in

Perbedaan British English dan American English

Pengucapan Bahasa Inggris oleh native speaker atau penutur aslinya akan terdengar berbeda dengan seseorang yang tidak menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa ibu. Aksen Bahasa Inggris pun berbeda-beda. Ada yang menggunakan aksen British English dan ada pula yang menggunakan aksen American English. Hal ini sama dengan bahasa daerah di Indonesia yang memiliki beragam aksen, sebagai contoh bahasa Jawa yang memiliki beberapa aksen yaitu aksen Banyumas, Surakarta, Surabaya, dan lain-lain. British English dengan bahasa American English. memiliki beberapa perbedaan. Perbedaannya bisa diamati dari aksen ketika berbicara Bahasa Inggris atau dari penulisan kata-katanya. Mungkin sebagian orang masih bingung membedakan British English dengan American English. Nah, berikut ini ringkasan perbedaan Bahasa British English dengan American English.

https://www.kappalanguageschool.com/wp-content/uploads/2018/03/Italian-pronunciation-basics-How-to-speak-Italian-848×548.jpg

1. Pronunciation (Pengucapan atau Aksen)

Pengucapan adalah hal yang paling kentara dalam 2 aksen Bahasa Inggris ini. Umumnya British English memiliki aksen yang cukup berat dan kental dibandingkan American  English yang aksennya terdengar ringan. Aksen American English dan British English sangat berbeda Aksen American English biasa melafalkan huruf ‘r’ dengan menggulung lidah ke belakang dan merapatkan ke langit-langit mulut sedangkan aksen British English tidak melafalkan huruf ‘r’ dalam kata, khususnya jika terdapat pada akhir kata. Selain itu, terdapat perbedaan penempatan penekanan suku kata pada kedua aksen tersebut, sebagai contoh:

  • Advertisement    : /ədˈvɜː.tɪs.mənt/ (British); /ˈæd.vɝː.taɪz.mənt/  (American)
  • Address               : /əˈdres/ (British); /ˈæd.res/ (American)

Seperti yang kita lihat pada contoh di atas, penekanan pengucapan kata antara British English dengan American English berbeda. Penekanan kata Advertisement pada British English terletak pada suku kata -ver- sedangkan pada American English penekanan terletak pada suku kata Ad-. Sama halnya dengan kata Address yang penekannya terletak pada suku kata kedua yaitu –ddress untuk British English sedangkan pada American English penekannya terletak pada  suku kata pertama yaitu A-.

ARTIKEL MENARIK LAINNYA  Tips Melatih Pronunciation Bahasa Inggris
http://www.kkrv.com/wp-content/uploads/2018/01/words-on-magnets.png

2. Vocabulary (Kosa Kata)

Selain pengucapan, beberapa kosa kata pada British English berbeda dengan American English namun maknanya tetap sama. Dalam Bahasa Inggris kita biasanya menyebut football untuk olahraga sepakbola. Untuk British English football memang berarti sepakbola, namun untuk orang Amerika mereka biasa menyebut soccer untuk olahraga sepakbola. Dalam American English kata football berarti olahraga rugby bukan sepakbola. Masih banyak lagi contoh perbedaan istilah antara  British English dengan American English yang bermakna sama seperti contoh berikut ini:

  • Musim gugur: Autumn (British); Fall (American)
  • Sampah: Rubbish (British); Garbage (American)
  • Persimpangan: Crossroad (British); Crossing (American)
  • Celana: Trousers (British); Pants (American)
  • Kue kering: Biscuit (British); Cookie (American)
  • Apartemen: Flat (British); Apartment (American)
  • Sepeda motor: Motorbike (British); Motorcycle (American)
  • Penghapus: Rubber (British); Eraser (American)

Untuk daftar lengkap perbedaan kosakata antara British English dan American English, kita bisa cek di Google, ketik keyword ‘British vs. American English’ tanpa tanda kutip, nanti akan muncul daftar perbedaan kosakata antara British English dan American English.

https://readingeggs.files.wordpress.com/2014/03/spelling_blog_image2.jpg

3. Spelling (Ejaan)

Ada beberapa perbedaan dalam segi ejaan, tapi tidak semua kata dalam British English dan American English itu berbeda. British English cenderung menggunakan ejaan yang berasal dari bahasa Prancis, sedangkan sistem ejaan American English mendekati cara membacanya dan membuang huruf yang tidak diperlukan. Berikut ini beberapa contoh perbedaannya.

  • Pusat, bagian tengah: Centre (British); Center (American)
  • Teater: Theatre (British); Theater (American)
  • Program/acara: Programme (British); Program (American)
  • Tetangga : Neighbour (British); Neighbor (American)
  • Perjalanan: Travelled (British); Traveled (American)
  • Abu-abu/mendung: Grey (British); Gray (American)
  • Cek : Cheque (British); Check (American)
  • Katalog: Catalogue (British); Catalog (American)
  • Berlatih/praktek: Practise (British); Practice (American)
ARTIKEL MENARIK LAINNYA  Dear Introvert, Menjadi Diri Sendiri Tak Selamanya Negatif Kok

Nah itu tadi beberapa hal yang harus kita ketahui mengenai perbedaan antara British English dan American English. Jadi ketika ada orang bertanya mana yang benar antara British English atau American English, maka jawabannya adalah dua-duanya benar dan keduanya merupakan aksen yang diakui di dunia sebagai standar berbahasa Inggris. Bahasa Inggris di Indonesia kedudukannya adalah sebagai bahasa asing dan bukan bahasa kedua, jadi kita bisa bebas memilih untuk menggunakan aksen British English atau American English. Kita bebas memilih aksen tersebut namun usahakan untuk tetap konsisten dalam menggunakannya dan tidak mencampur-adukkan sesuka hati. Yuk setelah tahu perbedaanya, mulai sekarang belajar untuk konsisten dalam menggunakan British English atau American English. (rizkiift)

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

PPT Hacks Buat Kamu yang Serba Cepet

Tips Melatih Pronunciation Bahasa Inggris