in

Penyakit Saat Skripsi

Hai kamu- kamu, tidak asing lagi mendengar kata skripsi bukan? Kata yang biasa namun sangat horor bagi mahsiswa tingkat akhir. Mengapa? karena ada beberapa penyakit yang akan kamu alami saat proses penyusunan skripsi. Dengan kata lain yaitu kendala yang sering muncul saat akan membuat skripsi

1. Topik yang akan ditentukan

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam progres penentuan skripsi:

https://prelo.co.id/blog/5-cara-membuat-judul-skripsi-yang-baik-dan-benar/
https://prelo.co.id/blog/5-cara-membuat-judul-skripsi-yang-baik-dan-benar/
  • Apa yang kamu suka? Suasana hati itu sangat penting, jadi kamu harus memilih topik yang kamu sukai. Atau kamu bisa memilih suatu hal yang sudah kamu jalani seperti PKL. mungkin kamu sudah pernah membuat laporan PKL kamu juga bisa mengangkat topik tersebut. Bisa saja kamu mengintip topik penelitian dosen. Siapa tahu ada topik yang cocok dan bertambah kamu juga mengetahui kira – kira dosen mana yang akan menjadi dosbingmu, dosen pembimbing kamu maksudnya. Kalau bisa tentukanlah topik sesegera mungkin. Karena topik adalah pintu utama dalam menyusun skripsi.
https://www.drupalaid.com/blog/why-you-shouldn%E2%80%99t-install-drupal-updates%E2%80%A6-yourself
https://www.drupalaid.com/blog/why-you-shouldn%E2%80%99t-install-drupal-updates%E2%80%A6-yourself
  • Uptade isu terkini, hal – hal yang terhangat dikalangan masyarakat itu juga dapat menentukan kualitas skripsi. Nggak usah cari yang ribet – ribet atau makan waktu, berita yang kamu dengarpun bisa kamu angkat  menjadi topik. Serta kamu juga bisa mengkaji dari beberapa fenomena simpel yang jarang sekali diperbincangkan banyak orang.
http://www.dosenpendidikan.com/workshop-pengertian-manfaat-ciri-jenis-contoh/
http://www.dosenpendidikan.com/workshop-pengertian-manfaat-ciri-jenis-contoh/
  • Sering ikut workshop, coba aja dulu. Mungkin seminar bisa membantu, yang pastinya sih masih berhubungan dengan bakat dan minat ya. Kalau kamu seorang mahasiswa jurusan manajemen, bisa nih ikut workshop mengenai investasi. Kamu juga bisa mengikuti workshop  mengenai leasing atau sewa guna yang diadakan oleh lessor.
http://berau.prokal.co/read/news/48903-perpustakaan-umum-masih-kekurangan-buku.html
http://berau.prokal.co/read/news/48903-perpustakaan-umum-masih-kekurangan-buku.html
  • Cari tempat referensi, tips ini memang tidak terkait secara langsung dengan topik skripsi. Namun ini juga dapat menambah referensi. Karena pada umumnya alasan utama mahasiswa sulit mencari judul skripsi disebabkan oleh kurangnya referensi. Maka dari itu jangan hanya mengandalkan perpustakaan kampus, bisa juga kamu cari referensi lain seperti perpustakaan daerah.
ARTIKEL MENARIK LAINNYA  Teruntuk Anak Rantau Baru: Estimasi Biaya Hidup di Semarang
https://www.idntimes.com/life/education/indah-shaliha/masih-takut-sama-dosen-pembimbing-yuk-pedekate-dengan-6-cara-ini-c1c2
https://www.idntimes.com/life/education/indah-shaliha/masih-takut-sama-dosen-pembimbing-yuk-pedekate-dengan-6-cara-ini-c1c2
  • Gunakan jurus PDKT, cara jitu lho, ups! Jangan diabaikan. Lakukan pendekatan kepada senior kampus, terutama yang telah lulus dapat memberikan keuntungan tersendiri. Dan jangan lupa juga pendekatan sama dosbing ya, minta saran dan pendapat mereka. Serta harus percaya diri mengajukan judul skripsi ke dosbing, ceritakan latar belakang, objek, dan jenis penelitian kamu mengenai skripsi agar dosbing tertarik kepada skripsi kamu. Kalau masih kurang sreg jangan lupa meminta koreksi dan masukan.

