in

Tak Perlu Menunggu Lulus, ini Pekerjaan yang Bisa Kamu Coba

Karena kerja tidak harus menunggu lulus

Sebagai mahasiswa, terutama mahasiswa rantau, kita harus pandai-pandai dalam mengatur pengeluaran. Mungkin sebagian dari sobat ngampus pernah merasakan uang bulanan kiriman orangtua yang terlambat. Atau mungkin uang yang dikirim masih kurang untuk mencukupi kebutuhan hidup selama di kost. Sebagai mahasiswa yang sudah bisa dianggap dewasa, sepantasnya kita tidak hanya bergantung dari pemberian orangtua saja. Kerja part-time dapat menjadi pilihan. Yap! Part-time job.

Istilah part-time atau kerja paruh waktu pasti cukup familiar di kalangan mahasiswa. Dalam prakteknya, jika kita berkomitmen untuk kerja part-time, kita harus bisa membagi waktu antara kerja dan kuliah. Sebelum menentukan kerja part-time apa yang sesuai dengan bidangmu, jangan lupa pastikan dulu bahwa pekerjaan itu tidak mengganggu waktu kuliahmu yaa. Jangan sampai salah satu diantaranya terbengkalai. Selain bisa menambah uang jajan, kerja part-time juga bisa menambah pengalaman dan menambah relasi-mu juga lho!

https://bedfordviewedenvalenews.co.za/wp-content/uploads/sites/22/2015/01/Looking-For-A-Job1.jpg

Jika kalian sedang mencari part-time job, berikut ngampus pilihkan beberapa job yang mungkin cocok dengan passion kalian.

1. Translator

Jika kalian mahasiswa jurusan bahasa asing atau memiliki kemampuan lebih di bidang bahasa, tidak ada salahnya untuk menyalurkan kemampuan kalian sebagai Translator atau Penerjemah. Tugas kalian menerjemahkan dokumen dari bahasa Indonesia ke bahasa asing atau sebaliknya. Tarif yang diterapkan juga beragam, tergantung kesepakatan. Ada yang dibayar per-kata, ada pula yang dibayar per-halaman. Akan lebih baik lagi jika kalian bisa bergabung dengan komunitas atau agensi penerjemahan. Selain bisa menambah uang jajan, dengan menjadi translator kalian juga dapat mengasah kemampuan bahasa asing kalian. Sebenarnya pekerjaan ini tidak hanya terbatas untuk mahasiswa jurusan bahasa saja ya, tapi bisa dilakukan siapa saja yang memang berkemampuan di bidang bahasa asing. Selain bergabung dengan agen translator,  kamu juga bisa mencari lowongan jasa translation dari situs-situs penyedia lowongan kerja macam sribulancer, freelancer atau UpWork.

ARTIKEL MENARIK LAINNYA  Tips Lancar Bimbingan Skripsi

2. Penulis Lepas

http://cathyday.com/wp-content/uploads/2012/04/Typed-Writer.jpg

Buat kamu yang punya passion di bidang menulis, ini dia part-time job yang bisa kamu coba sambil menunggu jam perkuliahan selanjutnya. Yap! Sekarang ini banyak sekali perusahaan atau klien yang membutuhkan jasa content writer, lho! Dengan sistem online yang sekarang semakin mudah, membuatmu tidak perlu ke datang ke kantor, cukup kerjakan lalu kirim, as easy as that. Asiknya lagi, pekerjaan ini bisa kamu lakukan dimana saja, di kampus, di rumah atau di kost dan kamu akan mendapatkan gaji tiap bulannya. Asik ya! Selain untuk menyalurkan hasrat menulismu, dapat uang jajan lagi. Tertarik mencoba?

3. Ojek Online

http://idtrack.co.id/wp-content/uploads/2018/01/aplikasi-ojek-online.jpg

Selain pekerjaan paruh waktu yang bisa kalian kerjakan di dalam ruangan, kalian juga bisa mencoba pekerjaan outdoor macam ojek online. Yap! dengan mengambil pekerjaan sebagai ojek online yang sedang hype ini, selain jalan-jalan dan menambah relasi, penghasilan yang di dapat juga konon lumayan lho. Lumayan kan, sambil menunggu jam perkuliahan selanjutnya, kalian bisa jalan jalan sambil memenuhi target poin. Tetapi ingat, jangan sampai pekerjaan ini mengganggu waktu kuliahmu yaa.

