-matematika-coba-lirik-jurusan-kuliah-aktuaria-prospek-kerjanya-wow

Pada bidang ini kalian nggak usah khawatir. Bidang ini tak sesulit seperti apa yang kalian fikirkan kok, bukan soal merancang rumus atau menjadi ahli penghapal rumus yang biasa kalian gunakan dalam matematika. Kalian akan merasa senang ketika mengelola jumlah keuangan yang mencapai milyaran bahkan triliunan.

Bayangkan uang segitu banyaknya akan kalian buat apa? Karena secara singkat, akuntan membuat catatan keuangan suatu perusahaan. Akuntan dapat bekerja untuk pemerintah, perusahaan, atau organisasi. Akuntan menyiapkan laporan keuangan seperti perpajakan, dan memastikan pajak dibayarkan tepat waktu. Akuntan juga dapat berkecimpung di dunia pendidikan, menjadi seorang guru akuntan.

Mereka juga dapat menyarankan cara meningkatkan keuangan dengan cara mengevaluasi anggaran. Akuntan membuat rekomendasi kepada manajer mengenai cara mengurangi biaya operasional, supaya suatu usaha dapat berjalan dengan efisien dan efektif, dan meningkatkan untung bagi suatu usaha. Beberapa akuntan juga mengivestigasi kecurangan dalam penjalanan suatu usaha atau organisasi. Selain membuat laporan dan rekomendasi, mereka juga harus menjelaskannya dengan cara yang mudah dimengerti kepada manajer, pemegang saham, dan pihak yang terlibat lainnya.

Peminatan studinya sangat beragam diantaranya Akuntansi Perpajakan, Akuntansi Sektor Publik, Sistem Informasi Akuntansi, Akuntansi Pemeriksaan, Akuntansi Keuangan. Untuk peluang karir seorang Akuntan, bagian keuangan perusahaan, akuntan publik

3. Ilmu Hukum

http://suluhmarhaen.com/transformasi-kejaksaan-dari-alat-penegak-hukum-menjadi-alat-politik-dibawah-hm-prasetyo/
http://suluhmarhaen.com/transformasi-kejaksaan-dari-alat-penegak-hukum-menjadi-alat-politik-dibawah-hm-prasetyo/

Program studi ini amat sangat melekat dengan alat pertukangan palu. Ilmu hukum ini tak kalah juga peminatnnya. Di prodi ini mahasiswa mempelajari seluk-beluk teori dan praktek hukum. Namun untuk bisa menjadi pengacara atau notaris tidak cukup dengan gelar S1. Kamu harus memiliki pengalaman magang (kerja) di kantor hukum dan ikut tes advokat serta melanjutkan pendidikan ke jenjang S2 untuk bisa menjadi notaris. Sedari dulu, jurusan Hukum tak sedikit yang melirik.

ARTIKEL MENARIK LAINNYA  Bukan Ekstrovert Bukan Juga Introvert, Mungkin Kamu Termasuk Ini

Banyaknya peminatan studi seperti Perdata, Pidana, Hukum Internasional, Hukum Acara, Hukum Ekonomi, Hukum Lingkungan, Hukum dan Teknologi. Serta peluang karirnyapun cukup luas diantaranya bagian legal di perusahaan (biasanya dibutuhkan perusahaan besar baik nasional maupun multinasional), notaris, pengacara, hakim, jaksa, konsultan hukum, Diplomat, bekerja di Kementerian Hukum dan HAM, jurnalis.

4. Ilmu Komunikasi

https://jadiberita.com/120033/5-pekerjaan-yang-bisa-dilamar-buat-kamu-lulusan-ilmu-komunikasi.html
https://jadiberita.com/120033/5-pekerjaan-yang-bisa-dilamar-buat-kamu-lulusan-ilmu-komunikasi.html

llmu Komunikasi adalah salah satu program studi yang juga sangat banyak peminatnya belakangan ini. Apalagi lulusan Ilmu Komunikasi luas prospek kerjanya. Program studi ilmu komunikasi sendiri mempelajari tentang dasar komunikasi, baik komunikasi antarpribadi, public speaking, komunikasi massa, komunikasi formal, dan lain sebagainya.

Komunikasi juga berhubungan dengan pemanfaatan teknologi dan penemuan baru seiring perkembangan jaman. Misalnya perkembangan internet, pengaruh media, tren hiburan yang sedang populer dan faktor-faktor lainnya. Dan uniknya, karena program studi yang satu ini cukup berkaitan erat dengan tren dan teknologi sehingga kurikulum dan penyampaian perkuliahan jurusan ilmu komunikasi pun juga sering berubah-ubah.

Peminatan studi.Hubungan Masyarakat, Periklanan, Komunikasi Massa, Jurnalistik, Broadcasting. Sedangkan peluang karirnya sebagai Humas, jurnalis, art director, copywriter, penyiar, asisten produksi, bagian kreatif media massa, content creator, jurnalis, pekerja iklan/media.

5. Psikologi

https://www.altundo.com/10-manfaat-mempelajari-psikologi-belajar
https://www.altundo.com/10-manfaat-mempelajari-psikologi-belajar

Psikologi tidak kalah menarik dengan program studi yang lainya. Banyak anggapan bahwa belajar psikologi adalah sesuatu yang menarik karena kamu akan jadi paham perilaku dan kepribadian manusia. Banyak orang berfikir anak psikologi itu sama dengan peramal yang bisa baca pikiran orang. Tetapi ini sudah salah kaprah kawan! Masih banyak yang belum mengerti bedanya psikolog dan psikiater atau orang yang kerjaanya ngramal (hehehe….). Disini kamu akan dapat jawabannya.

Program studi psikologi ini mempelajari mengenai manusia, dari segi mental, pikiran, dan perilakunya. Jurusan Psikologi ini masuk dalam prodi Soshum, namun ada beberapa kampus seperti Universitas Padjadjaran tergolong Saintek. Psikologi sendiri mempelajari ilmu sosial dan juga sains.

ARTIKEL MENARIK LAINNYA  Mahasiswa, Tahu Ngga Apa Bedanya TOEFL, IELTS, dan TOEIC?

Beberapa program peminatannya yaitu Psikologi Sosial, Psikologi Industri Organisasi, Psikologi Pendidikan. Dan karir yang luasa antara lain HRD (Human Resource Development) perusahaan, konselor, peneliti riset, bagian asesmen (yang melakukan tes psikologi), psikolog, praktisi pendidikan, dan masih banyak lainnya.

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Artis-Artis Berprestasi di Kampus

Artis – Artis Berprestasi Di Dunia Pendidikan

Program Studi Banyak Diminati Calon Mahasiswa Baru

Part 2 : 10 Program Studi Banyak Diminati Calon Mahasiswa Baru