2. Kewalahan menghadapi dosbing

Kalau yang namanya skripsi tak luput dari dosen pembimbing. Setiap dosen pembimbing memiliki karakter yang berbeda – beda. So, perlu bagi kamu juga memperlakukanya berbeda. Apalagi kamu akan berhadapan dengan dua dosbing. Dan wajib hukumnya untuk akur dengan dosbing ya. Berikut ada beberapa tipe dosbing dan cara menghadapinya,

https://www.kaskus.co.id/thread/59ae7833dc06bd117d8b456e/peringkat-negara-paling-dermawan-sedunia-myanmar-peringkat-1-indonesia/
https://www.kaskus.co.id/thread/59ae7833dc06bd117d8b456e/peringkat-negara-paling-dermawan-sedunia-myanmar-peringkat-1-indonesia/

Dosen dermawan, dosen dengan tipe ini paling diidamkan oleh banyak mahasiswa. Beliau akan langsung setuju dengan skripsi kamu asalkan lebih dahulu dosen lainnya juga setuju. Dengan peluang ini kamu bisa manfaatkan untuk pdkt kepada beliau mengenai judul skripsi dan meminta kritik serta saran.

https://plintoplan.blogspot.com/2017/07/metode-plintoplan-cara-mengatasi-sifat.html
https://plintoplan.blogspot.com/2017/07/metode-plintoplan-cara-mengatasi-sifat.html

Dosen plin – plan, yang satu ini membuat kamu bimbang bahkan terkadang kamu hanya bisa berserah diri saja. Biasanya dosen yang satu ini adalah dosen yang sudah senior atau tua di kalangan para dosen. Kemarin beliau bilang A, sekarang bilang B, mungkin besok bilang Z kali ya. Dan bahkan kamu bisa kalang kabut kebingungan karena menghambat proses skripsi yang tersendat – sendat.

http://www.wajibbaca.com/2016/01/gurudosen-kamu-killer-dan-suka-marah.html
http://www.wajibbaca.com/2016/01/gurudosen-kamu-killer-dan-suka-marah.html

Dosen sadis, sadis squad. Dosen ini adalah dosen yang paling ditakuti oleh mahasiswa bahkan kalau perlu dihindari. Karena dosbing yang satu ini cenderung emosian kali ya, apalagi kalau ketemu dengan mahasiswa yang malas dan tidak serius dalam penyusunan skripsi. Serta konon katanya dosen yang satu ini sangat alot dengan yang namanya ACC. Finaly, mahasiswanyapun jadi ikutan malas, padahal emang problemnya ada di kamu yang malas.

ARTIKEL MENARIK LAINNYA  Beberapa Tips Menjawab Soal Essay
http://papasemar.com/hai-mahasiswa-tingkat-akhir-inilah-tipe-tipe-dosen-pembimbing-skripsi-yang-perlu-kamu-ketahui/
http://papasemar.com/hai-mahasiswa-tingkat-akhir-inilah-tipe-tipe-dosen-pembimbing-skripsi-yang-perlu-kamu-ketahui/

Dosen genit, dosen muda yang single biasanya. Jangan salah tidak hanya dosen pria saja lo, dosen wanita juga ada. Dia akan lebih care dengan mahasiswa yang rupa menawan. Bila kamu memiliki rupa yang menawan dosen ini akan berubah menjadi dosen yang dermawan. Tapi bila tidak, dia akan lebih cenderung pilih kasih atau bisa juga tergolong dosen sadis squad.

http://www.smiletvshop.com/FrmArticle.aspx?title=Kalau%20Bos%20Acuh%20tak%20Acuh
http://www.smiletvshop.com/FrmArticle.aspx?title=Kalau%20Bos%20Acuh%20tak%20Acuh

Dosen ghaib, ini dosen atau setan? Dosen yang sering dijumpai mahasiswa, yang keberadaannya sulit ditemukan. Dosen tipe ini paling sulit untuk ditemui atau dihubungi. Kamu sudah janji ada bimbingan untuk besok pagi, tapi pas udah jamnya dosen ini tak juga menampakkan wujudnya. Dan mendadak sulit dihubungi, nyambung memang teleponya tapi kok nggak diangkat ya. Giliran nggak dibutuhkan, owalah dia nongol di lingkungan kampus. So, ketika bimbingan dengan dia harus pintar pintar memanfaatkan waktu serta tanyalah dengan mendetail. Kamu juga nggak merasa di-PHP-in terus.

