in

Part 2 : 10 Program Studi Banyak Diminati Calon Mahasiswa Baru

Program Studi Banyak Diminati Calon Mahasiswa Baru

Nahh.. di artikel sebelumnya kan udah dibahas lima prodi yang paling diminati. Sekarang saya mau melengkapi kekurangan yang telah ada agar menjadi sesuatu yang lengkap nan utuh, kaya hubungan kita berdua. (cyee baper). Beberapa prodinya antara lain sebagai berikut, yuk simak bareng – bareng yang tadi udah pada baper duluan.

 

6. Pendidikan Dokter

 

https://id.theasianparent.com/dokter-anak-di-bekasi/
https://id.theasianparent.com/dokter-anak-di-bekasi/

Jurusan Kedokteran ini juga merupakan salah satu program studi yang laris dikalangan muda pencari perguruan tinggi. Di jurusan ini kamu akan mempelajari ilmu medis, bagaimana memelihara kesehatan, pencegahan, dan pengobatan penyakit. Untuk mempelajari ilmu kedokteran ini, kamu harus memahami anatomi, fungsi, dan interaksi yang terjadi pada tubuh manusia, mulai dari tulang, otot, saraf, dan indera. Selain anatomi, kamu juga akan belajar histologi, fisiologi, dan biokimia.

Setelah memahami fungsi dasar bagian tubuh, kamu juga akan belajar tentang penyakit dan obat-obatan. Dan pastinya, di Pendidikan Dokter, kamu akan mempelajari tata cara pemeriksaan pasien dan menginterpretasi hasil pemeriksaan tersebut. Untuk peluangkarirnya tentu sebagai Dokter, bekerja di Kementerian Kesehatan.

 

7. Teknik Sipil

 

https://www.hipwee.com/list/biar-nggak-salah-paham-ini-dia-5-hal-tentang-jurusan-teknik-sipil-yang-perlu-kamu-tahu/comment-page-2/
https://www.hipwee.com/list/biar-nggak-salah-paham-ini-dia-5-hal-tentang-jurusan-teknik-sipil-yang-perlu-kamu-tahu/comment-page-2/

Keberadaan Teknik sipil menjadi salah satu program studi yang punya peran penting dalam perkembangan suatu negara, terutama dalam pembangunan infrastruktur dan ekonomi, tak heran jika program studi yang satu ini cukup banyak diminati.

Di jurusan Teknik Sipil kamu juga akan mempelajari dasar rancangan arsitektur. Teknik sipil punya peran yang sangat penting terhadap kehidupan manusia, karena ilmunya berkembang sejalan dengan kebutuhan dan pergerakan manusia. Kemajuan teknologi transportasi akan berpengaruh pada pembangunan infrastruktur, seperti perluasan jalan, pembangunan jalan toll, underpass, flyover, dan lain-lain.

Perubahan lingkunganpun akan berpengaruh terhadap pembangunan. Unsur cuaca, iklim, struktur tanah, dan gempa bumi, menjadi pertimbangan penting dalam pembangunan gedung dan infrastruktur. Karena itu para profesional di bidang Teknik Sipil haruslah cermat dan teliti. Didukung oleh beberapa peminatan antara lain Konstruksi Sipil, Teknik Perancangan Jalan dan Jembatan, Sumber Daya Air, Geoteknik, Manajemen Konstruksi. Kemudian peluang karir yang cukup luas sebagai Manajer konstruksi jalan, fasilitas umum, air, dll, pengawas konstruksi bangunan.

ARTIKEL MENARIK LAINNYA  Bukan Ekstrovert Bukan Juga Introvert, Mungkin Kamu Termasuk Ini

 

8. Teknik Informatika

 

https://www.maxmanroe.com/4-hal-yang-harus-anda-perhatikan-ketika-ingin-menjadi-seorang-programmer.html
https://www.maxmanroe.com/4-hal-yang-harus-anda-perhatikan-ketika-ingin-menjadi-seorang-programmer.html

Teknik Informatika ini sangat dibutuhkan seiring dengan  semakin berkembangnya teknologi, dunia digital, dan gadget serta sangat digandrungi oleh kaum milenia. Program studi yang satu ini mempelajari dan menerapkan prinsip-prinsip ilmu komputer dan analisa matematis untuk desain, pengembangan, pengujian, dan evaluasi perangkat lunak, sistem operasi dan kerja komputer.