4. Part-time Barista

https://c1.staticflickr.com/8/7204/6859543537_7937b9e394_b.jpg

Untuk kamu yang tertarik dengan per-barista-an, tidak ada salahnya untuk mencoba bertanya ke kafe/kedai kopi dekat kampusmu barangkali ada lowongan part-time untuk mahasiswa. Biasanya, di kota-kota besar, di dekat kampus banyak terdapat kedai kopi/kafe yang membutuhkan barista. Selain kamu dapat belajar tentang jenis-jenis kopi, bagaimana cara meracik cappuccino, bagaimana membuat secangkir americano, atau latte-art, kamu juga bisa menambah uang jajan sekaligus relasi lho! Menarik ya… Mungkin beberapa dari kalian mengurungkan niat untuk mencoba mendaftar menjadi barista karena jam buka kafe yang mostly sore sampai malam hari, jangan khawatir, untuk mahasiswa part-time biasanya kafe/kedai kopi punya kebijakan khusus kok.

ARTIKEL MENARIK LAINNYA  5 Alasan Kenapa Ngeblog Akan Membantumu Meraih Karier Cemerlang

5. Guru Les Privat

http://cdn2.tstatic.net/surabaya/foto/bank/images/ilustrasi-les-privat_20170309_224728.jpg

Teruntuk kamu yang punya passion di bidang mengajar, part-time menjadi guru les privat mungkin bia kamu coba. Selain fee yang lumayan, karena sekali datang biasanya berkisar 40-50 ribu per jam pertemuannya, kamu juga bisa melatih kesabaran dan ketekunan dalam mengajar. Pilih lah murid yang sekiranya sesuai dengan kemampuan mengajarmu. Karena kamu bertugas untuk mengajar muridmu sampai bisa, kamu perlu belajar juga sebelum mengajarkannya ke muridmu. Ehm… biar ngga menyesatkan. Mata pelajaran yang biasanya membutuhkan les privat juga banyak, seperti matematika, fisika, kimia, bahkan bahasa Inggris. .

6. Freelance Designer

https://static.makeuseof.com/wp-content/uploads/2014/12/graphic-designer1-670×335.jpg

Kamu mahasiswa seni, design komunikasi visual atau yang tertarik di bidang tersebut bisa lho mencoba mencari kerja part-time sebagai freelance designer. Manfaatkan kemampuanmu, buka jasa pembuatan logo, atau design. Tarif pekerjaan yang ditawarkan untuk satu project tidak main-main lho, berkisar ratusan hingga jutaan rupiah sekali ordernya. Wow! Seperti penulis lepas, di era sekarang ini banyak perusahaan yang membutuhkan jasa freelance designer. Kamu bisa mengerjakan pekerjaan ini di kampus, rumah atau kost. Selain menambah uang jajanmu, dengan menjadi freelance designer kamu juga bisa menambah relasi, siapa tahu kamu langsung diajak kerjasama oleh perusahaan setelah lulus kan, who knows? 

7. MC

https://www.iainbakerweddingdj.co.uk/wp-content/uploads/2013/09/MC.jpg

Untuk kamu yang tidak canggung untuk berbicara di depan banyak orang, part-time job sebagai MC bisa kamu coba. Banyaknya acara yang mungkin diadakan oleh kampus, bisa kamu manfaatkan untuk melatih kemampuanmu dalam menjadi master of ceremony. Selain acara kampus, kamu juga bisa mencoba merambah ke MC wedding. Untuk sekali perfom, biasanya seorang MC akan mendapatkan 150-500k untuk sekali nge-MC. Fantastis ya? Tertarik mencoba?

ARTIKEL MENARIK LAINNYA  Aktif berorganisasi? Why not? Ini dia manfaatnya

Nah itu tadi beberapa pilihan kerja part-time yang bisa kalian coba sambil menunggu waktu perkuliahan. Pilih yang sesuai dengan passion dan kemampuan kalian yaa, tapi ingat, jangan sampai kerja mengganggu waktu kuliah kalian ya sobat ngampus.

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

What do you think?

2 points
Upvote Downvote

Total votes: 2

Upvotes: 2

Upvotes percentage: 100.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Comments

comments

Pernak Pernik Selebrasi Sidang

Pernak – Pernik Celebration Sidang Skripsi a la Millenial

12 Tips Hemat a la Anak Kost