3. Tidak dapat mengatur waktu

Penyakit anak skripsi yang sudah mendarah daging, nggak bisa atur waktu. Apalagi teruntuk mahasiswa yang sibuk berorganisasi dan bekerja.

https://health.detik.com/hidup-sehat-detikhealth/2269779/cepat-lelah-dan-mengantuk-bisa-jadi-karena-terlalu-santai
https://health.detik.com/hidup-sehat-detikhealth/2269779/cepat-lelah-dan-mengantuk-bisa-jadi-karena-terlalu-santai

Bagi waktu menjadi 3 bagian, yaitu bekerja, istirahat dan tidur. Dalam sehari ada 24 jam dibagi 3 menjadi 8 jam, maka masing masing memperoleh 8 jam bagian. Membagi waktu secara proporsional penting bagi kamu agar mendapat jatah yang sama besarnya sehingga tidak ada yang diberatkan. Jika kamu tidak memberikan waktu yang cukup untuk istirahat maka akan menimbulkan rasa yang lelah sehingga berakibat buruk pada tubuh.

http://www.dosenpendidikan.com/disiplin-9-pengertian-menurut-para-ahli-macam-manfaat-tujuan/
http://www.dosenpendidikan.com/disiplin-9-pengertian-menurut-para-ahli-macam-manfaat-tujuan/

Disiplin waktu, kedisiplinan itu penting. Kata ini tak asing lagi bagi kamu namun jarang yang bisa menjadi orang yang disiplin. Mulailah dari yang sederhana buat list kegiatan hari ini, dan lakukanlah. Memang benar untuk mematuhi jadwal yang sesederhana ini saja sulit. Tetapi kamu harus memaksakan diri karena kebiasaan dimulai akibat paksaan. Kamu tidak akan melakukan bila tidak terpaksa.

ARTIKEL MENARIK LAINNYA  Tips Memilih Laptop untuk Mahasiswa
https://prelo.co.id/blog/manfaat-olahraga-saat-puasa/
https://prelo.co.id/blog/manfaat-olahraga-saat-puasa/

Jaga kesehatan, apa sih susahnya jaga kesehatan dengan makan yang teratur. Memang terkadang kesibukan itu membuat kita lupa diri sehingga juga lupa makan.Dan juga dfiseimbangkan dengan olahraga yang cukup. Proses skripsi memakan tenaga yang lebih.

https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20150304144725-255-36675/sembilan-kebiasaan-yang-menyebabkan-kerusakan-ginjal-serius/2
https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20150304144725-255-36675/sembilan-kebiasaan-yang-menyebabkan-kerusakan-ginjal-serius/2

Keterbukaan, artinya kamu harus tau kondisi kamu saat ini. Ceritakan pada orang terdekat kamu bahwa kamu sedang menjalani proses skripsi. Dan juga pada dosen bilamana kamu juga sedang bekerja. Mungkin pada waktu awal kamu bekerja sangatlah ringan dikerjakan. Namun tidak dengan sekarang kamu sedang mengalami proses skripsi yang membutuhkan waktu lebih. Kamu juga harus berbicara pada dosbing kalau kamu juga sedang bekerja dan tidak mempunyai banyak waktu seperti mahasiswa umumnya.

Mungkin hal – hal tersebut adalah beberapa penyakit yang nantinya akan kamu alami pada semester terakhir. Serta cara penanganan yang tepat agar skripsi lancar terus. Semoga dosen pembimbin kamu dengan cepat ACC skripsi dan kamu bisa melanjutkan menuju sidang. Semoga bermanfaat.

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Bagaimana Cara Meraih Sukses Di Kampus?

Sudahkah Kalian Mempersiapkan Sebelum USM PKN STAN Datang?