Kalian akan diajarkan mulai dari menghasilkan ide kreatif, kemudian merealisasikan ide tersebut, memecah fungsi-fungsi, dan menciptakan struktur instruksi yang sangat detil dalam bahasa pemrograman untuk mengajarkan komputer apa saja yang harus dilakukan. Mahasiswa Ilmu Komputer harus menjadi ahli dalam sistem operasi dan aplikasi untuk memastikan bahwa dasar sistem operasi bekerja dengan baik.

Beberapa peminatannya antara lain Artificial Intelligence, Computer Network and Web Programming, Multimedia, Database System, Enterprise Information System. Dan jangan khawatir peluang karirnya banyak kok yaitu Programmer, software engineer, Konsultan IT, wirausaha startup berbasis teknologi, web enginner, system analyst.

 

9. Farmasi

https://obatgeneric.blogspot.com/2016/11/ilmu-farmasi-dan-pengertianya.html
https://obatgeneric.blogspot.com/2016/11/ilmu-farmasi-dan-pengertianya.html

Program farmasi juga banyak peminatnya. Farmasi sendiri merupakan ilmu yang mempelajari cara membuat, mencampur, meracik, memformulasi, mengidentifikasi, mengombinasi, menganalisis, serta menstandarkan obat dan pengobatan, juga sifat-sifat obat beserta pendistribusian dan penggunaannya secara aman.

Umumnya, Ilmu Kimia adalah yang paling banyak digunakan di program studi ini. Ilmu-ilmu ini diterapkan dalam cabang ilmu yang lebih spesifik seperti farmakologi, kimia farmasi, farmasetika, teknologi farmasi, dispensa farmasi, fisika farmasi, biofarmasetika, farmasi klinik, biologi farmasi, dan administrasi farmasi. Peluang karier : Bekerja di industri obat/industri produk farmasi, apoteker, peneliti, analisis farmasi, dan lainnya.

10. Agribisnis

https://badrulmozila.com/tag/forum-dan-komunitas-pertanian-indonesia-agroteknologi-web-id/
https://badrulmozila.com/tag/forum-dan-komunitas-pertanian-indonesia-agroteknologi-web-id/

Untuk menambah kelengkapan dan yang terakhir ada jurusan agribisnis, jurusan yang satu ini memang tengah naik daun di Indonesia. Agribisnis sendiri merupakan prodi yang mempelajari manajemen dan bisnis dalam bidang pertanian, peternakan, perkebunan, dan perikanan.

ARTIKEL MENARIK LAINNYA  Guys Ujian Mandiri PTN Tanpa Tes Lho!!!

Jadi mahasiswa program studi ini nantinya akan mempelajari ilmu pertanian, pengolahan hasil tani/ternak, serta aspek bisnisnya. Prospek agribisnis tergolong cerah, mengingat Indonesia adalah negara agraris dengan potensi alam yang sangat besar.

Perlu dicatat, agribisnis adalah sebuah usaha komersial. Oleh karena itu dalam agribisnis, kamu tidak hanya sekedar menjual hasil pertanian, tetapi juga harus memikirkan cara agar hasil taninya menguntungkan. Misalnya, strategi bisnis apa yang perlu kamu lakukan? Bagaimana cara mengemas hasil tani kamu supaya sesuai kebutuhan masyarakat?

Dengan dilengkapi beberapa peminatan yautu Sociopreneur, Ecopreneur, Penyuluhan. Dan peluang karir Wirausaha tani/ternak/perikanan/perkebunan, bagian manajemen/Manajer perusahaan pengolahan hasil pertanian, penyuluh pertanian.

 

Nah, itu tadi mengenai seputar 10 program studi paling banyak diminati para peserta pendaftar perguruan tinggi. Semoga ulasan tadi dapat bermanfaat bagi kalian. Jangan lupa belajarlah dengan giat, agar nantinya kalian bisa masuk ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang kalian ingini. Mulailah dari sekarang sebagai awal kunci sukses kalian.

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Program Studi Banyak Diminati Calon Mahasiswa Baru

Part 1: 10 Program Studi Banyak Diminati Calon Mahasiswa Baru

Lomba Debat Ekonomi UKDC