in

Skincare Wajib untuk Mahasiswa

Semakin bertambahnya usia, kondisi kulit semakin banyak masalah dan membutuhkan perhatian ekstra untuk menjaga kondisinya supaya tetap prima. Semua orang perlu merawat kulitnya tak terkecuali para mahasiswa yang kulitnya pun sering menghadapi ujian seperti debu, polusi, sinar matahari, stress, dan cuaca dingin. Pada awalnya merawat kulit terasa berat dan ribet namun lama-kelamaan akan merasakan hasil dan manfaatnya. Niscaya tidak ada hasil yang mengkhianati usaha. Kunci dari merawat kulit bukanlah seberapa mahal atau seberapa banyak produk yang kamu pakai, tetapi kunci utama keberhasilan merawat kulit adalah ketelatenan. Buat apa membeli banyak produk skincare kalau kamu sendiri bolong-bolong atau tidak rajin menggunakan produk tersebut.  Sebagai mahasiswa, kamu mungkin bingung skincare apa saja sih yang wajib digunakan. Berikut ini 4 golongan skincare yang wajib kamu gunakan sehari-hari.

  1. Cleanser

    Cleanser adalah produk skincare yang digunakan untuk membersihkan kulit wajah dari debu, kotoran, sisa make up, dan minyak berlebih. Produk cleanser sendiri sebenarnya terbagi menjadi dua golongan yaitu first cleanser dan second cleanser. First cleanser adalah pembersih yang digunakan pertama kali sebelum pembersih lain. First cleanser sendiri memiliki jenis yang beragam misalnya, cleansing milk, cleansing oil, cleansing balm, micellar water, make up remover, dan cleansing sheet. Setelah kamu  membersihkan kulit menggunakan first cleanser, maka lanjutkan dengan penggunaan second cleanser. Second cleanser sendiri biasanya berbentuk facial wash atau facial foam yang pada dasarnya membutuhkan penggunaan air untuk membersihkan kulit. Kenapa harus membersihkan kulit dua kali dengan bentuk cleanser yang berbeda? Double cleansing atau membersihkan kulit dua kali diperlukan karena seringkali saat kita membersihkan kulit satu kali masih meninggalkan residu dari first cleanser tersebut. Jadi second cleanser ini penting kegunaannya untuk memastikan bahwa kulit kita benar-benar bersih. Kamu bebas memilih jenis cleanser yang cocok untuk jenis kulit dan kebutuhan kamu asalkan minimal terdiri dari satu produk untuk first cleanser dan satu produk untuk second cleanser ya.

  2. Moisturizer

    https://stackedskincare.com/blogs/news/188680006-understanding-your-moisturizer-humectants-occlusive-ingredients/

    Setelah membersihkan wajah, kulit akan terasa segar dan bersih. Namun, proses pembersihan dapat mengakibatkan kelembaban kulit wajah sedikit terkikis. Selain proses cleansing, ada banyak faktor lain yang menyebabkan kulit wajah menurun kadar kelembabannya. Kurangnya asupan nutrisi, dehidrasi dan terlalu lama di ruangan ber-ac dapat menyebabkan kulit menjadi kering. Kadar kelembaban kulit yang menurun dapat diperbaiki dengan menggunakan moisturizer. Moisturizer memiliki beragam jenis diantaranya yang sering kita temui berupa cream, lotion, dan gel. Moisturizer jenis lotion biasanya memiliki tekstur lebih cair daripada cream sedangkan gel biasanya berwarna bening. Moisturizer juga bisanya dibedakan berdasarkan waktu penggunaannya. Ada moisturizer yang biasanya digunakan untuk pagi hari atau diakrab disebut day cream dan yang digunakan pada malam hari biasanya disebut night cream. Kalau kamu malas menggunakan moisturizer yang berbeda untuk pagi dan malam, kamu bisa menggunakan moisturizer non-SPF sehingga bisa digunakan baik pagi maupun malam. Jangan lupa untuk menggunakan moisturizer atau pelembab sesuai jenis kulitmu karena moisturizer untuk kulit berminyak pasti kandungannya berbeda dengan moisturizer untuk kulit kering.

  3. Protection

    https://ordme.com/blog/article/choose-the-right-sunscreen/

    Protection yang dimaksud di sini bukanlah topeng atau senjata melainkan sunscreen. Banyak orang sering menganggap remeh kegunaan sunscreen karena mereka berpikir hanya menggunakan moisturizer saja sudah cukup. Padahal anggapan tersebut salah besar. Sunscreen berfungsi untuk melindungi kulit dan mencegah timbulnya flek hitam, kerutan, dan sunburn akibat dari dampak buruk paparan sinar UV A dan UV B. Sesuaikan tingkatan SPF sunscreen dengan aktivitasmu. Semakin sering terkena paparan sinar matahari itu artinya kamu membutuhkan sunscreen dengan tingkat SPF yang lebih tinggi. Apabila kamu menggunakan sunscreen dengan tingkat SPF 30 itu artinya kulitmu terlindungi dari paparan sinar matahari selama 5 jam.

  4. Eksfoliasi

    https://www.all4women.co.za/331407/fashion-beauty/beauty/face-scrubs-under-r120

    Kalau kamu merasa kulit wajah terlihat kusam dan tidak cerah walau sudah melakukan 3 hal di atas, itu tandanya kamu perlu melakukan eksfoliasi. Apa itu eksfoliasi? Eksfoliasi adalah proses pengangkatan sel kulit mati pada permukaan wajah. Sebenarnya sel kulit dapat melakukan eksfoliasi secara alami dengan rentang waktu 28-30 hari. Namun, seiring bertambahnya usia, proses eksfoliasi tersebut melambat, sehingga membutuhkan waktu yang lebih lama. Untuk mencegah penumpukan sel kulit mati di wajah, maka diperlukan eksfoliasi tambahan. Cara eksfoliasi kulit yang mudah dan terjangkau adalah dengan menggunakan facial scrub. Pilih facial scrub yang memiliki butiran halus dan sesuai dengan jenis kulitmu. Sebelum menggunakan facial scrub, pastikan bahwa kulitmu sudah bersih terlebih dahulu dan jangan menggosok kulitmu dengan scrub terlalu keras karena dapat mengakibatkan kulitmu iritasi. Apabila kamu memiliki kulit yang sensitif dan punya budget lebih kamu bisa mengeksfoliasi kulitmu menggunakan exfoliationg toner atau exfoliating tools yang ada di pasaran. Eksfoliasi ini tidak boleh dilakukan setiap hari lho. Maksimal hanya boleh dilakukan 1-2 kali saja dalam seminggu.

Itu tadi adalah 4 golongan skincare yang wajib kamu punya dan kamu aplikasikan supaya kamu bisa memiliki kulit wajah yang sehat dan terawat. Jangan terjebak dengan anggapan bahwa skincare yang bagus itu harus mahal, padahal mahal belum tentu cocok di kulit kamu. Satu hal lagi yang perlu diingat bahwa jangan mudah tergiur dengan skincare yang dipakai teman. Karena cocok di kulit teman belum tentu juga cocok di kulit kamu. Kalau kamu sudah rajin dan telaten menggunakan 4 golongan skincare di atas yang tentunya sesuai dengan kondisi kulit dan budget kamu, maka kulit yang terawat bisa kamu dapatkan. (rizkiift)

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

ARTIKEL MENARIK LAINNYA  Mahasiswa Berkantong Tipis, Kok Masih Hedonis dan Konsumeris?

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Suka – Duka Menjadi Mahasiswa-Freelancer

Tips Membuat Catatan Lebih Menarik dan Efektif